[ask] Membangun server siakad

Discussion in 'Web Hosting' started by awanxp, 19 Mar 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. awanxp

    awanxp New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mastah saya newbie mau tanya nih..

    Kasus: saya mau membangun sistem informasi akademik (SIAKAD) di salah satu PTS jenjang d3 di Bandung. Nah keinginannya SIAKAD tsb bisa online 24 jam. Dapat diakses secara lokal dari kampus (tapi tetap dengan domain yang sama dengan online).

    Pertanyaan.ny:
    1. Apakah dengan kasus tersebut saya HARUS punya server sendiri di kampus tersebut..? atau bisa menggunakan VPS or colocation server..? (mksud nya apakah pke VPS or Colocation server bisa di akses secara lokal)

    2. Berapa kira-kira biaya.ny..?

    3. Jika ada pendapat yang lebih baik untuk menyelesaikan kasus ini gmn..?

    Mohon jawabannya yha Tuan n mastah sekalian.. :)
     
  2. dikijawil

    dikijawil Apprentice 1.0

    Messages:
    297
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    wih urang bandung ... salam kenal Om..

    saya coba jawab yah ... ?

    1. Apakah dengan kasus tersebut saya HARUS punya server sendiri di kampus tersebut..? atau bisa menggunakan VPS or colocation server..? (mksud nya apakah pke VPS or Colocation server bisa di akses secara lokal) --> bisa ya bisa tidak.

    2. Berapa kira-kira biaya.ny..? --> ini biaya buat apa ? beli server atau vps atau colocation server ? kalo vps banyak dan di indo harga lumayan miring dan kualitas pasti terjamin, apalagi kalo dedicated server di (saya) :)

    3. Jika ada pendapat yang lebih baik untuk menyelesaikan kasus ini gmn..? --> menurut saya biar om tidak pusing, tinggal duduk santai, mending om cari vendor yang mampu develop dari awal sampai online sesuai dengan kebutuhan om.., nah kalo ini saya siap dipanggil.

    kitu kang hatur nuhun ah,
    punten we bilih teu nyambung da abdi mah di DWH bagean gegeroh sareng ngalawak :)

    salam
    ABBH
     
    awanxp likes this.
  3. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    ini servernya mau dikakses lokal saja ya, jika Ya, maka server cukup ditaruh di kampus, jika ingin Online ke Internet, lebih mudah ditaruh di data center, bisa pakai VPS , dedicated server, atau colocation
     
    awanxp likes this.
  4. merkurius

    merkurius Poster 2.0

    Messages:
    312
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    saya bantu jawab kebetulan kampus saya dulu juga ad sistem kek gini (maklum baru wisuda 6bulan yg lalu)
    1.bisa ya bisa tidak... dikampus saya dulu pake server sendiri dan pake isp sendiri(kalo pake vps / dedicated server ya tidak bisa diakses dari kampus dengan hitungan koneksi lokal)

    2. servernya kira2 10jutaan (sekalian digunakan sebagai file server dikampus) + isp 4mbps kira2 8jutaan/bln

    3.menurut saya kalau Tuan mau yg dapat diakses dari dalam kampus dengan hitungan LAN connection yah mau ngak mau Tuan harus pake server sendiri ditaruh dikampus... kalo alternatif lainny ya pake vps , dengan kisaran 200rban perbulan tapi yah kekurangnany didalam kampus aksesny tetap terhitung koneksi internet seperti kalo akses google gitu.... kalau pake dedicated server juga sama saja seperti vps hanya saja spek fisik dedicated server lebih bagus
     
    awanxp likes this.
  5. alvingiovanno

    alvingiovanno Apprentice 2.0

    Messages:
    516
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    biar ga mahal dan mengurangi kualitas internet di kampus,mending dedicated/colo saja mas, soalnya gini.

    mas 'hanya' ada bw 4mbps di kampus, sedangkan server 24jam aktif dan di jadiin tempat file ini itu, kalau banyak yang akses terutama dari luar kampus (warnet,rumah) bisa-bisa BW 4mbps itu habis, dan yang di kampus ga bisa internetan alias lemot.

    terlebih lagi kalau dedicated/colocation pasti sudah di taruh di tempat yang memang di design untuk server (ac 24 jam, listrik yang kuat, ups dll)
    tinggal cari deh dc yang memang bw iix nya besar, masalah bw ix sih nomor 2 aja toh kan di aksesnya untuk kampus doang ini.

    kalau colocation nih ya biayanya saya rinciin

    1. server fisik +- Rp. 9.000.000,- (rakitan yah dengan spek intel core i7 3770k ram 16gb hdd 2tb x 2 drive dll) - sekali bayar
    2. biaya colo perbulan kira-kira Rp. 1.000.000,-
    3. license cpanel jika di butuhkan Rp. 300.000,- / bulan

    modal awal kira2 10.300.000,- dan selanjutnya 1.3juta perbulan

    kalau dedicated tentu lebih murah, tapi speknya mungkin tidak setinggi spek colo. jika untuk jangka panjang, colo lebih murah sih saya pikir.
     
    awanxp likes this.
  6. Afiv

    Afiv Apprentice 1.0

    Messages:
    382
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Kalau ingin bisa diakses 24 jam berarti uptime server juga harus 100%. Mungkin bisa pake Cloud Server yang mempunyai tingkat uptime yang cukup tinggi, tapi soal biaya mungkin akan rada berat :D
    CMIIW
     
  7. awanxp

    awanxp New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    hehe salam kenal juga pakde.. udah lama dibandung tp blom lancar juga bhsa sudna saya :D..
    sebelumyan thax atas jawaban n solusinya Tuan :)
    kebetulan saya juga yg develop siakad di kampus itu, jdi ini msi mikir2 gimana caranya supaya siakad itu online dengan akses lokal dr kampus.. tapi melihat keterbatasan 'biaya' dari kampus tsb n kebutuhan transaksi data yang belum terlalu tinggi kyk na ga mungkin untuk bangun server di kampus itu, belum lagi mikirin siapa yang harus jaga, ruangan, konsumsi listrik, ISP dll..

    mksih Tuan jawabannya, pinginnya di akses secara lokal dr kampus tpi online di internet.. tpi kyk na biaya nya besar n 'ribet' jdi sepertinya akan di hosting saja..

    nah ini rencana awal saya Tuan, dan berfikir psti biaya cukup besar, belum lagi biaya pemeliharan dan operasional.. jdi nyari alternatif lain dan ternyata "kalau Tuan mau yg dapat diakses dari dalam kampus dengan hitungan LAN connection yah mau ngak mau Tuan harus pake server sendiri ditaruh dikampus" hoho.. awalnya ingin mencari alternatif biaya besar itu.. tpi kyk na ga bsa. thax reply n solusi nya Tuan :)

    wah detil si Tuan rinciinnya.. terimakasih banget sebelumnya.. melihat rincian tsb kyk na tu kampus bakal nyengir ngelihat harganya.. (maklum Tuan kampus PTS D3). tpi ini bisa jadi alternatif solusi jika mereka bener2 mau mengonlinekan siakad nya..

    Sekali lagi TERIMAKASIH, buat Tuan-Tuan yang udah kasih masukan.. sekarang saya malah berfikir gini Tuan, jika berkenan mohon kembali sarannya.
    Dari hasil pencerahan Tuan2 di atas, Untuk menekan biaya, saya punya pikiran gimana kalo membangun server lokal (dengan spek hardware minimum dan install OS server, DNS server n Web server) dan hanya di akses di lokal, jdi semua transaksi pengolahan data dilakukan secara lokal. supaya kalo terjaid gangguan internet, sistem masi bisa jalan.
    Nah, untuk online nya itu tetap ada dengan menyewa shared hosting aja (tpi dgn space n bw gede). Jadi setiap hari, ada admin yang upload data hasil pengolahan harian ke online. Yha kekurangannya sie ga bsa update data secara online.. semua aktifitas KRS, Absensi, nilai dll hanya bisa dilakukan di kampus, tpi akan ada datanya via online esok hari nya..
    Gmna menurut Tuan..?
     
  8. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Berarti untuk website online nya delay 1 hari ya? untuk bisa menampilkan hasil pengolahan data dari kampus.
    Dan dengan ada website yg online di shared hosting (menampilkan data hasil) tentunya ini memang yang pasti diharapkan juga oleh para mahasiswa nya karena bisa diakses dari mana saja, tidak harus selalu dilihat di kampus via koneksi lokal servernya.

    Jika memang budget masih sangat terbatas, mungkin utk sementara bisa saja dibuat demikian pak :)
    Bila ada kesempatan dan mau upgrade menggunakan Dedicated Server sendiri, seperti yg sudah dijelaskan panjang lebar oleh rekan-rekan DWH di atas.
     
  9. GriyaHosting

    GriyaHosting Expert 1.0

    Messages:
    966
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    pikiran iseng saya kok malah nyampe aneh² ya kalau pake shared hosting .. :D kena jumping ntar nilainya di edit sendiri wixixixi :D

    mending nyari vipies iix lah budget 300-500 rb an per bulan, pakai panel sendiri .. data lebih private ..
     
  10. ngaco

    ngaco Apprentice 1.0

    Messages:
    218
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    1. TERGANTUNG. Tergantung mana yang lebih banyak, akses dari lokal kampus atau akses melalui internet. Jika akses dari lokal kampus sangat jauh lebih besar, server sendiri di dalam kampus dengan ip publik keluar agar bisa diakses melalu internet.
    Tapi kalau lebih umum akses melalui internet, ada baiknya colocation aja, ditambah dengan sewa VPN/interkoneksi dari kampus ke colo supaya diakses dari kampus tetap wuz wuz...
    Saran saya lebih baik colocation, dengan pertimbangan jangka panjang dan servernya dapat menjadi aset dari PTS tersebut (hak milik secara fisik).

    2. TERGANTUNG. Budgetnya berapa dulu :p Saya coba simulasikan costnya dengan colocation dan server branded (garansi 3 tahun, penting itu), nanti servernya di pecah jadi beberapa virtual dan digunakan masing-masing aplikasi server beda virtual (database sendiri, web sendiri, dll...) biar lebih "green" dan fleksibel.
    Harga diambil dari bhinneka (harusnya sih ada yang bisa kasih lebih murah)
    - IBM System X3250M4-C2A - Rp. 17.900.000 (Support 32 GB RAM dan 4x2.5" SAS/SATA untuk upgrade tahun berikutnya/kalau kurang)
    - Add-on Harddisk 300GB SAS untuk RAID1 IBM 42D0637 - Rp. 4.853.000 (opsi lain ganti dengan Toshiba SAS 300 GB di rakitan Rp. 1.731.000)
    - Add-on RAM 2x2 GB IBM 44T1482 Rp. 3.702.600 (opsi lain Visipro ECC Registered 1x4 GB Rp. 605.000)
    Total Investasi awal perangkat : Rp. 26.455.600 (atau opsional Rp. 20.236.000) - per bulan ~Rp. 750.000

    - Colocation per bulan Rp. 1.695.000
    - Sewa interkoneksi bulanan (data melsa bandung) Fiber 2 Mbps Rp. 1.750.000 (kalau VPN/IIX-only harusnya sih lebih murah)
    Total Cost bulanan : Rp. 3.445.000 Atau jika tidak colo (server di kampus) dan sewa Fiber 5 Mbps maka bulanan Rp. 3.500.000.

    Ini cuma perkiraan/asumsi aja ya... :D dan belum termasuk ongkos development kalo ada yang develop hehehe...
    Untuk range yang lebih detil, mungkin inbox anda udah cukup penuh sekarang :D

    3. yang lebih berpengalaman lebih ngerti, saya cuma pemerhati :D

    edit.
    Baru liat ada limitasi "cost". Kalau ga mau kepikiran urusan aset fisik, sewa multi VPS (2-3 buah) aja lah ditambah IIX Only kampus ke provider VPS IIX. Kayanya total sekitaran Rp.3.100.000 per bulan (2x XenVPS 2 GB + 3 mbps wireless broadband). :D
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...