[Ask-Need Solution] WHMCS tidak bisa create package di server yang berbeda

Discussion in 'Software Hosting dan Control Panel' started by savana, 27 Dec 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. savana

    savana New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Permisi Tuan,

    maaf kalo saya lancang. saya dari savanahosting, kebetulan baru buka usaha hostingan (masih belajar) :1: . jadi masih butuh banyak bimbingan dari Tuan-Tuan disini semua.

    to the point aja Tuan.

    Saya ada kasus dengan whmcs ketika akan membuat paket produk ke server. Sebelumnya saya informasikan kalau saya pnya 2 domain dan 2 hosting reseller yang berbeda, domain .net dan satu lagi domain .com . masing-masing domain ada di server yang berbeda tp tetep satu region di IIX.

    Nah, whmcs saya kebetulan lisensinya ada di .com , karena itu domain official yang diperkenalkan, sementara yg .net untuk client-client lain untuk kebutuhan berbeda. kebetulan hari ini saya sedang melakukan uji coba membuat paket produk dari whmcs dan di whmc di menu serve saya daftarkan juga 2 server tadi (.net & .com). Semua server saya uji coba untuk login ke whm masing-masing akun berhasil, artinya tidak ada kendala saat login dari whmcs ke whm yg memiliki domain .net maupun domain .com. termasuk semua settingan baik itu ssh key dan ip sudah saya arahkan sesuai petunjuk dari whmcs documentation.

    Nah masalah muncul ketika saya membuat salah Package di whm dengan domain .net yg nota bene bukan tempat whmcs saya di install, karena lisensinya untuk yg .com . saya juga telah membuat paket di whm dan menyesuaikan nama paketnya dengan yang ada di produk whmcs yg telah saya buat di bagian Module Settings -> WHM Package Name sesuai yang ada di whm .net tadi, termasuk semua field-field saya isi dengan semestinya mulai quota, bw, dll yang disesuaikan dengan yg ada di whm package.

    Permasalahan muncul ketika saya menguji coba dengan melakukan pemesanan produk dari client area, dan kemudian sebagai admin saya accept payment order tersebut kemudian menekan tombol CREATE untuk membuat akun di whm server. Setelah kira2 proses sedang berjalan, muncul error spt ini Tuan:

    Code:
    Module Command Error
    Sorry, unable to use package myservername_hsstarter. Verify that the package exists and that you have not exceeded your reseller restrictions.
    yang kurang lebih artinya kalau server whm yg jadi target saya itu tidak memiliki paket yang dimaksud, atau karena ada restriksi khusus dari account reseller saya.

    Kemudian saya coba lagi menggunakan paket yang sama dengan server whm .com saya dimana satu atap dengan whmcs saya. dan ternyata bisa. yang saya ingin tanyakan apakah whmcs tidak mengijinkan untuk mengakses/membuat paket produk di domain (server) yang berbeda ? Jika memang demikian apakah saya harus memesan lagi lisensi untuk 2 server itu lagi? maksudnya mendaftarkan lisensinya dengan tambahan domain baru.

    Sebagai tambahan dulu saya pernah jadi reseller juga di salah satu hosting provider di USA, punya 2 server yang beda juga karena klien saya jg beda2 permintaannya. nah waktu itu whmcs saya hanya didaftarkan via webhost tersebut untuk satu domain saja, tp untuk eksekusi bikin paket produk di whm dengan domain yang berbeda ternyata bisa dan lancar Tuan. kira-kira masalahnya apa ya Tuan?

    Sebelumnya terima kasih banyak Tuan bantuannya.
     
  2. drupadi

    drupadi Apprentice 1.0 Web Hosting (Company)

    Messages:
    213
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Harusnya sudah jelas dari errornya.
    "Sorry, unable to use package myservername_hsstarter. Verify that the package exists and that you have not exceeded your reseller restrictions."

    Cek nama paketnya di WHM Package Name WHMCS dan Packages di cpanel/WHM
    Biasanya nama paketnya :
    accountcpanel_namapaket

    Cek juga kapasitas akun cpanel yang bisa di create apa masih ada.
     
  3. savana

    savana New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1

    makasih Tuan reply nya. untuk nama paket sudah sesuai sama persis sesuai dengan akun login cpanel nya+ nama paket. kapasitas masih lowong gede Tuan, karena belum di pake sama sekali.Nama paket tadi saya sengaja kasih nama itu, tp kalo aslinya cpanellogin_namapaket nya sudah sesuai dengan yg ada di whm maupun di whmcs. Cuma tetep gagal terus create nya.
     
  4. savana

    savana New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yang ingin saya tanyakan juga apakah whmcs ada kebijakan khusus mengenai lisensi? apakah hanya bisa mengeksekusi server dimana whmcs tadi di host atau bisa juga untuk mengeksekusi ke server lain yg berbeda dari host nya?
     
  5. savana

    savana New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Maaf sebelumnya, sepertinya saya sudah menemukan jawaban dari permasalahan ini. setelah saya telusuri di salah satu server yang menjadi penyebabnya, pihak hosting tempat saya berlangganan sepertinya lupa melakukan konfigurasi terhadap Account limit dan limiting factor nya di whm, sehingga saya tidak bisa membuat accaount baik secara remote dari whmcs maupun manual dari whm. Settingannya masih 0 alias tidak ada jatah yang diberikan kepada saya, padahal saya berlangganan space reseller 100GB. Saat ini sedang saya selesaikan dengan pihak hosting provider untuk mencari solusinya.

    mohon maaf sekali lagi karena terlalu cepat berasumsi, maklum Tuan, udah payah dari pagi nyetingin whmcs :77:

    mungkin moderator bisa close thread ini karena saya sudah menemukan kunci permasalahannya :) terima kasih.
     
    Last edited: 27 Dec 2013
  6. sani

    sani Poster 1.0

    Messages:
    51
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Nggak ada kebijakan gitu Tuan, bebas mau exe di server dengan domain apapun, lokasi manapun, bahkan control panel yang berbeda sekalipun.
     
  7. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,927
    Likes Received:
    613
    Trophy Points:
    113
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...