Fenomena Alpha dan Master Reseller

Discussion in 'Bisnis Web Hosting' started by voezie, 5 Sep 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. voezie

    voezie Hosting Guru

    Messages:
    1,771
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Hallo Tuan,

    Ini adalah hari pertama masuk kerja bagi yang telah menjalankan libur lebaran 2011, sesuai denagn judul topik Fenomena Alpha dan Master Reseller, berikut ini yang sering dan banyak terjadi mengenai produk tersebut menurut pandangan saya sendiri tanpa bermaksud untuk provokatif atau menjelek-jelekan pihak manapun:

    1. Terjadinya price war produk alpha / master reseller, sehingga price war antara kedua produk tersebut juga memicu price war yang lebih luas dan merambah ke produk reseller dan shared hosting biasa, dampaknya adalah turunnya harga seluruh paket shared hosting secara menggila.

    2. Menciptakan kekeliruan customer tentang root, terkadang pemilik alpha / master reseller mengaku sebagai root karena bisa membuat account reseller, dampaknya tentu saja menciptakan pandangan customer bahwa untuk memastikan hoster itu adalah root, maka si hoster bisa menyediakan paket alpha / master reseller. Pernah saya sendiri mengalami ditanya customer "Tuan, koq ente cuma jual reseller? ente beli paket master reseller dimana?" :D padahal saya sendiri saat itu sudah menggunakan server sendiri, dan jawaban pamungkas saya adalah "web hosting besar seperti Godaddy.Com dan Hostgator.Com tidak menjual alpha / master reseller, demi menjaga keamanan dan stabilitas server"

    3. Merendahkan bisnis webhosting, dengan kehadiran produk alpha / master reseller maka para reseller hosting tidak pernah mau untuk lebih serius terutama dalam mengelola server, bahkan cenderung menggampangkan bisnis webhosting dengan one-man-show, padahal customer-nya sudah ratusan bahkan ribuan, kenapa bisa begitu? ya jelas, karena dengan menjadi alpha / master reseller tidak perlu lagi memikirkan stabilitas dan keamanan server, padahal bisnis webhosting sebenarnya harus memiliki pemahaman khusus, bukan bisnis asal-asalan.

    4. Tingkat tanggung jawab hoster semakin rendah, kenapa? contoh kasus jika pemilik akun master reseller yang kebetulan membelinya dari alpha reseller (bukan root), kemudian pemilik alpha reseller tersebut bermasalah (suspended / terminated / kabur) , apa yang bisa dijawab semua pihak terhadap tanggung jawab kepada konsumen ? tentu saja tidak ada satupun yang bisa bertanggung jawab! kalaupun bertanggung jawab, maka dalam hal pengembalian data itu sangat sulit. karena pihak customer tidak bisa langsung meminta tanggung jawab kepada root!

    Itu saja yang dapat saya sampaikan, saya bukannya kecewa / provokatif terhadap provider alpha / master reseller manapun, tidak dipungkiri juga bahwa saya sendiri dahulu pernah menggunakan produk master reseller selama beberapa bulan, tetapi pada akhirnya saya juga memutuskan untuk tidak menjual produk alpha / master reseller karna beberapa pertimbangan diatas tadi, mungkin ada pendapat lain ? siapa tau ada yang berpendapat dari sisi baiknya :D
     
  2. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    penjelasan yang bagus mas voezie..

    menurut saya ga ada salahnya sign up buat master/alpha reseller, toh harganya itu yang menarik orang..

    tapi yang penting adalah 'turning point' nya setelah bermasalah dengan master/alpha reseller.
    Apakah lari, ga bertanggung jawab, atau bertanggung jawab, refund money, contactable, cari server baru yang bagus, yang ga asal2an, itu baru 'jempol'
     
  3. vishualhost

    vishualhost Expert 2.0

    Messages:
    813
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    sebenernya nda ada bedanya antara master / alpha dengan reseller , bagi orang awam yg notabene cuma beli hostingan tanpa cek lebih dalam mereka tahunya ya dia pemilik server .

    justru dikembalikan lagi ke tanggung jawab dan profesionalisme provider itu sendiri , mau vps / dedicated sekalipun kita sewa klo diatas kita atau kitanya sendiri yg ga ada tanggung jawabnya maka case nya ya akan sama saja ga jauh beda ama yg namanya master / alpha dsb .

    jadi jangan berfikir jika kita sudah punya server sendiri maka ga akan kena dengan masalah seperti itu , usaha ini sifatnya berantai , tanggung jawab serta profesionalisme yg jd patokannya .
     
  4. tokohosting

    tokohosting Expert 1.0

    Messages:
    619
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    oh kasus di trit sebelahnya?...

    sebenarnya saya bingung disini... kalau ada master reseller dan alpha reseller, root (pemegang server) boleh campur tangan ke masalah ini atau tidak ya sebaiknya?
     
  5. voezie

    voezie Hosting Guru

    Messages:
    1,771
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    trit sebelah mana Tuan ? yang agak-agak jelas gitu donk Tuan... ;)
     
  6. tokohosting

    tokohosting Expert 1.0

    Messages:
    619
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    sebelah itu tuhh.. hehehe.. ogah bos pasang link nanti dikira bersenang senang diatas penderitaan, kalau orangnya datang.. soalnya kata kata jitu nya itu... :43:
     
  7. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Yup, saya sih cenderung lebih setuju aja.. terutama dari text yg di Bold di atas, demi untuk menjaga keamanan dan stabilitas server.
    Terlepas semuanya memang dikembalikan lagi kepada provider nya.. diharapkan ya profesional dan bertanggungjawab.. :)
     
  8. m_rizki_r

    m_rizki_r Beginner 1.0

    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Intinya tanggung jawab dan professional....setiap orang tentunya belum tentu memiliki kemampuan untuk memiliki server sendiri dan menyewa bandwidth.
     
  9. andhi

    andhi Hosting Guru

    Messages:
    1,678
    Likes Received:
    132
    Trophy Points:
    63
    mau alpa, master, atau beta hehehe yang penting tanggung jawab, dan profesional itu saja sih :cool:
     
  10. Jikajik69

    Jikajik69 Beginner 2.0

    Messages:
    41
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Yap 80% saya stju,.
    1 bulan yang lalu saya membangun usaha hosting dengan akun 2 akun master reseller saya (Neth, IIX) saat itu yg order cuma tmen2 satu sekolah, buat ikutan lomba TIK (Biar dapet Sertifikat hehe) tp saat akhr bulan kmaren pas smua client saya hbs masa order, saya memutuskan untk beralih memakai VPS yah walaupun cuma spesifikasi menengah :D, nah kmarin ada cal0n client yg nanya, yg intinya knpa 1bln kmaren jual 3 server k0q sekarang cm 1 server. Saya jawab apa adanya, dan akhrnya dya malah Order langsung, :D . . Skrg lg nyelesein 1 server lg buat 2 client saya org adsen*e-i* yg mau di gunakan utk Auto2an :D ,hehe.


    sekalian numpang curhat. .. :D
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...