Jaga Reputasi Bisnis Anda di Dunia Maya

Discussion in 'Bisnis' started by damos, 26 Dec 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. damos

    damos Beginner 2.0

    Messages:
    48
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Situs jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya memudahkan konsumen untuk mempublikasikan pendapat mereka dalam menggunakan produk tertentu. Di internet, forum-forum disediakan berbagai komunitas untuk membicarakan apapun. Kemajuan teknologi akan membuat bisnis Anda mendapat tanggapan konsumen secara online.

    Di internet, dengan atau tanpa Anda, para pelanggan, pesaing, dan masyarakat umum membahas tentang bisnis Anda. Anda perlu mendengarkan dan memantau diskusi-diskusi mereka, untuk menjaga kesetiaan mereka dalam menggunakan produk Anda. Dengan mendengarkan pendapat mereka, Anda dapat melindungi reputasi bisnis Anda, sekaligus juga menemukan peluang baru dan tentu saja untuk membuat produk Anda semakin digandrungi.

    Pemantauan situs jaringan sosial merupakan agenda penting bagi setiap pemilik bisnis. Tidak hanya sekadar mengawasi blog, Anda juga harus memeriksa situs-situs video, image-sharing, ataupun situs microblogging seperti Twitter, serta forum-forum diskusi. Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda harus memantau reputasi bisnis Anda di internet:

    1. Pengaduan
    Ada pelanggan yang mungkin memposting keluhan tentang produk Anda, layanannya, atau bahkan stafnya. Berilah tanggapan atas respon pengaduan semacam ini, karena dengan begitu Anda menunjukkan pada konsumen bahwa Anda peduli atas kepuasan mereka.

    2. Pujian
    Pujian bisa muncul di dunia maya dalam berbagai bentuk, misalnya pesan ucapan selamat atau mungkin komentar pelanggan tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Testimonial berupa pujian di dunia maya adalah sarana marketing yang baik dan dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda.

    3. Mengetahui keinginan konsumen
    Cara terbaik untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen adalah dengan mencari kata kunci yang sering digunakan untuk menggambarkan kebutuhan tersebut. Konsumen Anda kadang ada yang meminta rekomendasi orang lain mengenai produk yang tepat dan cocok dengan kebutuhan mereka sebelum mereka membeli.

    4. Pesaing
    Jika Anda menempatkan diri sebagai konsumen sebuah produk, misalnya saat nonton iklan di televisi, biasanya Anda akan lebih peka siapa-siapa saja kompetitor produk yang Anda gunakan. Namun sebagai pengusaha, Anda perlu mencari tahu sendiri, dan mengasah kepekaan akan dunia industri yang Anda geluti. Komentar konsumen di internet adalah sumber yang baik untuk mengetahui kompetitor Anda.

    5. Konsumen baru
    Bukan tidak mungkin, produk yang Anda luncurkan ternyata digunakan orang-orang yang di luar target sasaran Anda. Anda bisa mengetahui tren masyarakat akan produk Anda. Jika misalnya Anda menjual pisang goreng pasir, di internet mungkin saja sekelompok remaja membicarakannya, namun bukan membicarakan produknya, tapi membicarakan tentang cara membuatnya. Nah, Anda sebagai ahlinya, bisa ikut berdiskusi dengan mereka, ikut angkat bicara, bila perlu sambil promosi. Jika ruang pembicaraan itu adalah sebuah forum, ikut gabunglah di forum tersebut, atau Anda juga boleh membuka topik-topik baru.

    6. Orang-orang yang berpengaruh
    Dalam forum-forum, biasanya ada orang-orang yang berpengaruh. Mereka memegang kendali atas opini publik. Mereka banyak memposting pada berbagai topik dan member komentar pada topik apapun. Anda perlu memantau aktivitas dan komentar-komentar orang-orang ini mengenai produk Anda, bila perlu memengaruhi mereka.

    7. Mengamati tren
    Diskusi di situs jaringan sosial dapat berfungsi sebagai sistem peringatan dini sebelum sebuah isu menjadi trending topic. Di internet ada fungsi-fungsi khusus yang dapat menemukan kata-kata baru yang sering muncul tentang produk Anda. Pelacakan tren ini dapat Anda gunakan di kemudian hari untuk promosi selanjutnya atau untuk mengukur efektivitas promosi yang telah dilakukan sebelumnya.

    8. Menjaga reputasi merek
    Saat ini, reputasi merek tidak lagi sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan. Lebih dari itu, di dunia maya, nilai suatu merek ditentukan oleh percakapan orang-orang yang aktif berinternet. Dengan menganalisis isi situs jaringan sosial, Anda dapat menemukan informasi lebih luas tentang konsumen Anda, istilah-istilah baru yang
    sering muncul di tengah masyarakat, serta diskusi lain yang berhubungan dengan produk Anda.

    (Sumber)
     
    WelcomeWall and junior riau like this.
  2. Pencari_Ilmu

    Pencari_Ilmu Expert 2.0

    Messages:
    825
    Likes Received:
    109
    Trophy Points:
    43
    good share Tuan, makasih infonya :)
     
  3. upakarti

    upakarti Poster 2.0

    Messages:
    171
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Saran dari sesepuh saya: "berbisnislah dengan orang - orang yang amanah dan mempunyai kredibilitas". Paling tidak berbisnislah dengan yang mempunyai reputasi bagus, yang dibangun dari pondasi saling mempercayai.
     
    ceoseo and localhost like this.
  4. localhost

    localhost Apprentice 2.0

    Messages:
    576
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    saya setuju sama ini :)
     
  5. tokobunga

    tokobunga Poster 1.0

    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ok saya sangat setuju sekali dengan statement diatas
     
  6. Nina Prasetyo

    Nina Prasetyo Expert 2.0

    Messages:
    970
    Likes Received:
    277
    Trophy Points:
    63
    Ikut nambahin point :

    9. Netral, tidak memihak kubu politik manapun dalam berbisnis, agar target marketnya tidak terkotak-kotak atau mengerucut kecil ;)
     
  7. fiona

    fiona New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bagusnya c memiliki service yg memuaskan bagi pelanggan nanti mrk otomatis dech cri balik bli brg lagi ato mrk pun bs rekomendasi k tmn" mrk :D
     
  8. iidbae

    iidbae Apprentice 2.0

    Messages:
    449
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    28
    Hampir sama juga sih sama dengan di dunia nyata, cuma bedanya kalau di dunia maya gampang-gampang susah juga melihat reputasi seseorang itu.
     
  9. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Ini bisa jadi kitab menbangun dan menjaga reputasi. Mantep banget. Maksih Tuan ilmunya. Bisa buat memperbaiki costumer care. :)
     
  10. wisnu dwi putra

    wisnu dwi putra Poster 1.0

    Messages:
    100
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Walaupun saya sebagai pemula, tapi saya setuju nih
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...