(HELP)Setelah kena hack, pindah hosting, website gue hilang dari google.

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by fxindo, 5 Apr 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. fxindo

    fxindo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Guys, minta bantuannya dong. website gue barusan ini kena hack. Ada beberapa file gambar yang disusupi script mengganggu. Tapi semua file yang terinfeksi script itu semuanya udah gue hapus, dan gue upload file2 lama dari back up. Setelah pindah hosting dan kembali online, ternyata web gue menghilang dari google. biasanya sih klo aku ketik beberapa keyword, langsung muncul. tapi skr tidak muncul, walaupun gue ketik url lengkap. tapi halaman lain masih ada di google. Cuma halaman index aja yang hilang. Di yahoo, walaupun peringkatnya untuk keyword2 penting turun drastis, tapi masih terindex.

    Gue pikir sih, dari segi website gue sendiri, tidak ada alasan kenapa menghilang dari google. Dan klo pun sempat menghilang, khan seharusnya kembali di crawl / di index sama google. Gue jg udah cek di google website tool, dan hasilnya tidak ada faktor yang menghalangi web gue di crawl google. Karena memang tidak ada perubahan signifikan dari kondisi web lama gue sebelum di hack. Gue cek PR juga masih tetap sama.

    Ada yang bilang ini akibat ganti hosting. Apa bener? Katanya hosting baru disarankan agar me-restart DNS (bind). Hosting gue yang baru sih kayaknya enggan melakukan restart DNS, katanya takut berpengaruh terhadap semua web yg hosting ke dia. Emang, apa efek restart DNS server itu bisa menganggu? Karena gue jg sempat tanya ke seorang hosting provider, katanya sih restart Dns itu pengaruhnya malah bagus untuk website, yaitu menata ulang. yang mana yang bener?

    Ada yang pernah mengalami kejadian serupa? mohon bantuan/solusinya dong.

    Thanks before :)
     
  2. Bforce

    Bforce _ DWH Admin Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,420
    Likes Received:
    305
    Trophy Points:
    83
    Saat ini website anda bisa diakses dari mana2? termasuk oleh google dll? Bila ya, boleh kesampingkan dulu soal restart DNS.

    Pindah hosting melibatkan perubahan name-servers (NS1.webhostanda.com, dstnya), perlu waktu propagasi. Mungkin google belum merefresh cache dns lokalnya, dan tidak menemukan site anda di server/IP lama, lalu menganggap site anda down sementara. Biasanya setelah beberapa saat halaman yang hilang dari index tersebut akan muncul kembali.

    Untuk membantu, mungkin bisa mencoba submit kembali URL anda di:
    http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
     
  3. fxindo

    fxindo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Diakses sih bisa bro. Hanya saja tidak (atau mungkin blm?) terindex google, terutama halaman index-nya. Jika saya mengetik url lengkap web saya, yg muncul digoogle hanyalah halaman web yang lain, selain halaman utama. Misalnya www, website saya,/halamanlain.html. Jika saya mengetik ini di google:
    site:websaya,com, maka semua halaman web saya muncul, kecuali halaman utama (index)


    Saya pindah hosting udah sekitar 1 minggu lebih. Biasanya, brp lama waktu propagasi-nya yah bro? Halaman lain web saya kok masih bisa terindex google?

    Sudah sekitar 5 kali saya lakukan setelah kejadian ini bro.......

    Btw, saya baru saja menemukan fakta baru. Di yahoo, ketika saya ketik perintah : site:websaya,com, salah satu hasilnya keluar halaman index saya ketika masih di hack, yaitu tulisan: hacked by root-x@hotmail.com. Padahal web saya sudah saya update dan bisa diakses normal.

    Thanks, mohon petunjuk selanjutnya :)
     
    Last edited: 5 Apr 2008
  4. Bforce

    Bforce _ DWH Admin Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,420
    Likes Received:
    305
    Trophy Points:
    83
    Sabar........ :)
    Semua tidak tahu jadwal pasti refresh/update data2 di SE, kecuali staff di sana.
    Kadang halaman URL perlu 1-3 bulan baru muncul di index SE.
     
  5. fxindo

    fxindo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iya bro...saya jg memang agak kuatir klo2 web saya di banned sama google gara2 mengandung script yg menganggu dari hacker. maklum, saya khan tidak gitu mengerti ttg masalah SE :). mudah2an saja tidak dibanned.....

    Saya juga mau tanya satu hal lagi bro, yaitu ttg restart DNS. Apakah hal itu memang perlu dan bisa menjadi faktor tidak terindex-nya sebuah website setelah ganti hosting? Saya juga sedang dalam proses ganti registrar. Terus, apakah melakukan restart DNS itu juga beresiko? karena hosting baru saya keliatannya enggan melakukannya.

    Terima kasih banyak buat saran dan masukannya bro :)
     
  6. dharma

    dharma New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Isi situs Kantor Gue Hilang total di Hosting Microcyber.net

    Wah...itu sih bagi saya biasa kalo pihak pengelola ngulur-ngulur waktu (yang katanya pelayannya oke dan servernya uptime 99%). Kejadiannya website Kantor gw www.ditxxx.mil.id bisa langsung ngilang begitu aja...Pas gw tanya ke Pihak Microcyber.net malah dengan entengnya dia nanya "Memang ada domain itu ???" Ini Web Hosting Cap apa tuh ??? Walaupun gitu atasan gw tetap aja berusaha adem (padahal dongkol banget ke Microcyber.net Untungnya tdk marah-2 ke kita yang sering update data) Yang jadi ngeselinnya malah dia bilang "Website tersebut banyak SUB DOMAINNYA lah...Banyak Spam lah yang makan bandwidht 80%...Untung atasan gw orangnya sabar (walaupun sering dibohongin pihak Microcyber.net dikiranya org Microcyber.net atasan gw enggak ngerti komputer mungkin). Kesimpulannya instansi MIL.ID aja di buat seperti itu...apalagi yang lain.

    Terus IP nya diganti-2 terus lagi dengan alasan seperti diatas...Ada pencerahan atas masalah ini bos...
     
  7. tajidyakub

    tajidyakub Apprentice 1.0

    Messages:
    379
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Sepertinya tidak terkait antara permasalahan dengan solusi restart DNS, dns authoritative domain akan selalu fresh apabila ditanya oleh resolver, oleh karena itu juga mungkin provider anda enggan melakukannya ....

    Kalaupun ada DNS yang harus direstart adalah DNS milik ISP anda, untuk mempercepat proses propagasi domain..

    Mengenai yahoo dan google menurut saya tidak usah terlalu khawatir, search engine memiliki mekanisme sendiri (masing-masing) untuk melakukan update terhadap content setiap situs ...

    Mungkin bisa dipercepat kalau digoogle misalnya anda menggunakan fasilitas web master tools dan submit sitemap situs anda.
     
  8. ianlubis

    ianlubis Beginner 1.0

    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menurut saya sih nyang namanya pindahan ya pasti butuh proses pengenalan ulang ma tuh SE... jadi di tunggu ajah....

    Sementara SE mau adaptasi, perbanyak cr BL dll lah.. biar gak parah parah amat nanti drop nya

    Itu menurut studi kasus gw...
     
  9. cakep

    cakep Beginner 1.0

    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    klo pas pindahan hingga up waktunya lama maka tatkala google bot berkunjung teryata file ga ada so bisa jadi site tersebut dianggap sudah nggak ada oleh google so di hapus dari index google. coba pastikan dulu site:url_anda apa benar2 sudah di hapus atau hanya karena peringkatnya saja yg nggak mucul dihalaman pertama ?
    Klo memang sudah dihapus coba di dicek di google webmaster (klo belum ya didaftarkan dulu) ntar lihat ada report apa disana
     
  10. JuraganWebHosting

    JuraganWebHosting Apprentice 1.0

    Messages:
    226
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Halo, kalau enngak salah nih.. website bervirus juga dianggap bermasalah sama google, soalnya waktu itu pernah cek dari webmaster tool, dan keluar beberapa link yang katanya sih google ini bermasalah dan bervirus.. ada kemungkinan sih.. tapi ga tau pasti..

    ada kemungkinan juga pas google crawl.. eh pas website nya lagi offline karena perpindahan tadi.. jadi turun ranking nya.. tapi mudah2an up lagi pas crawl selanjutnya.. :)
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...