ASK- Keuntungan install kontrol panel di Cloud VPS?

Discussion in 'Masalah Teknik dan Keamanan' started by adi cius, 13 Jun 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. adi cius

    adi cius Apprentice 1.0

    Messages:
    270
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Sory nih,saya banyak tanya yang basic bgt di DWH. Saya memang awam soal server. tapi saya pengen coba terus belajar walau otodidak. Semoga bisa menambah daftar isi di forum DWH tercinta kita ini.

    Kali ini saya mau tanya mengenai keuntungan install kontrol panel hosting di cloud vps. Tidak hanya kontrol panel a,bc tapi semua.

    Nah cloud dikatakan adalah sistem yang reliable. Jika Node VPS ini mati bisa di cover oleh node server lainnya. Nah kan buanyak banget tuh dah mulai yang menggunakan bahasa marketing cloud hosting.
    1. Saya mau tanya, kalau kita install kontrol panel di vps DO misalnya, apa itu jadinya sama dengan cloud hosting?
    Dalam pikiran saya, kan kalau VPS mati karena hardware misalnya, juga langsung di cover sama node lainnya kan?:21:

    2. Cloud hosting agak membingungkan kadang. Ada yang bilang kalau memisah database, storage, dll itu bisa disebut cloud hosting. Nah kalau cuma cukup dipisah itu sisi reliable nya dimana ya? kalau yang nangani database mati, bukannya webhostingnya juga error?

    3. Nah dari case ke dua itu saya menyimpulkan bahwa tidak semua cloudhosting itu reliable. Kecuali jika tiap node itu ada semacam server cadangan, jadi jika dabase error server cadangan database langsung mengambil alih.

    4. Cloud VPS cloud kaya Digital***an itu apa benar reliable? Karena saya pernah mengalami vps mati setelah dikontak ternyata dikarenakan Node mereka ada yang bermasalah. Lah trus sisi yang katanya reliable jika ada node yang bermasalah dimana yah? kasusnya dah lama bgt sih. Dah tahun lalu dan dah lama gak maki si DO, jadi mungkin harus ubek2 dlu kalo cari balasan dari supportnya.


    Yuk diskusi, mari:67::69::69::69:
     
  2. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,929
    Likes Received:
    613
    Trophy Points:
    113
    reliable belum tentu mempunyai uptime 100%,
    cloud hosting mambantu menciptakan kapasitas resource yang lebih tinggi dari pada teknologi biasa, bukan menjamin ketersedia uptime 100%

    CMIIW
     
  3. starnetworks

    starnetworks Beginner 2.0

    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Lagi cari vps mikrotik,eh sdh ditipu sama web jagoanserver.com
    vpsnya restat melulu,sdh komplant tdk ditanggapin dan tlg ada saja alasannnya
    di ym: dimatikan chatnya.mhn solusinya para master, ada lagi beli vps di mahavikri
    vps mikrotik tdk bisa diakses sdh dibayar dan bayar lagi utk setup ulang,masalah lagi
    dan tdk bisa diakses,sdh kirim support tdk dibalas 2 har ini,ym tdk dibalas,tlp hanya tut tut doang.
    mhn solusinya juga dgn peyedia vps ini.klo ada penyedia vps mikrotik yg baik dan bagus pelayanannya
    bisa ym : putrabenny74.
    ditunggu ya,para master
    terima kasih
     
  4. adi cius

    adi cius Apprentice 1.0

    Messages:
    270
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Yah saya juga gak tahu pak. mungkin kalau pak dhy browsing akan banyak yang bilang begitu :21:. menurut saya itu karena public umum sudah termakan marketing yang nyebutin seolah semua cloud itu reliable dan gak pernah atau minimal susah sekali down (dalam kasus jika node crash misalnya). Untuk itu saya tergelitik untuk membahas cloud ini. apa bener kok slolah semua cloud dihadapan publik sperti begitu reliable.

    ya pak saya setuju. segalanya bisa terjadi. Uptime 100% itu memang bisa diperdebatkan. Dari sisi mana dlu. Cos HW 100% uptime tapi network bermasalah juga jadinya gak 100% uptime dari sisi client toh? :77:

    tapi saya bingung saja. sejauh ini yang digembar gemborkan dari tekonologi cloud adalah sisi reliable pak. Lebih spesifik sering disebutkan antar node bisa saling cover, shingga jika ada yang mati node lain akan meng-cover.
    Saya setuju banget jika fungsi cloud untuk menciptakan resource yang jauh lebih tinggi.
    Untuk itu saya bingung, bagaimana bisa beberapa computer digabung jadi 1 cloud computing bisa meng-cover salah satu server yang mati. Lah kalau 1 server itu mati karena HW rusak atau power padam, gimana komputer yang lain bisa baca data di Hdd komputer itu?:102:
    Kecuali jika setiap komputer punya replika, jadi jika mati replika yang ambil alih.
     
  5. adi cius

    adi cius Apprentice 1.0

    Messages:
    270
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    coba bikin thread baru pak. Biar gak campur. Biar bisa ditanggapi oleh pihak terkait.
    Semoga cepat terselesaikan.
     
  6. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,259
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    @adi cius kalo baca thread anda, saya jadi inget dulu sekali pernah mencoba layanan cloud server vps.net, pengen membuktikan juga sebenernya mereka automatic fail over atau bukan meskipun tertera di sana SAN Storage dsb.

    Case saya : saya beli waktu itu 1 node ( 1 slice ) 512 MB, install webuzo doang. pada pemakaian 2 bulan, cloud server ini mati.... saya kontak support nya , katanya problem dengan current node, dan akan di pindahkan ke node yg lain.

    Dari sini saya menyimpulkan mereka tidak automatic, tetap saja harus menual memindahkan ke node lain. Untuk saat ini saya tidak tau perkembangannya, krn sudah tidak pake provider itu lg.
     
  7. mgilank

    mgilank Apprentice 1.0

    Messages:
    261
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Sepertinya melenceng dari judulnya ya :D
    Cloud intinya adalah, scalable, flexible, affordable dan virtual.
    Nah apa DO cloud? (dalam thread ini). Bisa jadi dari sisi scalable, flexible dan virtual. Untuk hal redundant instance (vm) , ini tergantung opsi, pasti ada biaya tambahan lainnya untuk menggunakan ini. Fitur ini biasanya ada di snapshot atau load balancing. Biasanya load balacing as a service. (saling cover).
    Apa unggulan lain lagi dari cloud selain untuk digunakan sebagai website? ada storage, ini menarik. mungkin ini juga bisa di katakan recover yang di maksud ts . ada block storage dan object storage. duh panjang jadinya , keenakan :D
    monggo oprek openstack, bisa diskusi openstack juga jika mau.
    Bisa merujukk ke cloud versi amazon : http://aws.amazon.com/products/?nc2=h_ql_reinvent
    atau juga punya rackspace.
     
  8. masiqbal

    masiqbal Expert 2.0

    Messages:
    863
    Likes Received:
    249
    Trophy Points:
    43
    Sejauh ini saya belum menemukan ada lembaga yang diakui semua orang untuk mendefinisikan apa itu cloud service. Mungkin definisi dari NIST bisa jadi acuan http://csrc.nist.gov/publications/nistpubs/800-145/SP800-145.pdf yang membuat kriteria cloud service yaitu: On-demand self-service, Broad network access, Resource pooling, Rapid elasticity, Measured service. Kalau wikipedia kriterianya lebih banyak. https://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

    Menanggapi pertanyaan Tuan @adi cius :
    1. Di forum2 banyak orang yg tidak setuju bahwa DO itu bener2 cloud. Karena pada kenyataannya banyak saat sebuah droplet bermasalah tidak otomatis hadir di node lain. Jikapun DO-nya cloud, hosting service dengan cPanel di SEBUAH droplet bukanlah cloud (mengacu kriteria di atas).
    2. Kalau bingung bisa kembali ke definisi di atas. :) Reliable atau tidak bukan karena dipisah atau disatukan dalam fisik yang sama. Tapi pemisahan fisik biasanya memang meningkatkan realibility. Dan ini tidak berhubungan dengan cloud atau tidak.
    3. Bagaimana jika saat node utama bermasalah node jadangan juga bermasalah? Khusus untuk database, node cadangan berfungsi sebagai storage atau yang menjalankan service? Perlu diingat bahwa database itu juga menyimpan data di memory, jadi kalau node yang menjalankan database service tiba-tiba mati belum sempet nulis ke storage maka data bisa hilang saat diambil alih node lain. Untuk meminimalisir hal itu, clustering tools seperti galera atau pgpool berperan.
    4. Jika sebuah droplet mati dan untuk nyalanya lama harus maki2 DO, ya bukan cloud sesuai kriteria di atas. Tapi setahu saya DO punya kriteria versi mereka sendiri tentang apa itu cloud. https://www.digitalocean.com/what-is-cloud-hosting/ . Kalau kita cek di definisi Reliable menurut mereka, kayaknya kok cuma keunggulan VPS dibanding shared hosting. Tidak ada petunjuk mengenai redundancy, auto healing, dan sejenisnya.
     
  9. mas.satriyo

    mas.satriyo Expert 2.0

    Messages:
    960
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    43
    kayaknya gak bisa dibilang sebagai 'cloudhosting' mas
    saya pake do selama beberapa tahun
    satu2nya 'cloud' yg bisa dipertanggungjawabkan dari do cuma snapshotnya yg bisa 'jalan2', billing yg fleksibel, sama resize ram & cpu on-the-go
    contohnya :
    > create droplet baru misal di server SG, buat snapshot, terus transfer snapshot ke region lain, misal US (tunggu beberapa menit/jam)
    > create droplet baru lagi misal di US, di bagian image, pilih snapshot dari droplet di SG
    nah, hasilnya droplet di SG dan US sama persis

    kalau misal droplet SG tadi mati karena masalah node fisiknya, terus pengen deploy baru lagi tapi tetap di SG. Ya gunakan snapshot tadi. Buat droplet baru, pake image snapshot SG tadi. Tapi resikonya ip berubah

    selebihnya, do masih belum memenuhi kriteria 'cloud' yg dijabarkan @masiqbal di atas

    cmiiw
     
  10. mustafaramadhan

    mustafaramadhan Hosting Guru

    Messages:
    3,237
    Likes Received:
    857
    Trophy Points:
    113
    Memangnya IP tidak bisa dipindah antar VPS di DC yang sama?. Seperti IP failover.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...