Bagaimana cara upload prestashop dari localhost ke internet?

Discussion in 'Web Hosting' started by mambamaestro, Oct 8, 2009.

  1. mambamaestro

    mambamaestro Beginner 1.0

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Friends,
    Dikarenakan pertimbangan efektivitas dan biaya yang lebih mahal kalo harus menginstall dan memasukkan item barang satu persatu secara online, maka saya berinisiatif untuk menginstall dulu prestashop di localhost/offline, kemudian setelah mempermak habis-habisan dan memasukkan data-data ke prestashop di localhost/offline, baru saya mengupload nya ke webhosting dengan filezilla. Saya sudah menduga, mestinya hal tersebut tidak bisa berjalan dengan mudah dan membutuhkan beberapa perubahan setting koneksi. But saya berpikir, tidak mungkin perancang prestashop tidak memikirkan apa yang hendak saya lakukan, karena memang hal tersebut jamak terjadi, testing dan input data dilakukan secara offline, stelah lengkap baru di upload di internet. Mestinya bisa berhasil.

    Setelah selesai input data dan test di localhost, saya ingin membuktikan secara offline dulu, bahwa hasil kopian file-file install-an prestashop bisa langsung di-tancapkan di localhost lain dengan perubahan kecil setting di \prestashop\config\settings.inc.php dengan nama sub domain yang berbeda. Dan ternyata sukses!

    Kemudian, dengan menganalogikan test upload installan prestashop saya di localhost yang lain, saya mencoba upload ke internet. Saya telah membeli domain name di internet dan menggunakan webhosting gratisan byethost.com, sebelumnya saya telah sukses menginstall prestashop di byethost.com , cuma karena test dan input data secara online relatif lebih lambat, maka cara ini saya tempuh. Berikut ini hasilnya,

    1. pada skenario yang pertama, saya kopikan secara langsung file2 localhost ke byethost.com,dan kemudian database saya import, saya ubah beberapa setting settings.inc.php menyesuaikan koneksi host database dan direktori rootnya. Ternyata gagal. Saya coba beberapa modifikasi, hasilnya tetep nihil. salah satu pesan errornya "Bad SubDomain SQL query!"

    2. Saya pikir saya salah merubah setting pada file-settings.inc.php-nya. Saya sukses mengedit file tersebut pada test localhost pada komputer lain, mungkin untuk online settignnya saya lain. Saya coba menginstall prestashop untuk domain gratisan .co.cc di byethost.com, saya test di browser, hasil installan tersebut sukses untuk domain .co.cc. Saya lihat settings.inc.php domain .co.cc tersebut agar dapat melakukan penyesuain di file-settings.inc.php-nya domain .com saya. Dan Gagal!.

    3. Saya mulai berpikir, kesalahan tidak terletak di konfigurasi settings.inc.php nya, mungkin ada informasi koneksi yang tersimpan di database yang perlu disesuaikan. Saya dump database mysql prestashop baik dari .co.cc dan .com saya, ternyata konfigurasi koneksi host dan database tidak disimpan di database mysql prestashop. Jadi isi database tidak menentukan setting koneksi host atau databasenya. Wah!

    4. Saya mulai berpikir, konfigurasi setting tidak hanya disimpan di settings.inc.php, melainkan ada file-file konfigurasi lain yang tidak saya ketahui. Akhirnya saya coba skenario ke empat. Saya hapus seluruh file di byethost.com untuk domain .com saya, saya install prestashop secara online, khusus untuk /img/ saya ganti dengan hasil installan saya di localhost, kemudian saya test di browser, dan bisa jalan normal. Namun karena database nya masih murni dari installan, produk2 saya belum bisa tampil. Kemudian saya hapus database nya, saya ganti dengan database saya dari localhost. Dan ..... GAGAL. Pesan "Bad SubDomain SQL query!" masih muncul.

    Nah temen-temen, ada yang bisa memberikan solusi? Saya sudah tanya ke paman google, rata-rata resultnya cuma tutorial menginstall prestashop secara online. Tidak seperti yang saya maksudkan. Ada beberapa di forum resmi prestashop dibahas sedikit, namun masih tidak bisa.

    Ada temen-temen yang dapat memberikan solusi?

    Trims!

    mambamaestro[at]gmail.com
     
  2. indra.kurniawan

    indra.kurniawan Beginner 1.0

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bisa lihat tampilan errornya secara lengkap nggak? sapa tau bisa membantu :confused:
     
  3. jr-webhost

    jr-webhost Expert 1.0

    Messages:
    409
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Jangan terlalu banyak mikir bro :)
     
  4. diansastro

    diansastro Poster 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    pake hosting yg byr aja bro, biar bisa dibantu sama yg punya hosting.

    disini bnyk yg nyediain hosting 10 rb /bln..yg 4 rb / bln jga ada tuh :D..liat2 aja deh..
     
  5. mambamaestro

    mambamaestro Beginner 1.0

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sudah ketemu.

    saya tulis di blog saya :
    http://altaifa.wordpress.com/2009/10/14/upload-prestashop-dari-localhost-ke-internet/


    Jadi saya nembak langsung ke database nya. jadi untuk database produk di-internet, tabel-tabel produknya harus di-update sesuai dengan database localhost kita. rincian tabel yang harus diupdate ada pada tulisan saya di blog tsb.

    Caranya?
    saya me-dump tabel-tabel saya di localhost menjadi perintah SQL. Kalo Anda menggunakan database manager, biasanya hasil dumpnya telah ada perintah DROP nya pada tabel-tabel yang di-dump. Kemudian tinggal execute aja di byethostnya (mysql server di hosting kita).

    Bagaimana dengan gambar2 produk yang ada di localhost? tinggal kita upload aja memakai FTP Client (saya menggunakan Filezilla) sesuai dengan foldernya. Tanpa merubah name nya (name otomatis di-generate oleh prestashop).

    Sekian semoga membantu.
     

Share This Page