Hosting lokal: No Money Back Guarantee feature -- trick yang disengaja?


Status
Not open for further replies.

Bforce

Hosting Guru
1. di forum2 ttg internet marketer yg saya join, saya lihat rata2 lebih menyarankan hosting luar dibanding hosting lokal (tanya kenapa?).

Mungkin ini jawabannya... :D

#1. Takut "ilmunya/lapaknya" dicuri oleh pengelola hosting lokal amatir.
#2. Memang kenyataan masih banyak hosting lokal yang tidak bertanggung-jawab, amatiran, suka2. Jadi perlu riset dan cek jasa mana yang bisa diandalkan dan jasa mana yang perlu disangsikan. Semua kembali ke keputusan pihak pelanggan sendiri.
#3 Yang pasti, banyak jasa hosting lokal yang bagus dalam layanannya dan juga bertanggung-jawab, buktinya bisnis hosting lokal tetap berkembang walau banyak ajakan boikot.
 

hostingceria

Active Member
Mv YA? Dari sini saja sudah terlihat, kelemahan hosting Indonesia ialah pemojokan Customers secara halus atau terang-terangan...

Berikan penanganan masalah secara bijak kepada customers, karena mereka aset kita....

------------------------------------------

Mari bersama kembalikan Citra Hosting Indonesia menjadi BAIK kembali dengan memberikan bukti nyata bukan lontaran kata-kata manis.

Menyalahkan juga sering dilakukan dari webhoster luar, malah seringkali lebih keras dan tegas daripada orang disini yang harus pakai bahasa halus, kalau disini kita sebutin terang2an salahnya apa dibilang nuduh, padahal bukti sudah diberikan dan tetap orangnya ga mau ngaku salah, malah ngajak berantem dan mau nuntut ke polisi.

anyway, MBG untuk hosting lokal lebih tepat diperlakukan case by case untuk melihat dahulu apakah ada TOS yang dilanggar atau tidak.
 

yogisparingga

Poster 2.0
yang saya lihat dari awal sepertinya ini diskriminasi kepada hoster indonesia dan menanyakan MBG.
kalo mau MBG liat2 dulu mas apa kasusnya, ngg bs MBG aja, udh 6 bulan pake trus mau MBG y mana bisa . emng listrik gratis mas ?

ni TS nya kemana koq ngilang .. jgn buat onar dsini mas :)
 

PusatHosting

Hosting Guru
ni TS nya kemana koq ngilang .. jgn buat onar dsini mas :)

Maaf mas Yogi, yang Saya pahami TS hanya menyampaikan pengalamannya saja dan wajar karena ini adalah sub forum Keluhan Pengguna Layanan/Jasa Web Hosting

Kalau memang tidak ada respon atau diskusi lainnya nanti tread ini bisa auto closed dan
Permintaan untuk closed tred ini dari member lain tidak bisa saya luluskan karena topik bahasan masih bersifat umum saja.

Mari kembali ke tema tentang MBG.
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Saya kira ini thread sangat menarik ... karena baru disubmit kemarin (2 x post) oleh TS sudah ada 31 reply dari para hoster penghuni DWH ..... yang tampaknya pada gerah membaca pernyataan 'sepihak' TS tentang buruknya layanan hoster lokal.

Secara positif, komplain atau keluhan seperti apapun dari klien harus kita tanggapi secara bijak, karena bagaimanapun No One is Perfect .... bahkan hoster luarpun tidak ada yg sempurna. Jadi kita hargai keluhan TS yang menginginkan para hoster lokal menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ..... Tetapi kalau TS juga mau bertanggungjawab dengan tulisannya maka sebaiknya perlu disampaikan saja hoster lokal yang mana yang dianggap tidak bertanggungjawab, sehingga kita bisa cross-check dan bantu mengangkat permasalahannya secara balance. Yang pada akhirnya akan banyak pelajaran yg mungkin bisa kita serap untuk perbaikan layanan hosting Indonesia kedepannya.

Dan kalau kita melihat statistiknya dimana hoster lokal tetap bertumbuh dan banyak yang bisa bertahan selama bertahun-tahun saya kira itu saja sudah bisa membuktikan bahwa secara umum masih banyak klien Indonesia yang masih percaya pada kredibilitas hoster lokal. Tetap semangat boz ....
 

balimediahost

Poster 2.0
Saya kira ini thread sangat menarik ... karena baru disubmit kemarin (2 x post) oleh TS sudah ada 31 reply dari para hoster penghuni DWH ..... yang tampaknya pada gerah membaca pernyataan 'sepihak' TS tentang buruknya layanan hoster lokal.

Secara positif, komplain atau keluhan seperti apapun dari klien harus kita tanggapi secara bijak, karena bagaimanapun No One is Perfect .... bahkan hoster luarpun tidak ada yg sempurna. Jadi kita hargai keluhan TS yang menginginkan para hoster lokal menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ..... Tetapi kalau TS juga mau bertanggungjawab dengan tulisannya maka sebaiknya perlu disampaikan saja hoster lokal yang mana yang dianggap tidak bertanggungjawab, sehingga kita bisa cross-check dan bantu mengangkat permasalahannya secara balance. Yang pada akhirnya akan banyak pelajaran yg mungkin bisa kita serap untuk perbaikan layanan hosting Indonesia kedepannya.

Dan kalau kita melihat statistiknya dimana hoster lokal tetap bertumbuh dan banyak yang bisa bertahan selama bertahun-tahun saya kira itu saja sudah bisa membuktikan bahwa secara umum masih banyak klien Indonesia yang masih percaya pada kredibilitas hoster lokal. Tetap semangat boz ....

mantep nie bahasa mastah satu ini :41:
 

lidya

New Member
First of all, sudah saya katakan di awal :

Permisi.. saya newbie di forum ini, mohon maaf kalo salah tempat. saya hanya ingin menyampaikan keluh kesah saya tanpa bermaksud memojokan siapapun.

so untuk post-reply spt ini :
TS ngomel ngalor ngidul, tapi gak mau nyebutin hosting luar yang dijadikan acuan, dan hosting indonesia yang sudah dia coba sehingga berani bilang semua hosting lokal jelek. diminta nyebutin "kalangan internet marketer" yang dimaksud juga ndak bisa. jadi curiga, mungkin dia sekedar ngarang cerita. hehe..

kepada CG mohon trit ini ditutup aja, kecuali TS mau menjelaskan secara gamblang hal-hal tersebut. jika tidak mau public bisa kirim PM ke CG. Thanks
dan atau yg semacamnya, mohon maaf saya tidak akan menyebutkan, "cukup tau az". saya bukan mau komplain ke siapa-siapa, hanya keluhan dari seorang calon customer. percaya atau tidak, sekedar ngarang cerita, atau apapun penilaiannya, itu hak masing-masing pribadi. kalo memang keluhan ini tidak menyenangkan dan dianggap hoax, silahkan yg berwajib untuk close trit ini.

secondly, yg dititik-beratkan disini bukan MBG nya, melainkan tanggungjawab dan jaminan pihak hoster akan layanan jasa yg diberikan. seorang customer yg memang benar-benar membutuhkan jasanya, tidak akan memikirkan apa duit yg telah dibayarkannya akan kembali? tapi (kalo saya pribadi), akan memikirkan apakah biaya yg telah dikeluarkan worth it dgn layanan yg diterima? contoh kalo saya membeli dgn harga murah misalnya hanya seribu /bln, tentunya saya tidak akan menuntut macam" spt ingin add-on domain unlimited, ingin space yg besar, ingin mysql unlimited, dsb yg tidak sesuai dgn harga yg dibayarkan.

nah dari pengamatan saya, there was none of local host can provide the guarantee. kenapa saya bold kata was? penilaian saya adalah pada saat saya kelelahan setelah berjam-jam mencari dan googling local host yg reliable, live-chat ke bbrp seller menanyakan ttg MBG or guarantee of their service semua (pada saat itu) tidak ada yg berani memberikan itu. jawaban nya selalu berputar2 di daerah ToS padahal sudah saya tekankan untuk pemakaian standar with no ToS broken. mengapa saya rewel ttg MBG or guarantee? saya sudah mencoba 2 hosting, dimana saya melakukan pembayaran 1th dimuka untuk paket yg sesuai dgn kebutuhan website yg akan saya develope dan ke depannya (plus perkiraan perkembangan website dalam kurun 1 th kedepan). apa yg saya alami? saya sudah mengalami kesulitan pada tahap developing. server sering down, loading lambat (saya mengatakan loading lambat memang kendala ada di server nya setelah melakukan pengecekan terlebih dahulu). saya keluhkan masalah ini pada hoster terkait, live-chat : jawaban spt yg saya paparkan. support, melebihi 1 x 24 jam balasannya. I know there were no such 24/7/365 completely. operator live-chat jg manusia, kadang offline. namun pada saat online, harusnya cs nya sudah siap donk.. taruhlah pada saat menyapa, balasan yg diterima krg lebih 30 mnt - 1 jam masih bisa di toleransi. tapi kalo berjam-jam dan berkali-kali di sapa tidak menjawab? lalu kalo pada saat menjawab, jawaban yg diterima disuruh "open support-ticket" untuk hal atau masalah yg harusnya bisa di cek/handle oleh live-chat operator secara langsung? what is "live-chat support" for actually? :crazy:

saya bukannya men-"dewa" kan hosting luar. hosting luar jg banyak yg abal-abal (biasanya yg reseller). namun yg reliable dan memberikan kenyamanan pada customernya relative lebih mudah ditemukan. and no.. i'm not a participant of local hosting boycot. saya malah mendukung kemajuan hosting lokal seiring dgn semakin berkembangnya rakyat indonesia yg mulai "melek internet". tapi bukan berarti pesatnya dan semakin banyaknya hosting lokal tidak diiringi dengan kualitas pelayanan yg diberikan.

jadi intinya : disini saya menuntut guarantee atau jaminan yg seyogyanya bisa diberikan oleh para hoster untuk kenyamanan customernya. MBG merupakan salah satu (bukan terbatas atau mengacu) bentuk jaminan yg bisa diberikan hoster untuk customernya.

sorry bila ada kata" saya yg mungkin menyinggung seperti terlihat menyamaratakan semua hoster. namun di awal saya sudah cantumkan batasan dari kata semua (meski di akhir2 tidak tercantumkan, ribet boss klo smua istilah harus dicantumkan batasannya :D) :

dan dari semua penyedia hosting lokal, none of them alias tidak ada satupun (at least dari yg saya dapet dgn googling dan baca" reviewan) yg di dalam ToS nya memperhatikan hak customer

***​

Notes : saya sudah dapat (akhirnya..) hosting lokal yg cukup reliable yg bisa memberikan guarantee (MBG) dan juga bentuk jaminan kepedulian akan kepuasan pelanggan ke depannya (dari review bbrp masalah yg telah diselesaikan dgn baik dan benar). namun tetap saya berani katakan, masih banyak hoster (bahkan lebih banyak dari hoster terpercaya) yg memberikan pelayanannya asal-asalan dan semau gw. hanya bertujuan untuk mendapatkan profit tanpa mengindahkan kualitas dan kenyamanan pelanggan.

tambahan, saya mo komentarin post-reply yg ini (jawabannya cukup terasa miris dan melecehkan buat saya) :

emang udab brapa banyak coba hosting lokal mbak? 10? 20? 100?
mungkin mbak aja yang kenak apes memilih hosting, banyak kok yang menyediakan web hosting yang mengutamakan kualitas

1. itu mungkin karna SEO

sebelumnya saya sudah mencoba 2 hosting. apakah harus mencoba dan kehilangan biaya + waktu dan tenaga 10x atau 20x atau 100x untuk mendapatkan layanan hosting yg credible? wow... such an amazing thing for me. untuk anda ketahui : 2 hosting tsb (dan bbrp hosting lagi yg sempat saya contact untuk menanyakan perihal jaminan kepuasan pelanggan yg bisa diberikan) saya dapatkan dari hoster yg terdaftar disini juga (sekali lagi "cukup tahu az", saya gak akan membeberkan ke publik.

AFAIK, web host company doesn't give impact on SEO. server location that they use, do give the impact. so kalo menurut anda alasan memilih hoster berdasarkan seo, it show what your knowledge is (no offense).
 

yogisparingga

Poster 2.0
Maaf mas Yogi, yang Saya pahami TS hanya menyampaikan pengalamannya saja dan wajar karena ini adalah sub forum Keluhan Pengguna Layanan/Jasa Web Hosting

Kalau memang tidak ada respon atau diskusi lainnya nanti tread ini bisa auto closed dan
Permintaan untuk closed tred ini dari member lain tidak bisa saya luluskan karena topik bahasan masih bersifat umum saja.

Mari kembali ke tema tentang MBG.

iya saya tau mas ini thread keluhan pengguna webhosting, tp jangan banding2in antara hoster lokal sm luar, TS nya itu orang mana ? kl orang luar negeri boleh mau menilai, wong sesama indo koq jelek2in hoster indonesia ..

kl mau jelekin hoster lokal langsung ke namanya, kalo nyebut HOSTER LOKAL / INDONESIA cb itung t TS ada brp hoster indonesia


First of all, sudah saya katakan di awal :



so untuk post-reply spt ini :
dan atau yg semacamnya, mohon maaf saya tidak akan menyebutkan, "cukup tau az". saya bukan mau komplain ke siapa-siapa, hanya keluhan dari seorang calon customer. percaya atau tidak, sekedar ngarang cerita, atau apapun penilaiannya, itu hak masing-masing pribadi. kalo memang keluhan ini tidak menyenangkan dan dianggap hoax, silahkan yg berwajib untuk close trit ini.

secondly, yg dititik-beratkan disini bukan MBG nya, melainkan tanggungjawab dan jaminan pihak hoster akan layanan jasa yg diberikan. seorang customer yg memang benar-benar membutuhkan jasanya, tidak akan memikirkan apa duit yg telah dibayarkannya akan kembali? tapi (kalo saya pribadi), akan memikirkan apakah biaya yg telah dikeluarkan worth it dgn layanan yg diterima? contoh kalo saya membeli dgn harga murah misalnya hanya seribu /bln, tentunya saya tidak akan menuntut macam" spt ingin add-on domain unlimited, ingin space yg besar, ingin mysql unlimited, dsb yg tidak sesuai dgn harga yg dibayarkan.

nah dari pengamatan saya, there was none of local host can provide the guarantee. kenapa saya bold kata was? penilaian saya adalah pada saat saya kelelahan setelah berjam-jam mencari dan googling local host yg reliable, live-chat ke bbrp seller menanyakan ttg MBG or guarantee of their service semua (pada saat itu) tidak ada yg berani memberikan itu. jawaban nya selalu berputar2 di daerah ToS padahal sudah saya tekankan untuk pemakaian standar with no ToS broken. mengapa saya rewel ttg MBG or guarantee? saya sudah mencoba 2 hosting, dimana saya melakukan pembayaran 1th dimuka untuk paket yg sesuai dgn kebutuhan website yg akan saya develope dan ke depannya (plus perkiraan perkembangan website dalam kurun 1 th kedepan). apa yg saya alami? saya sudah mengalami kesulitan pada tahap developing. server sering down, loading lambat (saya mengatakan loading lambat memang kendala ada di server nya setelah melakukan pengecekan terlebih dahulu). saya keluhkan masalah ini pada hoster terkait, live-chat : jawaban spt yg saya paparkan. support, melebihi 1 x 24 jam balasannya. I know there were no such 24/7/365 completely. operator live-chat jg manusia, kadang offline. namun pada saat online, harusnya cs nya sudah siap donk.. taruhlah pada saat menyapa, balasan yg diterima krg lebih 30 mnt - 1 jam masih bisa di toleransi. tapi kalo berjam-jam dan berkali-kali di sapa tidak menjawab? lalu kalo pada saat menjawab, jawaban yg diterima disuruh "open support-ticket" untuk hal atau masalah yg harusnya bisa di cek/handle oleh live-chat operator secara langsung? what is "live-chat support" for actually? :crazy:

saya bukannya men-"dewa" kan hosting luar. hosting luar jg banyak yg abal-abal (biasanya yg reseller). namun yg reliable dan memberikan kenyamanan pada customernya relative lebih mudah ditemukan. and no.. i'm not a participant of local hosting boycot. saya malah mendukung kemajuan hosting lokal seiring dgn semakin berkembangnya rakyat indonesia yg mulai "melek internet". tapi bukan berarti pesatnya dan semakin banyaknya hosting lokal tidak diiringi dengan kualitas pelayanan yg diberikan.

jadi intinya : disini saya menuntut guarantee atau jaminan yg seyogyanya bisa diberikan oleh para hoster untuk kenyamanan customernya. MBG merupakan salah satu (bukan terbatas atau mengacu) bentuk jaminan yg bisa diberikan hoster untuk customernya.

sorry bila ada kata" saya yg mungkin menyinggung seperti terlihat menyamaratakan semua hoster. namun di awal saya sudah cantumkan batasan dari kata semua (meski di akhir2 tidak tercantumkan, ribet boss klo smua istilah harus dicantumkan batasannya :D) :



***​

Notes : saya sudah dapat (akhirnya..) hosting lokal yg cukup reliable yg bisa memberikan guarantee (MBG) dan juga bentuk jaminan kepedulian akan kepuasan pelanggan ke depannya (dari review bbrp masalah yg telah diselesaikan dgn baik dan benar). namun tetap saya berani katakan, masih banyak hoster (bahkan lebih banyak dari hoster terpercaya) yg memberikan pelayanannya asal-asalan dan semau gw. hanya bertujuan untuk mendapatkan profit tanpa mengindahkan kualitas dan kenyamanan pelanggan.

tambahan, saya mo komentarin post-reply yg ini (jawabannya cukup terasa miris dan melecehkan buat saya) :



sebelumnya saya sudah mencoba 2 hosting. apakah harus mencoba dan kehilangan biaya + waktu dan tenaga 10x atau 20x atau 100x untuk mendapatkan layanan hosting yg credible? wow... such an amazing thing for me. untuk anda ketahui : 2 hosting tsb (dan bbrp hosting lagi yg sempat saya contact untuk menanyakan perihal jaminan kepuasan pelanggan yg bisa diberikan) saya dapatkan dari hoster yg terdaftar disini juga (sekali lagi "cukup tahu az", saya gak akan membeberkan ke publik.

AFAIK, web host company doesn't give impact on SEO. server location that they use, do give the impact. so kalo menurut anda alasan memilih hoster berdasarkan seo, it show what your knowledge is (no offense).

mas semua hoster itu pasti punya tanggung jawabnya dan memberikan jaminan aman kepada client2nya . tapi kalo mas mau cari layanan dan jaminan 100000% support setiap saat mana ada mas ? kalo mau 100% semuanya bangun data center sendiri mas :)
 

jaapns

Hosting Guru
Verified Provider
tambah mumet saya xixixi ....

di awal thread udah keliatan banget kalo yg di masalahkan MBG loh...
kalo masalah tanggung jawab mah itu relatif , siapa yg mengelola..... bagaimana attitude nya dsb ..... business management nya , character owner itu sendiri .

kalo mmg kecewa dengan 2 hoster lokal, tolong thread nya jgn seperti menghatam semuanya..... dan tidak perlu membandingkan lokal dan tidak.

begitu cerita ku , apa ceritamu :)
 

lidya

New Member
iya saya tau mas ini thread keluhan pengguna webhosting, tp jangan banding2in antara hoster lokal sm luar, TS nya itu orang mana ? kl orang luar negeri boleh mau menilai, wong sesama indo koq jelek2in hoster indonesia ..

kl mau jelekin hoster lokal langsung ke namanya, kalo nyebut HOSTER LOKAL / INDONESIA cb itung t TS ada brp hoster indonesia




mas semua hoster itu pasti punya tanggung jawabnya dan memberikan jaminan aman kepada client2nya . tapi kalo mas mau cari layanan dan jaminan 100000% support setiap saat mana ada mas ? kalo mau 100% semuanya bangun data center sendiri mas :)

kenapa jangan bandingin antara hoster lokal dan luar? apa karena merasa kurang mampu menyaingi? web hosting itu pelayanan untuk keperluan internet mas dan internet itu global mendunia. ya tentu saja saya membandingkannya dengan layanan hoster luar yg biasa saya pakai. kalau seandainya saya bisa menemukan web hosting lokal yg kualitas dan biaya nya menyamai dgn hosting luar yg selama ini saya pakai, bukan tidak mungkin, bahkan pasti saya akan berpindah layanan.

support, melebihi 1 x 24 jam balasannya. I know there were no such 24/7/365 completely. operator live-chat jg manusia, kadang offline. namun pada saat online, harusnya cs nya sudah siap donk.. taruhlah pada saat menyapa, balasan yg diterima krg lebih 30 mnt - 1 jam masih bisa di toleransi. tapi kalo berjam-jam dan berkali-kali di sapa tidak menjawab? lalu kalo pada saat menjawab, jawaban yg diterima disuruh "open support-ticket" untuk hal atau masalah yg harusnya bisa di cek/handle oleh live-chat operator secara langsung? what is "live-chat support" for actually?
bagian ini dibaca nggak mas? jangan baca awal trus scroll-down.. apa saya minta support 100000%? atau 100%? apakah salah kalo saya mengkritik layanan live-chat yg setelah di kontak berkali-kali (pada waktu yg berbeda, bukan jam namun hari jg berbeda) selalu di ignore? apa salah bila saya mengkritik operator live-support nya yg enggan membantu dan mencari cara gampang dgn menyuruh send support ticket untuk hal yg seharusnya bisa ditangani / memberikan penjelasan saat itu jg?

contoh bbrp case study yg saya alami :

case #1
saya beli layanan hosting. dns sudah saya sesuaikan. saya tunggu 1 hari untuk clear dns cache record. esok nya dns clear, saya mulai develope (pagi hari). siang menjelang sore tiba-tiba page error dan tidak bisa di akses, saya online YM contact live-chat support nya (saat itu online) tidak di jawab. bbrp jam kemudian saya coba kontak lagi, tetap tidak ada jawaban. malamnya saat saya coba kontak, live-chat offline. keesokan paginya saya contact lagi (posisi online) tidak menjawab. siang kontak lagi2 di ignore. sore saya contact baru menjawab dan setelah saya jelaskan masalah saya, jawabannya : silahkan bikin support ticket. fine, saya lalu bikin support ticket. 2 hari kemudian baru dijawab support ticket nya : "tampilan web bapak kami cek baik-baik saja kok pak". ternyata masalah karena dns cache di isp saya. hal tsb luput dari perhatian saya karena sebelumnya web tsb sudah up dan sempat saya install web engine nya namun tiba2 cache kembali ke dns awal sebelum dipindah (problem isp dns cache solver : ganti settingan dns server di TCP/IPV4 properties menggunakan google dns). di sini saya kecewa dgn support nya yg untuk case sederhana saja : live-chat support susah dihubungi. begitu bisa dihubungi langsung menyuruh bikin support ticket tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu (andai operator live-chat nya mau meluangkan sedikit waktu untuk melihat web yg bermasalah, tentu akan tahu dgn mudah permasalahannya dan tidak perlu bikin support ticket), support ticket yg lambat respon nya.. 2 hari bukan hal yg baik dalam segi pelayanan. selama ini saya kalau support ticket ke hoster yg biasa saya pakai tidak sampai 1 x 24 jam support ticket di balas (benar-benar dibalas with concern, bukan auto reply system).

case #2
server loading terasa lama. hingga untuk buka page pun bisa ber menit-menit dan bahkan "could be temporarily unavailable or too busy", kadang" database error.. ini terjadi kerap kali dan setiap hari. apalagi di jam" efektif. jelas ini akan sangat merugikan. maaf membandingkan lagi, rata" hoster yg baik akan memberikan garansi up time 97% - 99%. buat standar saya sendiri 90% up time sudah bisa saya tolerir. tapi kalo saya hitung proporsional yg terjadi, uptime yg terjadi jauh di bawah itu.

dari 2 case di atas, apa saya menuntut 100000% support? 100% support? kalau memang layanan hoster indonesia seperti di atas adalah wajar dan marah serta tidak berani untuk dibandingkan kualitasnya dgn hoster luar, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya dan tidak akan melanjutkan thread ini. silahkan anda anggap saya pembuat onar, hoax, or apapun itu


tambah mumet saya xixixi ....

di awal thread udah keliatan banget kalo yg di masalahkan MBG loh...
kalo masalah tanggung jawab mah itu relatif , siapa yg mengelola..... bagaimana attitude nya dsb ..... business management nya , character owner itu sendiri .

kalo mmg kecewa dengan 2 hoster lokal, tolong thread nya jgn seperti menghatam semuanya..... dan tidak perlu membandingkan lokal dan tidak.

begitu cerita ku , apa ceritamu :)

sebenernya bukan Money Back nya mas yg saya ingin utamakan, tapi lebih ke Guarantee nya. tidak semua sifat org dan customer sama. mungkin ada yg (meskipun salah terletak di customer) tetep keukeuh minta refund meskipun tidak tercantum. tapi gak sedikit jg yg karena tidak tercantum guarantee apapun akhirnya cuma bersikap "cukup tahu az" dan akhirnya "cukup tahu az" itu menyebar luas dan memicu "boikot hoster lokal". who knows kan mas?

ya memang saya kecewa thd 2 hoster tsb, dan maaf kalau thread saya spt menghantam semua. but you know what? segelintir "oknum" org indonesia yg bermain sbg spammer, scammer dan hal negatif lainnya. namun dampaknya dari segelintir itu dirasakan oleh yg lainnya :(.

jadi di sini saya angkat guarantee atau jaminan ini sehingga calon customer spt saya ini tidak ikut2 menyebarkan "cukup tahu az" nya itu. dan untuk hoster yg merasa memanage web host nya dgn baik dan benar sesuai dgn aturan dan juga memberikan pelayanan yg sesuai, kenapa harus takut? guarantee kan bisa diberikan jikalau sesuai dgn aturan dan itu bisa dipasangkan di label "guarantee" nya. kalau merasa guarantee ini sesuatu hal yg merugikan, i think either they going to scam their customer or they're not prepare to the "credible" state
 
Status
Not open for further replies.

Top