help Install GD image library

Discussion in 'Masalah Teknik dan Keamanan' started by djawir, 25 Oct 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. djawir

    djawir Poster 1.0

    Messages:
    99
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    hallo,

    minta bantuan dong step install GD image library di dedicated server
    CentOS 5, php 5.2.5, apache 2.0.63

    install lewat yum hasilnya gini
    Code:
    Setting up Install Process
    Parsing package install arguments
    Package gd - 2.0.33-9.4.el5_1.1.i386 is already installed.
    Nothing to do
    
    tapi di phpinfo gak nongol2 juga :confused:

    di cek dari php -m juga gak ada
    Code:
    [PHP Modules]
    apc
    bcmath
    calendar
    ctype
    date
    dom
    filter
    ftp
    hash
    iconv
    imap
    json
    libxml
    mysql
    pcre
    posix
    Reflection
    session
    SimpleXML
    sockets
    SPL
    SQLite
    standard
    tokenizer
    xml
    xmlreader
    xmlwriter
    zlib
    
    [Zend Modules]
    
    udah mentok neh gak nemu2 cara install nya, mohon bantuanya
     
  2. tajidyakub

    tajidyakub Apprentice 1.0

    Messages:
    379
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Code:
    yum install php-gd
    Lengkapnya kalau lewat yum (LAMP), silahkan dipilah sendiri berdasarkan kebutuhan

    Code:
    yum install gettext httpd mysql mysql-server perl php php-mysql php-xml php-imap php-mbstring php-mcrypt php-pecl-Fileinfo php-pecl-memcache php-pear-DB php-pear-File php-pear-Log php-pear-Mail-Mime php-pear-Auth-SASL php-pear-Date php-pear-HTTP-Request php-pear-Mail php-pear-Net-Sieve php-pear-Net-Socket php-pear-Net-SMTP openssl perl-Net-SSLeay php-devel gcc gd php-gd
    link tutornya bisa dilihat disini.
     
  3. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    kalo pake cpanel, php-gd di-handle sama cpanel, coba liat 'apache update'
     
  4. pemula_web

    pemula_web Apprentice 1.0

    Messages:
    288
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    mkasih infonya
     
  5. djawir

    djawir Poster 1.0

    Messages:
    99
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    gd udah terinstall tapi kok belum mau ke load ya?

    Code:
    # rpm -qa | grep php
    php-common-5.1.6-20.el5_2.1
    php-gd-5.1.6-20.el5_2.1
    
    di /etc/php.d/ udah ada file gd.ini isinya extension=gd.so
     
  6. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  7. tajidyakub

    tajidyakub Apprentice 1.0

    Messages:
    379
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    CentOS 5.2 Menggunakan yum php nya 5.1.6,
    berarti sempet kompil sendiri mungkin php / apachenya?
     
  8. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    ^^ yup betul, bawaan standar CentOS 5.2 (pre-compiled binary dgn yum atau rpm) adalah php 5.1.6 dan apache 2.2.3

    sdgkan php 5.2.5 dan apache 2.0.63 adalah bawaan standar cPanel 11 saat ini, yg jika ingin dikonfigurasi ulang harus lewat easyapache (kompilasi dari source), WHM->Apache Update atau /scripts/easyapache lewat SSH.
     
  9. tajidyakub

    tajidyakub Apprentice 1.0

    Messages:
    379
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Agak aneh juga, soalnya kalau cpanel based seharusnya otomatis *php masuk ke exclude list di yum.conf.
     
  10. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63

    Cpanel based mah dari apache update,
    harus compile ulang
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...