[ASK] Yahoo Bounce Mail pada Cpanel Notification - DMARC


Status
Not open for further replies.

cloud3peace

Poster 2.0
All,

Jadi salah satu akun klien saya menggunakan email yahoo-nya di bagian contact CPanel untuk pengiriman notifikasi seperti email penuh, bandwidth dan disk space mau habis, dll.

Tetapi hari ini saya menerima bounce mail yang pesan errornya seperti ini:
SMTP error from remote mail server after end of data:
host mta5.am0.yahoodns.net [66.196.118.240]: 554 5.7.9 Message not accepted for policy reasons. See http://postmaster.yahoo.com/errors/postmaster-28.html

Ternyata error tersebut disebabkan oleh policy DMARC dimana merupakan salah satu jurus yang diterapkan oleh Yahoo dan AOL (mungkin email yang lain juga mau ikutan) untuk menghadapi spam dengan cara menolak pengiriman email yang menggunakan alamat email dari provider tersebut dengan menggunakan sever bukan dari mail provider tersebut alias email masking.

Karena pengiriman email notifikasi CPanel bagian from menggunakan alamat email yang tercantum di contact maka notifikasi tersebut pasti kena bounce.

Saya mencoba konsultasi ke CPanel untuk mendapatkan solusinya dan berikut balasannya:
We unfortunately do not provide support for DMARC at this point in time, and as such are unable to provide much in the way of advisement. As it primarily revolves around DNS records, though, you can set these up manually by creating the DNS record in the Zone Editor via WHM. There may be other additional steps as well, though, which I would suggest reading through the official documentation to determine. The DMARC website has a number of very useful resources that should assist you with this:

http://dmarc.org/resources.html

One of this resources is a DMARC assistant, which helps you to create an appropriate record based on your needs:

http://www.kitterman.com/dmarc/assistant.html

Google also has a fantastic article on creating a DMARC record:

https://support.google.com/a/answer/2466563?hl=en

Let us know if there's anything further we can assist with from our end.

Sebelumnya saya googling dan mendapatkan refrensi ini:
http://forums.cpanel.net/f43/yahoos-new-dmarc-policy-causing-mailman-bounces-402751.html
http://forums.cpanel.net/f43/case-96881-quota-notification-emails-bouncing-yahoo-401581.html

Saya masih kurang nangkap apa yang mesti saya lakukan, disitu ada yang bilang edit template notifikasi email dengan mengubah kolom from, ada yang install mailman versi baru, menambah record DNS ke semua akun CPanel dan lain-lain.

Jadi apakah teman-teman boleh share solusi yang sudah dilakukan untuk prevent issue ini?
Pasti di akun hosting teman-teman banyak yang menggunakan email Yahoo sebagai contact mereka.

Thanks
 

ceo.ahlul

Expert 1.0
Yahoo saat ini menolak jika pengirimnya dari server lain tapi sendernya dari @yahoo.

Coba masnya ganti saja contactnya menjadi email internal domainnya, kemudian di forward ke email yahoo nya.
 

cloud3peace

Poster 2.0
Yahoo saat ini menolak jika pengirimnya dari server lain tapi sendernya dari @yahoo.

Coba masnya ganti saja contactnya menjadi email internal domainnya, kemudian di forward ke email yahoo nya.

Masalahnya itu akun klien dan bukan hanya 1 saja.
Keknya agak aneh saja minta mereka ganti email yang lain.

Sejauh ini yang saya tes, lancar-lancar saja. Dan hasil tes menunjukan bahwa DMARC untuk email server saya lolos. Pengirim ke Yahoo! pun belum ada masalah sejauh ini.

Yang saya baca sepintas, DMARC udah bisa dipenuhi walau cuma dengan SPF dan DKIM (CMIIW).
Kalau memang SPF DKIM udah dipasang, tapi DMARC tidak lolos, harus pasang TXT record aja.

SPF dan DKIM untuk setiap akun sudah saya aktifkan.
Tapi kalau saya baca kalau kita harus bikin SPF, DKIM dan TXT record custom khusus untuk email yahoo ya?
Kalau bikin 1 per 1 akun sih bisa kecapean.

Di Cpanel ada yang minta bikin fitur pembuatan SPF, DKIM dan TXT record secara global:
http://features.cpanel.net/responses/dmarc-config-in-email-authentication-section
 
Status
Not open for further replies.

Top