Hosting lokal: No Money Back Guarantee feature -- trick yang disengaja?

Discussion in 'Keluhan Pengguna Jasa Web Hosting' started by lidya, 6 Feb 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lidya

    lidya New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Permisi.. saya newbie di forum ini, mohon maaf kalo salah tempat. saya hanya ingin menyampaikan keluh kesah saya tanpa bermaksud memojokan siapapun.

    sebagai internet marketer, saya sudah faham mengenai web hosting, ttg resource usage, bahasa marketing "unlimited space or bandwith", etc. selama ini saya selalu menggunakan jasa hosting luar dan tidak mempunyai masalah. dimana mereka memperhatikan hak dari customer mereka (mungkin karena hukum di sana lebih jelas kali ya?). jadi klo suspend or banned, itu benar" karena customer memang sudah menyalahi aturan ToS mereka. dan biasanya meskipun di banned karena pelanggaran ToS, customer tetap menerima hak nya (spt file" dan data" website customer, refund pembayaran yg telah dibayarkan setelah dipotong masa pemakaian, etc).
    dan hampir setiap penyedia hosting memberikan feature "money back guarantee" apabila customer nya tidak puas dengan pelayanannya. hal ini membuat saya nyaman dan tidak susah dalam mencari web hosting luar.

    hingga akhirnya saya punya client yg minta dibikinkan web company profile dengan target lokal. atas pertimbangan segi seo, saya memutuskan untuk memakai hosting dengan server lokal iix. di sini saya terkejut dgn kondisi penyedia hosting lokal. harga sangat-sangat bervariasi dari mulai yg murahan smp yg fantastic. dan dari semua penyedia hosting lokal, none of them alias tidak ada satupun (at least dari yg saya dapet dgn googling dan baca" reviewan) yg di dalam ToS nya memperhatikan hak customer.

    akhirnya saya memilih penyedia hosting yg sesuai dgn kebutuhan client saya saat ini. namun baru bbrp hari saya menemukan banyak masalah dgn server nya. dari mulai server down, server loading very very very slowly, etc. dan apabila saya mengeluh kepada live-chat nya, itupun setelah sekian kali kontak setelah berkali-kali tidak digubris, sangat sangat sangat berbeda seperti pada saat kita ingin membeli sebagai calon customer sepertinya sebelum kita nanya pun sudah dijawab (lebay mode: on), jawabannya : "bapak bole kirim pertanyaan bpk ke email kami di support kami" dimana kalo saya buka support ticket, jawabannya bisa melebihi 1 x 24 jam. and guess what, klo kita tidak puas dgn layanan yg diberikan dgn enteng jawaban mereka : "silahkan bapak cari penyedia hosting lain, money refund tidak dapat diberikan"... really funtastic!!!

    akhirnya skrg sebelum memutuskan untuk membeli layanan hosting, hal pertama yg saya tanyakan : "apakah ada feature money back guarantee?" and amazingly, none of them can provide it. hal yg sepertinya menjadi keharusan bagi penyedia hosting untuk kredibilitas nya dalam memperhatikan hak customer, sepertinya menjadi hal yg tabu bagi penyedia hosting lokal. apakah hal seperti ini memang trick dari penyedia hosting lokal dimana setelah menerima pembayaran untuk jangka waktu tertentu setelah itu mulai mencari celah untuk "menendang" customer tanpa merasa bertanggungjawab akan pembayaran yg telah diterima? is it realy a good business? no wonder there are so much local web hosting but none of them have a good reputation. it is true, banyak di kalangan internet marketer yg meragukan kualitas hosting lokal. dan baru saya sadari sekarang ternyata memang demikian adanya.

    saya mohon maaf untuk para penyedia layanan hosting lokal namun saya beranikan menulis ini di internet (yg tentunya akan dibaca oleh umum) dikarenakan memang seperti ini ada nya. feature money back guarantee seakan dianggap menjadi suatu hal yg tidak menyenangkan, bukan sebagai kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dari penyedia hosting tsb.

    sad but its true..
     
  2. indoc0der

    indoc0der Apprentice 1.0

    Messages:
    303
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    mungkin sampeyan belum ketemu sama yang kasih money back guarantee kok :)
    sepengetahuan saya ada tuh
     
  3. vkios01

    vkios01 Expert 1.0

    Messages:
    749
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    ada kok om/tante web hositng indo yg money back guarantee, dan itu untuk kasus khusus ya (biasanya ada di TOS).
    tapi beda tempat beda aturan, mungkin belum jodoh sama webhosting tersebut :)
    mungkin sebelum beli dibaca dulu TOS dari web hosting tersebut dan ditanyakan tentang money backnya.
     
  4. budiono

    budiono Expert 1.0

    Messages:
    697
    Likes Received:
    65
    Trophy Points:
    28
    menurut saya uraian panjang lebar ini hanya berisi subjective judgement.

    jadi penasaran dengan:
    1."kalangan internet marketing" yang dimaksud mas/mbak lidya ini, kalangan yang mana
    2."hosting luar" yang dimaksud di tulisan ini,
    3."hosting lokal" mana saja yang sudah dicoba oleh mas/mbak lidya ini,

    sehingga berani bilang "none of them have a good reputation"

    lebih bagus lagi jika mas/mbak lidya ini memperkenalkan diri dulu seperti member yang lain, supaya ngobrolnya enak :)
     
  5. nicosoftmedia

    nicosoftmedia (RIP) Community Guide

    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    48
    Istilah "money back guarantee" memang ada. Namun biasanya disampaikan dengan mengikuti kebijakan tertentu (tergantung hosternya). Pada umumnya kebijakan tersebut seperti adanya keluhan client yang masuk akal mengapa sampai request untuk hal itu. Namun, "money back guarantee" bisa juga hilang karena beberapa hal :

    - Pemakaian bandwith yang sudah berlebihan misalnya : 50% dari quota.
    - Karena pelanggaran terhadap TOS hoster tersebut.

    Dimasa yang akan datang, sebaiknya anda lebih cermat membaca TOS hoster yang akan anda sewa hostingnya secara detil :).
     
  6. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    saya yakin banyak provider indo yang memberikan money back guarantee..
    untuk menambahkan, ada baiknya kalau ditanya bila perusahaan hosting terdaftar secara hukum apa ngga...
    jadi lebih kredible..
     
  7. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,346
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Karena masih pakai 1 provider hoster harusnya belum bisa di generalisir
    kebetulan saya barusan baca ulasan yang temanya mirip2 http://www.marketing.co.id/2010/10/18/segmentasi-pelayanan/
    Saya berfikiran sama seperti tulisan diatas, MBG (Baca: Money Back Guarantee) boleh lah tapi riskan maka itu saya juga tidak mengambil opsi MBG. Tapi meski begitu bisa di diskusikan jika karena servernya yang tidak muat ya mau gimana lagi MB deh.

    Kalau menginginkan MBG lebih baik ditanyakan dulu sebelum membeli.
     
  8. Adhie

    Adhie Expert 1.0

    Messages:
    733
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Maaf ya mbak, bukan memojokkan pelanggan juga,
    pelanggan terkadang juga banyak tingkah, harus gini harus gitu, bawel segala macam dll

    tp kalau hak konsumen, dia minta refund ya saya refund,

    ga semua yang mbak bilang itu merupakan cerminan semua hoster di indonesia.

    kalau mbak mau puas, coba gunakan server sendiri

    mungkin yang mbak bilang di atas masih tingkatan reseller
    jadi dia tidak tahu alasan kenapa server down
     
    Last edited: 6 Feb 2012
  9. Bforce

    Bforce _ DWH Admin Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,420
    Likes Received:
    305
    Trophy Points:
    83
    Money back guarantee biasanya hanya 30 hari, walaupun kontrak 1 tahun selewat 30 hari tidak ada pengembalian sisa biayanya.

    Banyak jasa hosting lokal Indonesia bisa diajak mendiskusikan masalah tersebut walaupun di situsnya tidak dicantumkan jaminan tersebut. Masalah dikembalikannya sisa biaya kontrak tentu tergantung masing2 kasus, bila pelanggaran ToS biasanya sulit meminta kembali biaya tersebut.
     
  10. lidya

    lidya New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mungkin mas, makanya skrg masih nyari yg affordable dan berkualitas. dan yg bikin saya lelah (makanya saya menuliskan postingan ini), setiap saya tanyakan tentang "money back guarantee" atau jaminan apa yg bisa diberikan mengenai kestabilan server mereka (bbrp yg yg saya coba contact, bukan semua), tidak ada yg bisa memberikan jawaban pasti. selalu berbelit" ttg ToS dan segala macam, padahal yg saya tuntut adalah kestabilan dlm segi down-time dan kecepatan server loading assuming there's no ToS broken.

    iya.. mungkin saya dah terlalu letih dengan banyaknya hosting yg mempunyai ToS yg menguntungkan provider sendiri tanpa mempedulikan kepentingan customer

    subjective judgement.. i think so.. karena memang uraian ini berpedomankan kepada pengalaman pribadi saya sendiri yg kesulitan mencari hosting lokal yg affordable dan kredibel. sebuah hosting luar (yg kerap saya gunakan) bisa memberikan layanannya dengan harga $40 atau krg-lebih 360rb /th (dan bahkan dengan discount bisa mendapatkan hingga 50% potongan untuk pembayaran pertama) dengan feature lebih dari cukup buat saya dan jaminan kepuasan pelanggan serta live-support yg memang selalu melayani kalau live-support nya online. entah dengan yg lain, namun saya belum menemukan hosting lokal yg sama atau paling nggak bisa menuju ke arah sana.

    1. di forum2 ttg internet marketer yg saya join, saya lihat rata2 lebih menyarankan hosting luar dibanding hosting lokal (tanya kenapa?).
    2. hosting luar di sini maksudnya penyedia layanan hosting dari luar negeri yg contohnya tidak perlu saya sebutkan.
    3. hosting lokal tentu saja penyedia layanan hosting dari dalam negri.

    saya mengerti mas. di sini saya belum ada 1 bln, dan develope dari domain registrar baru (bukan beli old domain). develope pun susah karena down-time condition dan lemotnya server loading. jadi yg saya pertanyakan kepada hosting" yg akan saya beli skrg : jaminan kestabilan dan kecepatan server untuk pemakaian standar terlepas dari pelanggaran ToS. dan amazingly, dari semua (yg saya contact dan tanyakan) tidak ada yg bisa memberikan jaminan tsb

    iya mas.. i hope so.. sehingga customer benar" tidak merasa kecewa meskipun mungkin belum terlindungi secara hukum..
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...