5 cara menghasilkan Penjualan Pertama di internet

Discussion in 'Berbisnis di Internet' started by exabytes-id, 13 Sep 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Sebagai pembisnis online menhasilkan penjualan pertama di internet adalah hal cukup yang sangat mengembirakan, namun banyak dari pembisnis online belum mengetahui dan
    memahami cara sederhana untuk menghasilkan penjualan tersebut, Banyak yang melakukan promosi yang salah dan selanjutnya tidak ada menghasilkan apa-apa dari bisnisnya.

    Berikut adalah 5 cara sederhana yang bias di lakukan untuk mendapatkan penjualan pertama di internet:

    1.Mulailah untuk nge-blog

    Jika anda belum menjalankan sebuah blog yang berhubungan dengan toko atau produk anda, berarti anda telah kehilangan banyak potensi yang tak terbatas dari content marketing.

    Dengan menghasilkan konten yang berharga dan gratis, anda akan menciptakan tingkat kepercayaan pada brand anda dan juga memberikan informasi menarik pada banyak orang yang membacanya. Nge-blog juga memberikan anda sesuatu untuk di-share di media sosial dan membantu anda agar bisa menghasilkan ranking yang tinggi di Google.

    Sebuah cara sederhana namun sangat efektif untuk memulai dengan content marketing untuk bisnis anda. Anda bisa menggunakan cara ini sebagi titik awal untuk menanyakan kepada orang-orang mengenai produk dan industri anda. Dengan menggunakan blog, anda bisa menjawab pertanyaan ini dalam sebuah artikel.

    Sebagai contoh, visitor/pengunjung pergi ke blog Shopify karena mereka tertarik dengan e-commerce dan dropshipping dibandingkan topik lainnya. Karena hal ini, kita bisa menciptakan konten dengan kalimat seperti “how to sell online” dan “how to dropship.”

    Image:https://blog.kissmetrics.com/wp-content/uploads/2014/02/2-how-to-dropship.png

    2. Membangun sebuah daftar email

    Membangun daftar email untuk tujuan marketing adalah hal yang sangat dibutuhkan.

    Faktanya, bedasarkan riset oleh MarketingSherpa, 60% dari marketer/pemasar yang ikuti polling menemukan bahwa email marketing menghasilkan ROI (Return of Investment) untuk perusahaan mereka. Ketika ditanya berapa estimasi ROI dari program email marketing untuk perusahaan – secara keseluruhan grup ini melaporkan dengan nilai 119% – sebuah angka tidak mungkin bisa diabaikan oleh pemilik toko online.

    Dengan memiliki daftar email dari customer anda, ini berarti anda bisa mengirim informasi, produk, dan konten anda ke dalam mailbox pribadi mereka.

    Mulailah membangun daftar email anda hari ini dengan memasukkan formulir email subscription di tempat yang bisa terlihat pada website anda. Ini adalah cara cerdas untuk meyakinkan visitor anda untuk mendaftar ke daftar email anda. Daripada anda mengatakan “Join our Newsletter,” lebih baik anda menawarkan mereka manfaat yang berharga jika mereka mendaftar. Skinny Teatox menawarkan kesempatan untuk memnangkan produk gratis setiap minggu, jadi mereka menampilkan penawaran itu untuk mendorong orang agar segera bergabung.

    3. Bereksperimen dengan menggunakan AdWords

    AdWords adalah jaringan iklan pay-per-click milik Google yang sangat terkenal yang memungkinkan penggunanya untuk menempatkan iklan mereka hampir di setiap hasil pencarian di halaman Google, Youtube video, dan website yang bekerja sama dengan Google. Siapa yang tidak ingin masuk ke peringkat tiga teratas oleh Google yang bisa mendorong penjualan? Inilah hasil yang muncul apabila anda mengetik “Ticket pesawat” di Google. Hasil yang pertama adalah iklan berbayar Traveloka.

    Keindahan AdWords ini berada pada kecepatan dan jangkauannya yang sangat luas. Dalam beberapa menit saja, anda bisa membuat dan meluncurkan kampanye iklan agar teks, gambar, atau bahkan video dari iklan anda bisa dilihat oleh jutaan orang.

    4.Buatlah jaringan di suatu forum

    Forum diskusi adalah tempat yang bagus untuk memberikan tips dan nasihat, menjawab pertanyaan, dan mendapatkan satu atau dua customer.

    Gunakan Google untuk mencari forum yang aktif yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Ketika anda menulis di forum, pastikan anda tidak melanggar aturan di forum itu ketika sedang mencoba mempromosikan brand dan produk anda. Ketahuilah batasan dan larangannya. Menggunakan avatar dan halaman profil untuk mempromosikan brand anda di suatu forum biasanya diperbolehkan dalam aturan.

    Mungkin anda akan tergoda untuk terus menulis dan mempromosikan brand anda secara terus menerus, tapi tetaplah profesional. Tidak ada forum yang akan mentoleransi promosi konstan atau tulisan yang dipenuhi link ke website anda. Disamping itu, bertindak seperti itu akan merusak brand anda di mata user dari forum lainnya. Jadi, tetaplah sederhana dengan menulis agar orang melihat aktivitas anda, tetapi tidak berbentuk spam.

    Mungkin anda bisa memulai dengan aktif di beberapa forum terkenal, baik di Indonesia maupun luar negeri.

    5.Desain toko anda sebagus mungkin

    Impresi pertama adalah segalanya, ketika berbicara tentang berjualan secara online, impresi pertama adalah desain dari website itu sendiri.

    Berdasarkan desain website anda, pengunjung harus mampu memahami brand dan produk anda tanpa terlalu banyak scrolling. Dan, anda harus memberikan navigasi semudah mungkin untuk mencari katalog dari produk anda.

    Selain itu, membuat toko anda responsif terhadap perangkat mobile juga termasuk hal yang penting. Internet Retailer melaporkan bahwa 55% dari online shopping terjadi melalui perangkat mobile pada bulan Juni 2013, sedangkan 45% berasal dari desktop dan laptop.

    "Buatlah kesan pertama yang menyenangkan saat belanja dari website anda "

    Source: _Startupbisnis.com

    Salam hangat
    Exabytes indonesia
     
    Last edited by a moderator: 24 May 2015
  2. Dika Haris

    Dika Haris Apprentice 1.0

    Messages:
    299
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Supper sekali bos! ;)

    Kalau menurut saya lebih baik diurutin dulu z Tuan! :D
    1. Buat toko online, sederhana tapi buat seinformatip mungkin agar pengunjung tidak bosan untuk melihat katalog produk kita dan struktur menu juga harus diatur sebaik mingkin. (Bisa pake CMS yang sudah ada seperti Wordpress, Prestashop, dkk :D)

    2. Mulai ngebolg yang ada kaitannya dengan produk yang kita jual, ini menjadi rutinitas tiap hari bisa 1 postingan atau lebih. :D
    Jangan lupa linkan ke toko online yang Tuan urus. biar dapet backlink yang bagus. :D

    3. Aktif di forum-forum, jangan lupa arahin link kita ke blog yang kita urus!, kalau bisa jangan langsung ke website toko online kita soalnya kebanyakan link dari forum itu link rel="nofollow". Lebih baik kita arahin ke blog kita kemudian ke website kita. :D

    4. Jangan lupa Somed ini juga di optimasi Tuan!
    5. Buat daftar email,
    6. Kalau Tuan punya dana lebih bisa pakai Adwords. :D

    Itu Tuan kalau menurut saya. :D

    Salam tahu,
    Dari orang yang so tahu. :p
    Karna saya orang sumedang, jadi selalu tahu. :D
     
  3. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Mantap nih. Keren juga ngeditnya. Bisa lebih sederhana dan jelas. Sudah jadi rutinitas juga kali ya Tuan. Hehe....
     
  4. Dika Haris

    Dika Haris Apprentice 1.0

    Messages:
    299
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Engga juga Tuan, kebetulan masih belajar. :)
     
  5. root001

    root001 Poster 1.0

    Messages:
    76
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    wah ilmu yg menarik ini,
    saya izin baca2 dan pelajari saja dech om soalnya saya blm sampai ke sini ilmunya hehehehehe
     
  6. upakarti

    upakarti Poster 2.0

    Messages:
    171
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Joss Gandoss ... konversikan jualan online menjadi order > sales revenue memang penuh perjuangan apalagi buat usaha kecil & menengah dengan budget marketing terbatas. Rajin2 ngeblog nanti blognya juga bisa dikonversikan menjadi revenue... lumayan buat nambah2 cost online marketing.
     
  7. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Yap. Rata2 orang males ngeblog karna sering gagal daftar google ads. Padahal, trafiknya bisa dimanfaatin buat hal lain juga. Boleh iklan langsung dari orang lain. Atau buat iklan buat jualan kita sendiri. :D
     
  8. tokobunga

    tokobunga Poster 1.0

    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tips dan cara perlu di coba, sukses selalu All
     
  9. rudydevianto

    rudydevianto Expert 2.0

    Messages:
    852
    Likes Received:
    55
    Trophy Points:
    28
    Tips yang bagus sekali....
     
  10. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,104
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    nice untuk tips nya..
    jadi untuk newbie gak perlu takut untuk tidak bisa berbisnis.
    di zaman yang canggih ini, kita lebih banyak dipermudahkan untuk berbisnis. manfaatkan sebaik baiknya.
    good luck:113:
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...