[ask]rubah nameserver reseller di whm dengan domain web.id

Discussion in 'Reseller Web Hosting' started by Satriyo3, 25 Apr 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Satriyo3

    Satriyo3 Beginner 1.0

    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selamat malam mimin and momod yg saya hormati,

    pengen nanya Tuan, maklum newbie banget

    gini saya udah beli akun reseller hosting iix dengan domain misal www.misal.web.id

    nah saya ingin tanyakan. bagaimana caranya rubah nameserver di whm ketika saya bikin paket dan lain2 terus dikirim ke email klien disitu ada penjelasan kalo nameserver itu ns1.misal.web.id dan ns2.misal.web.id

    saya udah coba buat ganti di bagian Main >> Server Configuration >> Basic cPanel & WHM Setup pada WHM

    tapi pas ketika saya rubah muncul keterangan

    nah yg saya tanyakan apakah kalo ada keterangan tersebut langkah saya berhasil ato tidak?
    terus kalo gak berhasil gmn caranya buat berhasil?

    kedua ketika saya coba rubah NS domain saya yg satunya lagi di arahin ke ns1.misal.com | ns2.misal.com muncul keterangan Nameserver tidak valid.

    mohon bimbingannya mastah
     
  2. mentariweb

    mentariweb Apprentice 2.0

    Messages:
    407
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    langkahnya sudah betul, nanti di bagian create account, disitu juga ada pilihan, memakai nameserver bawaan whm (sudah anda create sesuai step yg anda praktekkan tadi) atau menggunakan nameserver yang tertera di domain panel klien.

    untuk mengedit lebih lanjut DNS bisa anda gunakan fasilitas di bagian DNS Functions

    perubahan nameserver memerlukan waktu agar DNS nya nyambung. coba cek di intodns.com apakah ada settingan yg merah2 ngga..
     
  3. Satriyo3

    Satriyo3 Beginner 1.0

    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalo hasilnya kaya gini gmn Tuan intoDNS: gendos.web.id - check DNS server and mail server health
     
  4. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    apa sudah register nameserver di tempat beli domain ?
    selain setting di WHM, perlu juga setting di domain control panel untuk register namesever
     
  5. Satriyo3

    Satriyo3 Beginner 1.0

    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mksdnya gini Tuan


    Maaf nih sebelumnya saya mau tanya kembali tentang cara membuat NameServer menggunakan domain .id (baik itu .co.id , .web.id, dsb) itu bagaimana ya??

    Pernah baca juga dulu sekilas di DWH ini, namun saya coba cari-cari masih belum ketemu nih.
     
  6. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    di dalam control panel pandi, ada yang namanya Host Create.
    Tinggal di create aja dari sana
     
  7. Satriyo3

    Satriyo3 Beginner 1.0

    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gimana caranya Tuan?
    Tuan hehe
     
  8. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    uda chat sama cust support pandi ? tuh YM nya aktif.. mungkin mereka bisa membantu menjelaskan
     
  9. mixmaxspace

    mixmaxspace Hosting Guru

    Messages:
    1,235
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    48
    Sebaiknya anda chat lsg ke pandi untuk panduan.
    Kalau via forum ini bikin pusing kalo hal yang umum dan mudah belum bisa dipahami.
     
  10. Babah

    Babah Poster 2.0

    Messages:
    191
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    langkah ente sudah benar Tuan, tinggal disempurnakan lagi, masuk ke DNS Zone Setting, trus pilih domain ente (misal.web.id) untuk diedit, terus create :

    ns1 === A ===> kasih ip server ente atau ip reseller ente
    ns2 === A ===> kasih ip server ente atau ip reseller ente (boleh sama IPnya jika cuma punya sebiji)

    trus login ke pandi, klik domain ente, scroll paling bawah ada HOST, trus klik tombol CREATE, masukin :
    ns1.misal.web.id ===> IP server ente atau reseller ente
    ns2.misal.web.id ===> IP server ente atau reseller ente (IP boleh sama kayanya, belum pernah coba juga :D)

    abis itu klik CONFIRM :)

    kalau mau sedikit lebih keren, tambahin lagi Tuan, dibagian NAME SERVER, klik CHANGE, trus masukin :
    ns1.misal.web.id
    ns2.misal.web.id

    abis itu klik CONFIRM :)

    nanti kalo di whois domain ente, name servernya pake domain sendiri, gengsi sedikit terangkat .. hahahahahay

    selamat mencoba, kalo ga berhasil, ya harap maklum saya masin nubie banget :)
     
    Satriyo3 likes this.
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...