Bingung Memulai Bisnis Hosting

Discussion in 'Dedicated Server dan Colocation' started by PPNZ.Org, 29 May 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. PPNZ.Org

    PPNZ.Org Poster 2.0

    Messages:
    106
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Sobat.., Terus terang saja, pengalaman saya sedikit tentang Colocation, VPS atau dedicated server. Yang telah kami jalankan selama ini hanya sebagai Reseller Hosting saja.

    Beberapa hari yang lalu saya telah terlanjur membeli Computer Server Merk Acer Altos T110 F3 berbentuk tower, seharga sekitar 8,9 jt di Hi Tech Mall Surabaya pas lagi promo, Setelah membeli saya jadi menyesal dan bingung mau saya apakan computer ini ?? Saya ingin mencoba membuat colocation di rumah sendiri, kupikir-pikir biaya terlalu mahal, mau saya titipkan tapi biaya sewa rack terkecil sekitar diatas 1,5 juta/bln, maklum sobat sebab pelanggan saya banyak yang kabur pindah ke tempat lain. Ya sudahlah nasi sudah menjadi bubur, mau diapakan lagi. Mungkin ada sobat disini yang dapat membantu menyediakan rack untuk titip komputer server saya, tapi dengan harga termurah, kalau bisa dibawah 1 jutaan lah...he..he.., Oke sobat, disini saya ada beberapa pertanyaan saya perlu sobat jelaskan :

    Pertanyaan Pertama : Oke sobat, disini saya mau tanya tentang kualitas dari komputer Server Merk Acer Altos T110 F3 ; Processor Intel Xeon E3, Memory 2GB, HDD 1 TB, apakah bisa dijadikan server yang handal ??? Terus bagaimana spesifikasi komputer server yang standart ? Sebab saya keliling di Hi Tech Mall Surabaya hanya menemukan komputer seperti ini saja. Sebab saya baca di beberapa thread di DWH ini server sobat-sobat bagus sekali, saya jadi merinding. ada supermicro dan lainnnya.

    Pertanyaan kedua, apakah cukup dengan menggunakan Xampp dg webserver speddy kita bisa menjual hosting ??? Maksud saya, tidak menggunakan WHM/Cpanel. Atau adakah cara lain untuk membangun dan menjual web hosting dengan komputer sendiri, mohon tips ringannya

    Pertanyaan Ketiga: Saya ingin membangun colo di rumah dengan menggunakan OS Windows, gimana caranya ?? dimana saya dapat tutorialnya step by step ?? Software platform windows apa saja yang perlu kami persiapkan ??? Kalau bisa software yang free ?? Oh ya katanya juga perlu anti virus segala ya.., apa anti virus yg cocok untuk platform windows

    Makasih sobat...
     
    Last edited: 29 May 2015
  2. Plasawebs

    Plasawebs Apprentice 2.0

    Messages:
    488
    Likes Received:
    65
    Trophy Points:
    28
    Seperti Anak sekolah yang mau Ujian saja ada pertanyaan-pertanyaan
     
  3. mas.satriyo

    mas.satriyo Expert 2.0

    Messages:
    963
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    43
    coba jawab sedikit mas

    Pertanyaan pertama : bisa mas
    untuk referensi, coba cek provider dedicated, trus liat spek server yg dijual. Banyak kok yang pake Xeon E3
    tapi yg saya tau kalo pake E3 biasanya RAM >4GB + 2 HDD RAID 1 (misal 2x 1TB)

    Pertanyaan kedua :
    kalo gak mau pake pake WHM/Cpanel bisa pake alternatif lain, misalnya Kloxo-MR (perlu OS Centos)
    shared hosting pake speedy keliatannya kurang menjanjikan
    upload : download speedy kan +/- 1:4, lagipula maksimal bandwidth kecil dan gak ada garansi bisa fullspeed
    pernah pake astinet (1:1) tapi mahalnya minta ampun, supportnya buruk, dan seperti biasa speed yg dijanjikan cuma janji belaka (halah)

    Pertanyaan ketiga :
    colo berarti perlu resource yg redundant
    setidaknya listrik (ada backup kalo listrik mati, UPS + Genset lah minimal), koneksi internet yg redundant lebih baik, sirkulasi udara yg baik (biar server gak kepanasan)
    untuk aplikasi di server windows tunggu senior2 aja
    saya belum pernah buat server pake windows, kalo pake GNU/Linux sudah beberapa kali tapi hanya untuk keperluan personal/internal

    cmiiw
     
  4. masiqbal

    masiqbal Expert 2.0

    Messages:
    865
    Likes Received:
    249
    Trophy Points:
    43
    Melengkap jawaban dari @mas.satriyo
    1. Server sekuat apa tergantung beban yang ditanggung. Jadi yang perlu diperhatikan kira-kira adalah, berapa domain yang akan ditampung, berapa jumlah pengaksesnya, seberapa berat script di dalamnya.
    2. Menurut saya xampp kurang cocok untuk production. Hanya cocok untuk development saja. Jika ada kendala di Biaya lisensi, mungkin bisa pakai yg gratis seperti virtualmin, ispconfig, dll.
    3. kalau pakai windows, Lha windows nya sendiri aja bayar...
     
  5. mas.satriyo

    mas.satriyo Expert 2.0

    Messages:
    963
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    43
    trims @masiqbal atas tambahannya
    sekalian nanya
    kalo lisensi Windows Server dari Dreamspark (Student License-nya mikocok) untuk server komersil boleh gak ya?
    dua bulan yg lalu saya sewa dedi, install windows server 2012, terus license saya pake yg dari dreamspark itu tadi
    jalan normal sih, ga ada limitasi

    tanya ke sys-admin di kampus tapi dia gak paham mengenai limitasi dreamspark untuk komersil, katanya kalo emang bisa jalan normal 'mungkin' boleh dipake untuk apa aja
    email ke mikocok indonesia belum dibalas sampe sekarang
     
  6. SulisSoft

    SulisSoft Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,267
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    sama saudara gak boleh gitu :D
     
    pluto01 likes this.
  7. masiqbal

    masiqbal Expert 2.0

    Messages:
    865
    Likes Received:
    249
    Trophy Points:
    43
    Gak boleh. Di License Agrement jelas disebut tidak boleh buat komersial.
    Dari Dreamspark.com: You may only use the tools and software from DreamSpark to get ahead in school, develop new skills and take steps in research in science, technology, engineering or mathematics. You can review the license agreement for more details.
     
    Effendi and pluto01 like this.
  8. Bli Krisna

    Bli Krisna Apprentice 1.0

    Messages:
    354
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    @SulisSoft hehe hadir juga ah, saya izin nyimak dulu :)
    ilmu belum sampe kesini
     
  9. Nina Prasetyo

    Nina Prasetyo Expert 2.0

    Messages:
    970
    Likes Received:
    277
    Trophy Points:
    63
    1. Handal atau tidaknya server, dilihat dari perbandingan spesifikasi dengan aplikasi yg dijalankan. Acer Altos tsb, saya juga menggunakannya utk salah satu NGO sebagai mail-server dan website-nya. Tetapi kalau hendak digunakan sebagai shared hosting (jualan hosting), sama sekali tidak direcommendasikan kalau dengan spesifikasi spt itu.

    2. Xampp tidak didesain untuk multi-user/multi-tenancy seperti shared hosting. Bila ingin jualan hosting tidak dengan WHM/CPanel, bisa menggunakan CP-CP yang gratis, semisal Virtualmin, Kloxo-MR, ISPConfig dst.

    Mengenai koneksi speedy, TIDAK disarankan. Alasannya :
    a. Koneksi speedy itu koneksinya Asimetris (Uplink dan Downlink tidak sama bandwidth-nya).
    b. Perbandingan bandwidth-nya tidak 1:1 alias di shared dengan ratusan client speedy lainnnya.
    c. IP Public-nya dynamic. (kalaupun static, mudah berubah juga kl ada maintenance DSLAM/GPON/MSAN.

    3. Membangun colo artinya membangun datacenter. Membangun colo/datacenter di Gedung grade A (superblock) saja banyak pertimbangannya, apalagi hendak membangun di rumah sendiri. Byk faktor dan aspek yg harus diperhatikan.

    Pertanyaan selanjutnya, membangun colo windows. Maaf, saya ngga faham maksud fungsi dan tujuannya.
    a. Bila maksud dan tujuannya adalah membuat webhosting menggunakan windows, tentu saja yg harus dibeli adalah OS Windowsnya.
    b. Kemudian CP untuk Windows yang gratis adalah WebsitePanel (http://www.websitepanel.net).
    c. Lalu tentu saja Windows memerlukan antivirus, kalau yg gratis, saya biasa pakai (recommended) BitDefender (http://www.bitdefender.com/solutions/free.html)

    Semoga membantu dan bermanfaat .. ;)
     
    Effendi, SulisSoft and pluto01 like this.
  10. seowaps.com

    seowaps.com Poster 1.0

    Messages:
    61
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Luar biasanya ulasannya...:41::113:
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...