[ASK] Setting Batasan Email


Status
Not open for further replies.

cloud3peace

Poster 2.0
Dear all,

Biasanya kalau kita melakukan bisnis shared hosting, kira-kira apa yang harus di setting, dibatasi dan perhatiin untuk masalah pengiriman email ya?
Karena saya sering melihat ada beberapa hosting dengan IPnya sudah diblokir oleh provider email dimana tentunya hal tersebut mengaggu orang yang ingin mengirimkan email.
Mungkin setiap domain harus batasin berapa email per jam ataupun per hari?
Kemudian kalau mereka menggunakan Dedicated IP, berapa email yang bisa dikirim?


Thanks
 

PusatHosting

Hosting Guru
Provider email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail begitu ya pak?
Kalau betul dengan yang saya maksudkan maka itu sudah umum dan yang membuat ulah bukan dari email yang dikirim secara normal melainkan dari ulah spammer.

Email dilimit berapapun kalau misalnya dalam 1 server ada 10 domain semuanya websitenya dimanfaatkan spammer untuk mengirim email spam ya kembali lagi akan terblokir.

Jadi antisipasinya sisi provider, jika ada indikasi website terkena spam langsung suspend dulu sementara untuk investigasi.
Sedangkan untuk sisi client/pelanggan sering2 mengecek inbox email sesuai nama domainya janganlah malah di forward ke gmail/yahoo/hotmail dkk bisa-bisa email penting malah tidak sampai.

Biasakan pula mengecek email default yang sesuai akun hostingnya karena semua bouncing email akan masuk ke email tsb dan selama perjalanan saya jarang-jarang sekali pelanggan memonitor email default hosting tersebut.

Kira-kira itu pak.
 

cloud3peace

Poster 2.0
Kalau pakai cpanel, secara global bisa diset di tweak settings, max perjamnya per domain.
kalau mau diatur beda beda tiap domain install configserver mail manage.

kalau set per hari sepertinya tidak memungkinkan yah lewat whm?

Provider email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail begitu ya pak?
Kalau betul dengan yang saya maksudkan maka itu sudah umum dan yang membuat ulah bukan dari email yang dikirim secara normal melainkan dari ulah spammer.

Email dilimit berapapun kalau misalnya dalam 1 server ada 10 domain semuanya websitenya dimanfaatkan spammer untuk mengirim email spam ya kembali lagi akan terblokir.

Jadi antisipasinya sisi provider, jika ada indikasi website terkena spam langsung suspend dulu sementara untuk investigasi.
Sedangkan untuk sisi client/pelanggan sering2 mengecek inbox email sesuai nama domainya janganlah malah di forward ke gmail/yahoo/hotmail dkk bisa-bisa email penting malah tidak sampai.

Biasakan pula mengecek email default yang sesuai akun hostingnya karena semua bouncing email akan masuk ke email tsb dan selama perjalanan saya jarang-jarang sekali pelanggan memonitor email default hosting tersebut.

Kira-kira itu pak.

ehmmm
spammer di sini alias sengaja ada yang mengirim mass mail ya?
kalau misalnya nih ada klien yang memiliki social network misalnya
nah kadang2 web kek gituan sering mengirimkan email ntar notif atau apa.
tetapi dampak lainnya mungkin alamat email yang ditujukan belum tentu aktif sehingga mengalami bounce yang besar.
tentunya itu juga bukan kesengajaan dari klien tersebut.
nah kira2 kek gitu gimana ya?
 

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
tambahan juga mas, untuk kasus seperti ini, bisa set "Maximum percentage of failed or deferred messages a domain may send per hour" juga.. misalnya diisi 50.. (di Tweak Setting)
 

PusatHosting

Hosting Guru
kalau set per hari sepertinya tidak memungkinkan yah lewat whm?
ehmmm
spammer di sini alias sengaja ada yang mengirim mass mail ya?
kalau misalnya nih ada klien yang memiliki social network misalnya
nah kadang2 web kek gituan sering mengirimkan email ntar notif atau apa.
tetapi dampak lainnya mungkin alamat email yang ditujukan belum tentu aktif sehingga mengalami bounce yang besar.
tentunya itu juga bukan kesengajaan dari klien tersebut.
nah kira2 kek gitu gimana ya?

Tetap dilimit dengan batasan sesuai kebijakan setiap paket yang dijual kecuali full maintenance di provider maka set unlimited tidak ada masalah.
 

cloud3peace

Poster 2.0
tambahan juga mas, untuk kasus seperti ini, bisa set "Maximum percentage of failed or deferred messages a domain may send per hour" juga.. misalnya diisi 50.. (di Tweak Setting)

Noted mas.
Tapi saya masih bingung dengan settingan tersebut.
Kalau persentasenya 50 berarti 1 fail maka pengiriman akan diblokir begitu?

Tetap dilimit dengan batasan sesuai kebijakan setiap paket yang dijual kecuali full maintenance di provider maka set unlimited tidak ada masalah.

Berarti kita sebagai provider tetap memperbolehkan klien tersebut mengirimkan email.
Asalkan tetap sesuai dengan batasan yang kita buat?
Walaupun kebanyakkan emailnya fail?
 

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
Noted mas.
Tapi saya masih bingung dengan settingan tersebut.
Kalau persentasenya 50 berarti 1 fail maka pengiriman akan diblokir begitu?
persentase 50 berarti kalau kirim 100 email, yang mana 50 itu bounce back, maka dalam 1 jam, account tersebut tidak bisa kirim email mas
 
Status
Not open for further replies.

Top