HostingPataros = Hosting yg Dipertanyakan :(


Status
Not open for further replies.

gonebdg

Beginner 1.0
Setelah mengalami masalah demi masalah yang serupa dengan layanan hostingpataros akhirnya saya putuskan untuk mengungkapkan kekecewaan saya terhadap layanan hosting dari HostingPataros sekaligus berbagi informasi yang mungkin bisa berguna bagi kita semua.

Saya mulai menggunakan layanan hosting dari HostingPataros di akhir tahun 2013, dengan 2 alasan utama sebagai berikut :
  1. Layanan hosting (Share hosting) yang sebelumnya digunakan sejak tahun 2011 sudah mulai menurun performanya karena kebanyakan pelanggan.
  2. Mencari perusahaan hosting lokal yang terdekat kantornya dengan domisili saya pribadi yaitu Bandung, agar jika ada masalah dengan layanan yang digunakan atau ada kebutuhan bisnis terkait, bisa dengan mudah menghubungi dan bertemu langsung dengan pengelola atau pihak yang berkepentingan
Pada awal pertama menggunakan layanan share hosting unlimited dari HostingPataros, tidak banyak permasalahan yang dialami dan semuanya berjalan cukup lancar, hingga akhirnya hampir seluruh domain yang saya kelola saya pindahkan ke HostingPataros.
Saya mengelola beberapa website pada satu akun hosting disini, namun hanya 1 yang menjadi website utamanya sedangkan website lainnya hanyalah sekedar pendukung, blog pribadi dan untuk menyediakan situs demo atau situs pengembangan bagi klien karena profesi saya adalah Web.Developer.

Permasalahan mulai terjadi diawal perpanjangan layanan hosting pada awal tahun 2015 dan terus menerus terjadi di sepanjang tahun 2015 ini.


Tidak seperti biasanya, pada akhir tahun 2014 tidak ada email notifikasi yang mengingatkan batas akhir layanan hosting maupun domain masuk ke inbox email saya. Sepengetahuan saya pada umumnya sistem layanan perusahaan hosting akan mengirimkan notifikasi batas akhir layanan hosting dan domain paling tidak 3 bulan sebelumnya. Hal ini cukup penting, karena ada kalanya kita lupa kapan batas waktu berakhirnya layanan hosting dan domain yang kita miliki dan gunakan.

Website tidak bisa diakses, dan karena seluruh website di kelola dalam 1 akun hosting ini maka konsekwensinya seluruh website yang saya kelola tidak bisa diakses.
Akhirnya diketahui bahwa permasalahannya ada pada IP address ISP yang saya gunakan yaitu Telkom Speedy yang entah bagaimana menyebabkan saya tidak bisa mengakses website saya sendiri.

MX Entry error, menyebabkan seluruh email yang dikirimkan tidak dapat saya terima sebagai mana mustinya. Saya menggunakan layanan email dengan google apps dimana saya harus mengatur MX Records sesuai aturan google, namun entah bagaimana tiba-tiba pengiriman email tidak berfungsi.
Setelah laporan melalui ticket support akhirnya beberapa hari kemudian masalah teratasi tanpa saya ketahui apa sebabnya.

cPanel menampilkan pesan "Invalid certificate ...", saat login ke cPanel saya tidak bisa melakukan aktifitas kerja yang dibutuhkan karena yang tampil adalah halaman dengan pesan tersebut.
Setelah laporan melalui ticket support pihak HostingPataros menyarankan kepada saya untuk mereset modem router yang saya gunakan (ISP Telkom Speedy) agar IP Address nya berubah. Beberapa saat kemudian masalah pun teratasi dan cPanel pun akhirnya bisa dibuka dengan normal.
Masalah seperti ini terjadi beberapa kali di waktu kemudian ...

bersambung ke post ke-2 ...
 

gonebdg

Beginner 1.0
Website tidak bisa diakses dan tidak ada email masuk, setelah menghubungi pihak HostingPataros melalui ticket support akhirnya diketahui bahwa telah terjadi pergantian IP Address server.
Ok, saya pun segera memperbarui DNS record karena saya menggunakan DNS management untuk mengelolanya sehingga saya harus memperbarui A records khususnya nilai IP Address agar mengarah ke IP Address yang baru.
Setelah beberapa hari kemudian akhirnya DNS terpropagasi dengan sempurna dan website maupun email kembali normal.
Yang menjadi catatan saya pada saat masalah ini terjadi, kenapa tidak ada pengumuman mengenai perubahan IP Address Server ?

Website, cPanel, FTP tidak bisa diakses, tidak seperti kejadian yang sebelumnya pada kali ini bukan hanya website saja yang tidak bisa diakses namun cPanel dan FTP pun tidak bisa saya akses. Seperti biasa saya kembali menghubungi HostingPataros melalui ticket support, SMS, dan sosial media, akhirnya diperoleh jawaban bahwa tengah dilakukan perubahan IP Address server dari xxx.xxx.xxx.xxx ke yyy.yyy.yyy.yyy dan silahkan ditunggu.
Ok saya tunggu hingga lebih dari 24 jam, dan akhirnya saya bisa membuka website saya namun alangkah terkejutnya saya saat telihat yang tampil adalah directory listing dengan satu directory cgi-bin/
Saya pun segera membuka FTP dan dugaan saya pun benar adanya, seluruh file website tidak ada pada tempatnya alias hilang!
Saya pun kembali menghubungi pihak HostingPataros dan meminta informasi selengkapnya mengenai permasalahan yang dialami, sekaligus mempertanyakan alasan sebelumnya apakah hanya ganti IP Address atau sesunggunnya pindah server (rack server) ?
Akhirnya dijelaskan bahwa benar tengah dilakukan proses pemindahan/ganti rack server dan bukan hanya sekedar ganti IP Address server.
Dan kali ini saya mempertanyakan mengapa tidak ada pengumuman jauh hari sebelumnya (jadwal maintenance) dan mengapa dilakukan di saat Peak Time ?
Tidak ada jawaban yang jelas mengenai ini ... alias silahkan ditunggu saja.
Setelah beberapa hari kemudian masalah masih belum teratasi, saya pun mempertanyakannya kembali dan akhirnya pihak HostingPataros menjelaskan bahwa telah terjadi permasalahan saat pemindahan data ke server yang baru yaitu data corrupt dengan alasan karena ukuran total file lebih dari 1gb maka sulit dipindahkan dengan sempurna.
Saya tidak habis pikir, dengan ukuran total file sebesar 2,8gb apa sulitnya bagi pihak Hosting untuk melakukan pemindahan data dari server yang sebelumnya ke server yang baru, terlebih lagi sama-sama menggunakan cPanel ?
Bukannya proses tersebut serupa dengan proses copy paste file dari hardisk lama ke hardisk baru atau serupa dengan proses Backup dan Restore ?
Sampai disini saya masih berusaha sabar dan berpikiran positif, mungkin pihak hosting hanya membutuhkan waktu lebih untuk memindahkan seluruh data yang ada untuk seluruh klien yang ditangani.
Beberapa hari kemudian, pihak HostingPataros menghubungi saya dan meminta saya untuk kembali menggunakan IP Address yang lama saja karena belum bisa melakukan perpindahan data dengan sempurna dari server lama ke server yang baru.
Ok, saya segera memperbarui kembali DNS untuk mengarahkan A record kembali ke IP Address yang lama, kemudian menunggu proses propagasi dan akhirnya permasalahan teratasi.
Sampai disini saya memiliki akses ke 2 server yang berbeda, server dengan IP Address yang lama dan server dengan IP Address yang baru.
Beberapa waktu kemudian saya kembali menghubungi pihak HostingPataros untuk memperoleh kejelasan mengenai keadaan yang sesungguhnya sekaligus menyanyakan apakah butuh bantuan dari saya untuk proses pemindahan data dari server lama ke server yang baru.
Pihak HostingPatarios memberikan jawaban bahwa nanti diinformasikan kembali dan jika membutuhkan bantuan untuk secara manual memindahkan data dari server lama ke server baru maka nanti akan di informasikan. Minggu selanjutnya pihak HostingPataros menginformasikan bahwa server yang baru sudah baik dan tidak ada masalah, namun perlu bantuan saya untuk memindahkan sendiri seluruh file dan database dari server yang lama.
Ok saya meminta pihak HostingPataros untuk me-refresh akun hosting saya di server yang baru ke kondisi serupa yang diperoleh pelanggan yang baru menggunakan layanan hosting mereka, dan ke esokan harinya akun hosting di server yang baru diinformasikan oleh pihak HostingPataros.
Selanjutnya saya pun secara bertahap memindahkan file dan database dari server lama ke server baru, dan website saya pun kembali normal.

Dan kali ini masalah kembali terjadi serupa dengan kejadian sebelumnya ...
Website, cPanel, FTP tidak bisa diakses!

Setelah menghubungi pihak HostingPataros diperoleh jawaban bahwa HostingPataros tengah melakukan proses upgrade Hardisk dan RAM dimana pemasangan atau prosesnya langsung dilakukan oleh pihak data center. Ok ... saya tunggu saja.
Keesokan harinya (hari ini saat thread ini di buat) website, cPanel dan FTP sudah bisa di akses tapi seperti masalah yang sebelumnya dialami, semua file dan database hilang tidak ada pada tempatnya!

Entah pertanyaan, keluhan dan saran apa lagi yang bisa saya sampaikan pada mereka, sejak Januari 2015 s/d Sekarang masalah demi masalah datang silih berganti sebagaimana diuraikan diatas, dan baru kali ini saya mengalami hal seperti ini.
Berapa banyak waktu yang harus saya habiskan untuk mengatur ulang DNS, memindahkan file dan database, dll, belum lagi permasalahan email delivery yang mengakibatkan komunikasi dengan klien dan pelanggan menjadi terhambat dan dialihkan ke email address lain yang saya gunakan.

Permintaan pembatalan layanan dan refund juga pernah saya ajukan, dan saya tidak minta refund 100% melainkan sewajarnya saja sesuai kebijakan yang bisa diberikan HostingPataros karena segala permasalahan yang ada ditimbulkan oleh kelalaian pengelolaan layanan hosting oleh yang bersangkutan dan tidak ada jaminan permasalahan serupa tidak akan terjadi kembali dikemudian hari.

Sampai saat ini, seluruh website yang saya kelola tidak bisa beroperasi sebagaimana mustinya, begitu pula dengan email delivery dan situs demo/development bagi klien yang saya siapkan di
http://your.web.id/DOMAIN_KLIEN/

Dan parahnya website Hosting Pataros sendiri sama juga tidak bisa diakses!

Mungkin sudah waktunya bagi saya untuk pindah ke provider hosting lainnya dan mengiklaskan biaya layanan hosting yang sudah saya bayarkan ke HostingPataros karena permintaan refund yang pernah saya ajukan tidak pernah direspon dengan lebih bijak.
Namun tentunya saya harus menunggu seluruh file dan database website yang saya kelola kembali ada seperti sedia kala.

Sesuai namanya ... Hosting Pataros ternyata memang Hosting yang di Pertanyakan :p

Kepada pihak HostingPataros, silahkan tanggapi thread ini atau silahkan hubungi saya secara personal melalui email, telepon, SMS BBM atau sosial media.
Terus terang saja Bos Hosting Pataros .... saya lelah mengalami masalah demi masalah dengan layanan hosting Anda.

Mudah-mudahan apa yang saya ceritakan disini bisa menjadi bahan pertimbangan atau informasi yang berguna khususnya bagi mereka yang hendak menggunakan layanan Share Hosting Unlimited dari HostingPataros.
 

PadjajaranHost

Hosting Guru
Mungkin servernya lagi parah dan lagi debenahi kali mas jadi mereka belum sempat menghubungi mas @gonebdg , di tunggu aja mas
 

medanserv

Poster 2.0
saya test akses ke web hoster, barusan bisa terbuka main page-nya.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
1. Point post pertama saya lihat lebih ke problem ISP,
2. Point post kedua komunikasi informasi agak sedikit kurang sehingga alur cerita jd panjang,
3. Perihal data hilang/korup saya ga bisa komen karena tiap hoster punya cara melakukannya masing2 dan itupun tergantung "kondisi" yang ada,
Namun di sini dapat kita ambil sisi pelajaran yaitu :
---->>Disarankan tdk meletak semua web di 1 akun hosting [kita garis bawahi 1 akun hosting],
---->>Betapa pentingnya sebuah backup, jika punya backup yg memadai mungkin hal ini bisa terhindarkan,
4. Barusan saya coba akses web hosternya bisa hanya saja beberapa halaman tdk muncul sempurna dgn info : requires the ionCube PHP Loader ioncube_loader_lin_5.4.so

Semoga cepat selesai permasalahannya yach Mas,
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
komplikasi, berarti mungkin sepertinya memang ada maasalah pada server, kalau sudah komplikasi seperti biasanya sudah serius,
semoga bisa cepat diselesaikan masalahnya
 

perdhanahost

Hosting Guru
Dari sini juga bisa akses ke homepage HostingPataros. Akses via three dengan DNS resolver default three.
 
Status
Not open for further replies.

Top