Bagaimana Meningkatkan Perceived Value Produk Anda di Mata Konsumen

Discussion in 'Berbisnis di Internet' started by exabytes-id, 2 Apr 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Perceived value adalah nilai/value dari suatu produk di benak konsumen.

    Jujur saja: 95% dari semua produk yang ada, memiliki karakter yang sama, jika ada perbedaan pun, tidaklah signifikan. Walaupun banyak produk terlihat mirip dan sama satu sama lain, terkadang harganya bisa berbeda jauh. Jadi, pertanyaannya adalah mengapa banyak orang bersedia membayar lebih untuk produk yang dasarnya memiliki kemiripan dengan produk lainnya yang lebih murah? Ini tentang nilai produk atau perceived value di mata konsumen.

    Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan perceived value:

    1. Naikkan Harga Produk

    Konsumen khususnya yang berasal dari Amerika, percaya jika harga yang mahal atas sebuah produk, berarti kualitas dan nilai atas produk tersebut juga bagus. Tapi, untuk ini, Anda harus benar-benar memastikan jika uang yang telah konsumen keluarkan bisa sepadan dengan kualitas produk yang Anda jual. Karena jika mereka mendapatkan produk yang buruk dengan harga tinggi, simpulannya mudah saja: mereka tidak akan pernah membeli produk Anda lagi.

    2. Tawarkan Garansi/Jaminan yang Kuat dan Meyakinkan

    Buat garansi produk Anda selama 60 hari lamanya, dengan jaminan uang kembali berlipat ganda jika kualitas produk Anda tiak sesuai dengan yang dikatakan. Bukankah hanya produk yang mengagumkan dan berkualitaslah yang berani melakukan hal ini?

    3. Beri Beberapa Bonus

    Mungkin Anda pernah mendengar mengenai stereotip terhadap iklan/promosi yang muncul pada larut malam dan sore hari. Dimana seorang salesman mempromosikan produknya dengan berkoar-koar dan terdengar menjengkelkan bagi Anda. Mereka memberitahu Anda seberapa hebat produk yang mereka jual, serta mengatakan pada Anda, jika Anda membeli produk mereka, mereka akan menawarkan banyak bonus-bonus nantinya.

    Sesungguhnya, cara promosi penjualan produk dengan bonus sangatlah baik, meskipun itu kerap mengganggu. Namun pada umumnya penawaran bonus-bonus bagi konsumen Anda akan sangat membantu peningkatan penjualan Anda.

    4. Promosikan secara Optimal Fungsi Produk yang Anda Jual

    Ketahuilah, orang tidak membeli sekop hanya karena orang itu suka dengan warnanya. Orang membelinya karena kegunaan benda tersebut , yang mampu membantu menggali lubang di tanah.

    Dan, semakin Anda bisa menjual fungsi produk Anda kepada konsumen, akan semakin bernilai produk Anda di mata konsumen. Dan, ketika Anda mengiklankan produk Anda, bahas tentang bagaimana produk Anda sangat bermanfaat dan dengan mudah bisa menyelesaikan kesulitan yang konsumen hadapi.

    5. Cantumkan Harga Produk dengan Cara Berbeda

    Jika Anda menjual produk dengan harga mahal, coba cara kreatif untuk menyatakan harga produk Anda dengan cara yang berbeda.

    Misalnya, “Hanya dengan harga seperti ini, Anda sudah bisa mendapatkan (uraikan sederetan kelebihan produk Anda yang bisa menguntungkan konsumen jika membelinya)”. Terkadang, cara seperti ini membuat harga produk tak terlihat mahal lagi.

    6. Yang Anda promosikan adalah hasilnya / resultnya, bukan prosesnya, kalau bisa dengan testimoni

    Apakah produk Anda berhasil membuat orang menurunkan berat badannya, mengurangi rasa sakit, atau membantu orang untuk mendapat keuntungan? Anda bisa mengatakan itu semua pada konsumen Anda, tapi konsumen Anda akan lebih percaya jika itu dikatakan oleh orang lain – bukan hanya Anda.

    Jadi, Anda membutuhkan sejumlah testimonial baik dari banyak konsumen yang telah memakai produk Anda, serta tanyakan pada mereka, apa saja keuntungan yang telah mereka dapatkan dari produk Anda.

    Meningkatkan nilai/kualitas produk Anda adalah suatu hal yang penting, tak hanya bagi Anda, tapi juga konsumen Anda. Pastikan juga semuanya berjalan baik dan jujur, maksudnya, Anda harus bisa memastikan jika kualitas dan nilai produk Anda sebanding dengan harga yang Anda minta.

    sumber: http://startupbisnis.com/cara-menjual-produk-bagaimana-meningkatkan-perceived-value-produk-anda-di-mata-konsumen/
     
    Last edited by a moderator: 24 May 2015
    ALV Cyber likes this.
  2. Nodesector

    Nodesector Poster 2.0

    Messages:
    153
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    untuk poin pertama itu sebenarnya bisa dikatakan relatif tergantung dengan target pasar :)
     
  3. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    mmg c tergantung harga pasaran.. tp setidakny kita bs maen" dlm harga :)
     
  4. Rail Media

    Rail Media Apprentice 1.0

    Messages:
    295
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Untuk harga orang indonesia masih sangat sensitif :)
     
  5. atria

    atria Apprentice 1.0

    Messages:
    243
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Untuk di Indonesia, bukannya harga murahya yang dicari?
    Mungkin beda tempat, beda strategi ya. :)
     
  6. pangeran1995

    pangeran1995 Hosting Guru

    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    63
    di indonesia rata2 pengennya
    murah, layanan bagus, produk kualitas tinggi
    kek saya :D
     
  7. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    mmg bner kalao org indo c.. kalao namanya harga murah, pasti byk yg membeli atapun da gratisan jg... pasti mendapatkan hasil sales yg banyak nich :D
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    tp kbykan c lbh memilih harga murah c.. tp bner jg tiap tempat mmg beda strateginya.. kita harus membuat startegi yg bagus utk mendapatkan hasil yg bagus nich
     
  9. Rail Media

    Rail Media Apprentice 1.0

    Messages:
    295
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Harus kreatif juga Tuan :D
     
  10. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,948
    Likes Received:
    615
    Trophy Points:
    113
    yg terpenting "bagaimana caranya produk kita lebih menarik di mata calon konsumen", kalau calon konsumen sudah tertarik walaupun harganya berbeda pasti tidak akan lari ke tempat lain...
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...