Isi Situs Internet Pertama di Dunia 25 Tahun Yang Lalu

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 8 Aug 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Jakarta – Proyek World Wide Web yang dipelopori oleh Tim Berners-Lee 25 tahun yang lalu meluncurkan situs internet pertama di dunia. Situs tersebut merupakan situs perdana yang dapat diakses oleh publik.

    Peluncuran situs perdana itu dilakukan pada tanggal 6 Agustus 1991. Tidak ada acara ataupun seremoni yang meriah pada saat peluncurannya.

    Pada waktu itu Lee memang tidak secara langsung mengumumkannya ke publik melainkan ke dalam sebuah grup Usenet, sebuah protokol komunikasi antar komputer yang terkoneksi menggunakan jaringan. Usenet sendiri adalah sebuah forum yang merupakan cikal bakal dari forum internet yang sudah ada lebih dahulu sebelum adanya internet atau world wide web yang seperti kita kenal sekarang.

    Pada saat situs perdana Lee diumumkan ke grup Usenet tersebut, tidak langsung mendapat tanggapan dari pengunjung. Barulah pada tanggal 23 Agustus 1991 situs perdana tersebut menerima kunjungan pertama kali dari pengunjung. Seperti yang dilansir dari Engadget, Senin (8/8/2016).

    Isi dari situs perdana itu hanya sebuah petunjuk yang menerangkan bagaimana cara membuat hyperlink. Untuk melihat isi situs pertama di dunia bisa mengakses melalui link berikut http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.

    Walaupun isi yang ditampilkan sederhana, dengan adanya peluncuran situs perdana tersebut merupakan sebuah awal munculnya situs yang dapat digunakan sebagai alat oleh masyarakat di seluruh dunia.

    Baru pada tahun 1993, dua tahun setelah peluncurannya pemakaian situs untuk sebuah alat mulai banyak digunakan. Jadi proses perubahan yang terjadi tidak berlangsung secara singkat.

    Sebuah browser atau peramban pertama kali diluncurkan oleh National Center for Supercomputing Application (NCSA). Peramban ini merupakan cikal bakal dari peramban yang kita kenal sekarang, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari serta jenis peramban lain yang ada.

    Dengan diluncurkan Mosaic, European Organization for Nuclear Research (CERN) menjadikannya sebuah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis dan sebuah proyek open source. Oleh karena itu Mosaic semakin populer dan banyak digunakan oleh orang pada masa itu.
     
  2. Hosting Bagus

    Hosting Bagus Apprentice 1.0

    Messages:
    210
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    websitenya masih belum di bedakin sama css ya tuan.. Hehehe jadi polos bgt :D
     
  3. hostindo

    hostindo Apprentice 2.0

    Messages:
    544
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    mungkin makai html aja tuan makanya dulu begitu,belum terlalu ngembangin beberapa program seperti sekarang :D
     
  4. netone

    netone Poster 1.0

    Messages:
    82
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    beda bgt ama skr ya eheheh
     
  5. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,103
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    tampilannya sederhana banget, belum ada desain ini itu
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...