Indonesia Sampai Saat Ini Masih Gunakan Satelit C-Band

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 13 Sep 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    132
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Jakarta – Satelit yang menggunakan pita frekuensi C-Band dinilai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan sangat sesuai untuk digunakan di tanah air. Seperti dilansir dari detikINET.

    Pita C memiliki frekuensi yang termasuk kecil apabila dibandingkan dengan pita frekuensi yang paling baru misalnya seperti Ku-Band dan Ka-Band. Untuk download C-Band mempunyai kapasitas kisaran di 3.7 Ghz sampai dengan 4.2 Ghz. Sementara untuk uplinknya di kisaran 6.425 Ghz.

    C-Band memiliki kemampuan yang lebih baik pada saat cuaca tidak bersahabat misalnya hujan dan badai. Walaupun kuota yang digunakan sudah penuh, Indonesia sampai saat ini masih menggunakan satelit yang memiliki frekuensi pita C tersebut.

    “Kami percaya bahwa salah satu frekuensi pada satelit, yaitu frekuensi C-Band, adalah yang paling cocok dan intensif digunakan oleh Indonesia,” ujar Farida Dwi Cahyarini, Sekjen Kominfo, seperti dikutip dari detikINET, Selasa (13/9/2016).

    Dia juga berpendapat bahwa pengembangan komunikasi satelit dilakukan oleh sejumlah negara yang lokasi dekat khatulistiwa yang memiliki kelembaban tinggi dan curah hujan tinggi.

    “Negara-negara itu menggunakan frekuensi C-Band yang dapat menjadi infrastruktur telekomunikasi, khususnya untuk daerah yang kurang terlayani,” ujar Farida dalam penjelasannya.

    Dia juga menjelaskan betapa vitalnya komunikasi satelit untuk wilayah di tanah air yang lokasinya terletak di kawasan ring of fire. Dimana banyaknya gugusan gunung berapi yang aktif dikombinasikan dengan laut yang mengelilinginya, dimana munculnya potensi tsunami cukup besar sehingga potensi timbulnya bencana alam di Indonesia sangat besar.

    “Kita mengingat kembali saat terjadi bencana tsunami di Aceh dan Nias yang menghancurkan infrastruktur telekomunikasi. Semua komunikasi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan satelit,” katanya.

    Dia juga mengatakan Indonesia telah memiliki pengalaman dalam komunikasi satelit, ini berawal pada tahun 1976. Kala itu Indonesia sudah mengirimkan ke orbit satelit pertamanya Palapa A-1. Jadi, sampai saat ini keberadaan satelit merupakan kebutuhan yang sangat vital di Indonesia, khususnya dalam turut mendirikan infrstruktur broadband untuk wilayah-wilayah terpencil.

    Farida menerangkan juga mengenai proyek Palapa Ring, dimana ini adalah bagian dari usaha Pemerintah Indonesia untuk memberikan layanan jaringan komunikasi pada wilayah terpencil.

    “Palapa Ring adalah jaringan nasional yang akan menjadi tulang punggung Indonesia. Ini teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan tujuh pulau utama, 33 provinsi, dan 460 kabupaten dengan jumlah 13.000 km serat optik. Palapa Ring dan jaringan satelit secara bersamaan akan mencakupi layanan telekomunikasi broadband di seluruh Indonesia,” jelasnya dengan tegas.

    Henri Yvon, Chief of Space Service Departement (SSD), Radio communication Bureau, International Telecommunication Union (ITU) menyampaikan bahwa satelit memiliki peranan yang makin penting karena menghadirkan jangkauan hampir di semua wilayah, yang mampu memberi dukungan pada kehidupan sehari-hari.

    “Baik untuk penyaluran program televisi dan penyiaran, jaringan seluler infrastruktur backhaul, global positioning dan navigasi, meteorologi dan pemantauan sumber daya bumi, akses internet dan telekomunikasi di daerah terpencil atau dalam situasi darurat, dan komunikasi keselamatan,” ujarnya seraya mengakhiri pembicaraan.
     
  2. PadjajaranHost

    PadjajaranHost Expert 2.0

    Messages:
    966
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    klo proyek Palapa Ring selesai, koneksi broadband bakalan sampai kepelosok ya
     
  4. PadjajaranHost

    PadjajaranHost Expert 2.0

    Messages:
    966
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    Saya denger kabar sih begitu mas, mudah mudahan aja bener
     
  5. UNMETERED

    UNMETERED Apprentice 2.0

    Messages:
    540
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    28
    Sekarang ini zaman udah maju dan telah memasuki era digital, pembaharuan pembaruan dan inovasi akan mengalami sebuah perkembangan yang pesat. Hal ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat pedalaman/pelosok nusantara untuk dapat menikmatinya. Semoga segera terwujud dengan cepat..
     
  6. GPLHosting

    GPLHosting Expert 2.0

    Messages:
    979
    Likes Received:
    467
    Trophy Points:
    63
    Jangan lupa, yang menamakan satelit pertama di Indonesia adalah Bapak Pembangunan Indonesia, Jenderal Besar Haji Muhammad Soeharto Rahimahullaah.

    Sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia yang memiliki Satelit Komunikasi setelah USA dan Kanada.

    Kemudian Palapa Ring adalah gagasan yang di gulirkan dan di wujudkan pada zaman Presiden SBY dimana gagasan tsb berawal dari desain Nusantara-21 yang muncul di tahun 1996-1997 untuk menjadi saingan dari Malaysia MSC (Multimedia Super Corridor) dan Singapore ONE (One Network for Everyone).
     
  7. UNMETERED

    UNMETERED Apprentice 2.0

    Messages:
    540
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    28
    Apa ya yang menjadi perbedaan antara palapa ring dengan palapa-palapa sebelumnya, masih newbie juga dengan ilmu persatelitan..:39:
     
  8. GPLHosting

    GPLHosting Expert 2.0

    Messages:
    979
    Likes Received:
    467
    Trophy Points:
    63
    Lho pak kiai Abd Rochman kan guru STM, mbok cari tau dong bersama boss nya, pak Bambang ... :D
     
  9. marsh

    marsh Beginner 2.0

    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya yah Tuan...idn tuh bagus juga tapi sekarang mah...ketinggalan amat ama singapura...saya lihat lihat tuh si raja singa mau jadiin negara mereka kayak silicon valley gitu...klau jadi yah...bakalan kacau indonesia...bakalan jadi parah nih idn untuk kemajuan teknologi nya...tapi ya mau bagaimana lagi...cous pemerintahan kita nggak jelas mau di bawa kemana idn itu sendiri..:48::41:
     
    GPLHosting likes this.
  10. Ant0t3ch

    Ant0t3ch Poster 1.0

    Messages:
    91
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...