Berhati2 colocation

Discussion in 'Dedicated Server dan Colocation' started by hostingceria, 8 Jun 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hostingceria

    hostingceria Expert 1.0 Web Hosting

    Messages:
    673
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    berhubung baru mengalami kejadian tidak menyenangkan, jadi sekalian saya sharing deh supaya yang lain ga sampai kejadian juga.

    Kemarin malam ceritanya saya reboot server dan kondisinya nyangkut tidak ada respon setelah 30 menit, setelah itu saya minta hard reboot dilakukan, tapi ternyata 2 jam ga ada kabar, orangnya ternyata langsung ke dc untuk reboot. Kondisi pada saat itu jam 11 malam, menurut saya 2 jam kesana ga wajar karena seharusnya jalanan sudah sepi sekali, apalagi kalau naik motor.

    Jadi singkat cerita setelah ada laporan balik diberitahu bahwa servernya tidak bisa hidup karena ada bunyi bip 2x, waktu saya minta cek vganya orangnya bilang vganya sudah integrated. Disini saya udah curiga karena waktu saya beli seingat saya sudah saya pasang vganya (tidak integrated). Malamnya saya browsing manual booknya dan bip 2x artinya vga bermasalah.

    Besoknya saya jalan ke DC turun tangan langsung, jam 10 sampai DC saya lihat kondisi server sudah bikin kagetan, kenapa? Karena casingnya sudah dibuka total kiri kanannya + VGAnya hilang! :mad: :mad:

    Wajar saja ga bisa hidup, VGAnya ga ada gimana mau jalan? Saya tunjukin juga bahwa lobang PCI-E sudah bolong karena taruh VGA disana, masa bisa hilang begitu VGAnya, staffnya malah bilang dari awal sudah begitu, ga ada VGAnya. Saya kasih bukti saya pasang VGA cadangan dan baru mau jalan, ketika saya lepas, tidak bisa jalan.

    Pada intinya akhirnya saya ga mau ambil pusing, saya pasang VGA cadangan, saya beresin lagi semua supaya servernya up kembali secepatnya.

    Bisa saja minta rekaman CCTV untuk cek siapa pelakunya, tapi kalau pelakunya orang internal DC sendiri mereka mana mau bukain? Saya sudah telp ownernya providernya colo saya server saya itu dan sudah deal untuk penggantian rugi, tapi saya minta berbentuk cash saja, bukan barang tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya.

    Ini buat pelajaran saya saja, lain kali kalau mau beli casing usahakan yang secure saja, minimal ada lobang kunci atau gembok kalau DCnya ga jelas atau ga ada jaminan.

    Usahakan juga setiap kali serah terima server, kopian spesifikasi server anda simpan baik - baik untuk bukti klaim kalau ada komponen hilang. Kalau perlu tambahkan foto internal server juga supaya lengkap buktinya.
     
    Uzack12, nicosoftmedia, rendy and 2 others like this.
  2. voezie

    voezie Hosting Guru

    Messages:
    1,771
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    widih... serem amat Tuan ampe kayak gitu... kasus pencurian itu namanya Tuan... cabut VGA kan pasti ada down time ? coba di lihat catatan down time nya kapan saja bisa di selidiki tuh...
     
    remajahost likes this.
  3. vishualhost

    vishualhost Expert 2.0

    Messages:
    813
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    penyedia colonya dimana bro biar jadi masukan agar lebih hati2, pernah jg kejadian cm ga separah itu sih paling stiker timbul intel pada ilang di casing di keletekin orang iseng , kl saya vga sampe hilang gt dah ngamuk2 :D .

    BTW biasanya saat serah terima server memang ga ditulis spek servernya dan isi servernya apa saja ya bro, coz aku colo biasa suruh isi form daleman servernya apa saja berikut merk nya jd klo ada kehilangan kita ada bukti kuat juga buat nunjukin isi daleman part server kita
     
  4. BikinDesainSitus

    BikinDesainSitus Hosting Guru

    Messages:
    1,427
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    waduh.. Rugi (materi, tenaga dan waktu) kita kalao ada yang ilang. coba kalu yang ilang RAM.
    boleh sebutin dimana itu ? setidaknya biar yang lain ati2
     
  5. cpserv

    cpserv Expert 1.0

    Messages:
    866
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    43
    by pm juga boleh. :D saya juga tertarik mau tau colo-nya dimana.. thanks for sharing.. ;)
     
  6. hostingceria

    hostingceria Expert 1.0 Web Hosting

    Messages:
    673
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Masalahnya sebelum kejadian itu server saya memang kebetulan down karena nyangkut di reboot itu, jadi saya yakin kejadiannya pasti pada saat saya minta hard reboot itulah ada sentuhan langsung ke fisik server, entah dari orang DC atau dari provider colonya yang memang nakal.

    Ada formnya koq, cuma sayang sekali waktu itu saya ga ingat simpan dimana, tapi sekarang2 ini setiap form seperti itu selalu saya simpan baik - baik, memang sudah jaga2 kalau ada apa2.

    RAM atau VGA hilang itu udah kebangetan, udah gelep mata sekali staffnya lihat barang bukan barang mahal begitu saja ditilep juga, apalagi kalo liat yang keren/branded? bisa hilang ga berbekas servernya kali.

    Saya ga ada niat untuk menjelekkan provider tersebut karena tujuan dari thread ini adalah untuk himbauan keamanan server colocation saja, tapi kalau memang ada yang bener2 penasaran lebih baik via pm saja.
     
  7. teguhaditya

    teguhaditya Poster 2.0

    Messages:
    157
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    bisikin dong bro via PM, pengen tau juga.
     
  8. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Hmmmm... it's worried. bener2 deh kebangetan yaa...
    makasih sdh sharing dan mengingatkan kita..
     
  9. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    ehm.. kalau ownernya sendiri ngga mau mengungkapkan pelakunya, saya rasa saatnya pindah tempat mas..
     
  10. hostingceria

    hostingceria Expert 1.0 Web Hosting

    Messages:
    673
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    owner dari providernya saya ga tahu apa2 mas, dia malah ikutan kaget dengan kasus itu, tapi kalau dengan DCnya saya ga mau ikut campur, kalo tambah melebar masalah ya payah ntar.

    coba nanti saya follow up lagi tindak lanjutnya tentang ganti ruginya.

    udah pengen pindah dari dulu cuma belum nemu yang colo terjangkau & bisa pakai lebih dari 16 IP per server :p
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...