Fasilitas CPanel untuk instalasi Joomla

Discussion in 'Web Hosting' started by oimparampampam, 5 Sep 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. oimparampampam

    oimparampampam Beginner 2.0

    Messages:
    61
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Jika Anda sudah pernah mendengar tentang joomla, belum tentu memahami langkah-langkah untuk instalasi joomla. Sebenarnya bukan hal yang sulit, namun sebagian orang tidak ingin direpotkan dengan masalah-maslaah tekhnis seperti ini ketika ingin memiliki sebuah website. Mereka tinggal menyewa seorang web developer dan memfokuskan diri untuk memikirkan content atau isi dari web yang ingin dibangun.

    Bagi Anda yang ingin mempelajarinya walaupun hanya untuk memperkaya pengetahuan saja, artikel berikut akan memberikan gambaran paling sederhana untuk instalasi joomla pada sebuah website.

    Hal pertama yang Anda butuhkan adalah hosting. Domain dan hosting adalah alamat dan rumah sebuah website, Anda akan melakukan instalasi joomla dengan tujuan untuk menghidupkan nama domain dalam ruang hosting yang Anda sewa. Pastikan perusahaan yang dipilih menyediakan paket hosting joomla karena akan berhubungan dengan pengembangan ke depannya ketika beberapa software harus ditambahkan ke dalam website. Perusahaan hosting akan memberikan akses ke cpanel yang Anda sewa.

    Selanjutnya adalah melakukan instalasi joomla melalui fasilitas yang diberikan oleh cpanel hosting tersebut.
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

    Login ke dalam cpanel dengan username dan password yang diberikan melalui email oleh penyedia hosting joomla.
    Pergilah ke fantastico dan lihatlah menu pilihan di sebelah kiri. Disana ada banyak pilihan cms yang dapat diinstall dengan cepat melalui fantastico.
    Pilihlah joomla 1.5 atau yang update yang terbaru. Lalu ikuti semua petunjuk yang muncul untuk instalasi joomla ke dalam web (domain yang telah diberikan ruang hosting).
    Perlu diketahui bahwa instalasi joomla bukan hanya dapat dilakukan dengan fasilitas cpanel. Bagi Anda yang tidak menggunakan layanan hosting dengan cpanel, dapat menggunakan progran ftp untuk mengunggah file joomla dan kemudian membuat sebuah database musql sehingga semua berfungsi dengan baik. Kelemahan cara ini adalah bahwa mereka sangat rumit dan membutuhkan ketelitian serta kesabaran untuk menunggu proses upload selesai. Jika koneksi internet yang Anda gunakan memiliki kecepatan yang kurang memadai, sebaiknya hindari memilih cara instalasi joomla seperti ini. #salam | sumber
     
  2. mixmaxspace

    mixmaxspace Hosting Guru

    Messages:
    1,235
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    48
    Selain Fantastico juga ada Softaculous lho... lebih banyak scriptnya :D
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...