( ask ) PSU bawaan cas katanya jelek ?

Discussion in 'Komputer dan Peralatannya' started by Supriatna, 15 Nov 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    4,013
    Likes Received:
    827
    Trophy Points:
    113
    Sepakat, sebagus apapun jika supply arusnya ga bagus/ga stabil sama saja
     
  2. diktus

    diktus Poster 2.0

    Messages:
    133
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    PSU bawaan casing yang 200-400rb-an bisa dipastikan kualitasnya kurang bagus. Sebaiknya pakai PSU True Power atau pure power yang memiliki sertifikat Silver, Bronze, Gold, dsb.

    Kerja PSU adalah merubah arus dari AC ke DC, PSU yang bagus apabila teganganya bisa stabil dengan toleransi naik turun +/- 5% malah ada yang standardnya +/- 3%. PSU murah biasanya teganganya nggak stabil dan ini yang menimbulkan berbagai macam masalah seperti hang, restart, bad sector dan akibat dari supply listrik yang kurang bagus.

    Untuk mengukur bisa pakai multimeter digital lalu masukan ke colokan molek untuk +12v warna hitam dan merah kemudian jalankan PC dalam kondisi full load misalnya untuk main game atau render. Nanti akan terlihat apakah tegangan stabil di +12V dengan toleransi 5% atau malah drop jauh. Jika sudah drop jauh sebaiknya diganti karena dalam jangka panjang dapat menyebabkan umur komponen di dalamnya lebih pendek selain gejala ketidak stabilan PC. Hardisk biasanya yang akan kena karena sensitif dengan kestabilan listrik.

    Masalah tegangan rumah yang tidak stabil seharusnya nggak jadi kendala. PSU yang sudah mendukung APFC (Active PFC) memiliki regulator sendiri yang terpisah dari mainboard PSU. Regulator ini bekerja untuk tegangan 110v - 220v +/ 5%. Kalau jaman dulu di PSU ada switch buat pindahin 110v ke 220 jaman sekarang PSU APFC sudah tidak pakai switch itu lagi karena sudah bisa bekerja dengan standard listrik 110v maupun 220v. Naik turunya tegangan dari listrik rumah akan dicontrol oleh regulator ini jadi kalau ada tegangan yang naik tiba-tiba atau turun tiba-tiba komponen yang pertama kali jebol adalah regulator ini. Hardware di dalam akan terproteksi dari kondisi seperti ini tapi jangan dibayangan kalau kena petir ya, surge protector aja bisa jebol. Yang disupply ke komponen PC akan tetap stabil berkat adanya regulator ini

    Pemilihan PSU sesuaikan dengan kebutuhan saja, patokannya kapasitas yang tertulis pada PSU hanya 80% yang digunakan (untuk PSU bersertifikasi 80+). Jika akan upgrade lebih baik beli PSU yang lebih tinggi wattnya agar ketika upgrade tidak perlu ganti PSU lagi
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...