Terima kasih untuk komentar dan masukannya, dan memang benar sekarang homepage HostingPataros memang sudah bisa dibuka normal, akan tetapi masalah yang saya alami masih belum teratasi dan belum ada informasi lanjut dari pihak HostingPataros.
Masalah utamanya saat ini adalah seluruh Web.Files dan DB masih hilang (untuk kedua kalinya dalam 2 bulan terakhir) ... serta beberapa masalah lain yang sering dialami khususnya email delivery dan curl. Akan tambah panjang posting saya jika masalah curl juga saya uraikan.
Menunggu adalah satu-satunya jalan bagi saya, Saya pun paham keterbatasan dan konsekwensi dari penggunaan layanan share hosting, serta paham dengan konsekwensi akan
Down nya ketiga website yang saya kelola bila server
Down , dan sebenarnya bagi saya tidak masalah dan bisa dimaklum jika saja permasalahan yang ada tidak terlalu sering terjadi.
Hal penting yang ingin saya garis bawahi khususnya kepada HostingPataros adalah :
- adanya pemberitahuan jadwal maintenance server agar saya sebagai pengguna layanan bisa melakukan antisipasi sehingga layanan yang saya berikan kepada publik juga komunikasi dengan klien tidak turut mengalami permasalahan.
- pihak hosting sebagai penyedia layanan sebaiknya mempertimbangkan masak-masak dampak/pengaruh maupun kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi sebelum melakukan perubahan pada server, entah itu perubahan konfigurasi maupun hardware
- jika terjadi permasalahan serius yang mengakibatkan terganggunya layanan dalam jangka waktu lebih dari 1x24jam, sebaiknya pihak hosting memberikan informasi terkini tanpa diminta, serta bisa memberikan estimasi waktu penyelesaian masalah.
- Tidak perlu menampilkan nomor telepon, maupun handphone serta Pin BBM bila semua kontak tersebut tidak bisa dihubungi jika ada permasalahan serius pada server, atau informasikan secara jelas pada websitenya misalnya "Untuk segala permasalahan teknis dan billing hanya dapat dilakukan melalui ticket support, sarana komunikasi lainnya akan diabaikan" ... konsekwensinya website hosting khususnya ticket support harus bebas dari permasalahan (tidak ikut-ikutan bermasalah bila server pelanggan bermasalah)
- bisa memberikan kebijakan Refund yang lebih fleksibel atau lebih bijak bilamana memang terjadi terlalu banyak permasalahan pada layanan hostingnya. Toh saya dan mungkin banyak pengguna lainnya juga paham serta tidak akan menuntut Refund 100%, mungkin 25% - 50% saja sudah cukup bagi saya untuk "mengobati" kekecewaan terhadap layanan yang digunakan.