Hubungan Antara Harga Murah Dengan Meningkatnya Situs Scammer

Discussion in 'Bisnis Web Hosting' started by bangjampang, 2 Jul 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bangjampang

    bangjampang Beginner 1.0

    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    permisi Tuan, salam tuk semua para master2 web hoster maupun para pembaca yang budiman. Kali ini saya ingin memberikan sedikit note atau catatan tentang harga jual layanan hosting maupun domain dengan semakin meningkatnya situs - situs penipuan yang ada di internet khususnya di indonesia. oh iya mohon maaf kalau salah kamarnya yah. ok langsung saja.

    semakin berkembangnya penyedia hosting di indonesia, memicu adanya persaingan harga. akibatnya membuat para hoster untuk menjual produk atau memberikan harga yang semakin murah bahkan jauh dibawah nilai biaya operasi hostingnya atau production cost seperti biaya listrik, biaya server maupun biaya karyawan/i perusahaan hoster tersebut.

    namun disisi lain, hal ini semakin mempermudah para scamer, spamer maupun para pelaku tindak kejahatan lainnya maupun pelanggaran terhadap undang - undang, semakin merajalela. karena dengan harga jual yang semakin murah dari para hoster akan semakin mempermudah dan meringkankan niat para pelaku kejahatan terutama di dunia online. tercatat lebih 600 ribu atau ratusan ribu dari situs scamer yang tercatat dan sudah terblacklist oleh nawala, belum lagi laporan - laporan lain. selain itu nilai transaksinya pun cukup fantastis, bahkan satu situs perjudian online saja bisa mencapai omset hampir 10 juta per hari.

    dan seandainya situs - situs scamer maupun situs yang melanggar hukum di indonesia itu tertangkap oleh polisi ataupun penegak hukum lainnya, bisa - bisa kita sebagai pendaftar nama domain maupun yang memberikan jasa hostingnya pun ikut terlibat, karena kita bisa disangkakan bekerjasama dengan para pemilik situs tersebut, karena mungkin ada nama2 perjudian yang sudah cukup populer dan kita melegalkan hal tersebut dengan memberikan layanan hosting maupun layanan registrasi domainnya.

    nah untuk itu, bukan saya menggurui atau yang lainnya, saya disini hanya ingin menyampaikan pendapat saja, bahwa barangkali perlu adanya pertimbangan kembali dalam penetapan harga jual kita sebagai hoster dalam memberikan layanan hosting, domain maupun yang lainnya. dan filterisasi bagi nama-nama domain yang diindikasi digunakan untuk hal-hal yang melanggar undang-undang kita di indonesia. atau barangkali pandi atau kemeninfo dapat membuat suatu wadah yang dapat mengatur standar harga jual bagi para hoster ini. selain itu, dapat menghindari monopoli oleh pihak manapun, sehingga persaingannya pun persaingan yang sehat dan bukan persaingan tanpa mengenal batas.
    atau negeri kita perlu adanya undang - undang yang mengatur tentang layanan ini secara jelas dan terperinci.

    nah demikian saja dari saya, silahkan pendapatnya dibawah ya Tuan, terima kasih.
     
    Bforce likes this.
  2. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,922
    Likes Received:
    612
    Trophy Points:
    113
    Untuk masalah perang harga itu tergantung, sekarang sudah banyak yg menjual reseller hosting dari provider luar dengan fasilitas serva unlimited, jadi apa ruginya jika menjual murah? hanya demi sepiring nasi,
    itu semua tergantung kita, mau ikutan perang harga atau perang kualitas ? :D
     
  3. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,255
    Likes Received:
    442
    Trophy Points:
    83
    Terima kasih atas saran dan pendapatnya, semoga di kemudian hari hal seperti itu bisa terwujud ( meskipun susah )
     
  4. bangjampang

    bangjampang Beginner 1.0

    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    terima kasih Tuan, betul memang kendalanya kita sulit karena adanya provider luar Tuan. semakin mudah dan murah layanan hosting dan domain ini semakin mudah dan gampangnya para scamer itu bertindak.
    karena itulah penyebabnya yang semakin membuat ramainya situs-situs scamer maupun tindak pelanggaran kriminal lain. kita cegat dari dalam negeri diberondong dari luar. untuk itu sepertinya harus ada peran dari pemerintah dalam mengatur undang - undang maupun wadah organisasi mengenai kegiatan bisnis kita ini Tuan.
    bukan saya pro pemerintah atau gimana, tapi lambat laun jika kita menganggap remeh hal ini akan menjadi dilema besar dimana semakin banyak situs scam maupun yang lain.
    terima kasih yang sudah merespon, yang lain masih ditunggu :)
     
  5. voezie

    voezie Hosting Guru

    Messages:
    1,771
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Jika regulasi harga jual hosting diatur oleh pemerintah tentunya hal ini tidak mungkin, tetapi hal yang paling memungkinkan untuk diatur adalah beberapa hal berikut:

    - Standarisasi / Sertifikasi perangkat dan infrastruktur yang digunakan oleh perusahaan hosting
    - Standarisasi / Sertifikasi layanan pre / after sales service
    - Standarisasi / Sertifikasi perijinan

    Sedangkan untuk masalah harga itu sudah masuk ke wilayah pasar sehingga sangat tidak mungkin untuk ditentukan oleh pemerintah
     
  6. bangjampang

    bangjampang Beginner 1.0

    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah kalau begitu semakin sulit yah adanya regulasi tentang standar harga ini, walaupun datang dari pemerintah. ujung2nya semakin banyak nanti korban2 situs-situs penipuan, malware dan lain sebagainya.
     
  7. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,333
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Harga tidak akan mungkin diseragamkan. Harga murah saja itu sudah bagus daripada yang gratisan dibuat scammer pula.
    Selama ini sepengetahuan saya kalau ada aktifitas scammer dan provider hosternya aktif di DWH cepet proses membasminya dan yang lama biasanya scammer itu pakai provider gratisan meski tidak semuanya atau provider yang jarang mampir di DWH.

    Solusi yang tepat menurut saya adalah memperbanyak layanan2 seperti nawala, idsirtii.or.id, atau bahkan mungkin di setiap ISP punya layanan abuse khusus yang menangani komplain seperti ini dan prosesnya dapat dipercepat.
     
  8. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,922
    Likes Received:
    612
    Trophy Points:
    113
    yang ini bener banget, internet filtering seharusnya diperbanyak, saat ini nawala sangat bagus,
    tetapi masih banyak kelemahan, disana ada satpam tetap saja ada maling, walaupun ada internet filtering tetap saja banyak tips untuk melewati itu yg berdebaran di om google :D
     
  9. samwebservice

    samwebservice Beginner 2.0

    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    menurut pendapat nubi seperti saya
    Kalau untuk standarisasi harga menurut saya tidak mungkin dilakukan
    Mungkin pemerintah juga bisa memberikan standarisasi TOS kepada hoster
    sehingga tidak ada kejadian pihak hoster ikut terciduk apabila ada situs2 scam dan perjudian online
     
  10. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Apa perlu ramai2 kita naikkan harga layanan hosting ya biar penipuan online berkurang?
    Kayaknya kok nggak ada hubungannya ya .... menurut saya tergantung level penipunya. Kalau penipunya mengharapkan hasil yg lebih besar tentunya dia suruh bayar hosting yg mahal juga gak keberatan. webnya saja kadang lebih bagus dari web kita hehehehe.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...