Jaga Reputasi Bisnis Anda di Dunia Maya


Status
Not open for further replies.

damos

Beginner 2.0
Situs jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya memudahkan konsumen untuk mempublikasikan pendapat mereka dalam menggunakan produk tertentu. Di internet, forum-forum disediakan berbagai komunitas untuk membicarakan apapun. Kemajuan teknologi akan membuat bisnis Anda mendapat tanggapan konsumen secara online.

Di internet, dengan atau tanpa Anda, para pelanggan, pesaing, dan masyarakat umum membahas tentang bisnis Anda. Anda perlu mendengarkan dan memantau diskusi-diskusi mereka, untuk menjaga kesetiaan mereka dalam menggunakan produk Anda. Dengan mendengarkan pendapat mereka, Anda dapat melindungi reputasi bisnis Anda, sekaligus juga menemukan peluang baru dan tentu saja untuk membuat produk Anda semakin digandrungi.

Pemantauan situs jaringan sosial merupakan agenda penting bagi setiap pemilik bisnis. Tidak hanya sekadar mengawasi blog, Anda juga harus memeriksa situs-situs video, image-sharing, ataupun situs microblogging seperti Twitter, serta forum-forum diskusi. Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda harus memantau reputasi bisnis Anda di internet:

1. Pengaduan
Ada pelanggan yang mungkin memposting keluhan tentang produk Anda, layanannya, atau bahkan stafnya. Berilah tanggapan atas respon pengaduan semacam ini, karena dengan begitu Anda menunjukkan pada konsumen bahwa Anda peduli atas kepuasan mereka.

2. Pujian
Pujian bisa muncul di dunia maya dalam berbagai bentuk, misalnya pesan ucapan selamat atau mungkin komentar pelanggan tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Testimonial berupa pujian di dunia maya adalah sarana marketing yang baik dan dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda.

3. Mengetahui keinginan konsumen
Cara terbaik untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen adalah dengan mencari kata kunci yang sering digunakan untuk menggambarkan kebutuhan tersebut. Konsumen Anda kadang ada yang meminta rekomendasi orang lain mengenai produk yang tepat dan cocok dengan kebutuhan mereka sebelum mereka membeli.

4. Pesaing
Jika Anda menempatkan diri sebagai konsumen sebuah produk, misalnya saat nonton iklan di televisi, biasanya Anda akan lebih peka siapa-siapa saja kompetitor produk yang Anda gunakan. Namun sebagai pengusaha, Anda perlu mencari tahu sendiri, dan mengasah kepekaan akan dunia industri yang Anda geluti. Komentar konsumen di internet adalah sumber yang baik untuk mengetahui kompetitor Anda.

5. Konsumen baru
Bukan tidak mungkin, produk yang Anda luncurkan ternyata digunakan orang-orang yang di luar target sasaran Anda. Anda bisa mengetahui tren masyarakat akan produk Anda. Jika misalnya Anda menjual pisang goreng pasir, di internet mungkin saja sekelompok remaja membicarakannya, namun bukan membicarakan produknya, tapi membicarakan tentang cara membuatnya. Nah, Anda sebagai ahlinya, bisa ikut berdiskusi dengan mereka, ikut angkat bicara, bila perlu sambil promosi. Jika ruang pembicaraan itu adalah sebuah forum, ikut gabunglah di forum tersebut, atau Anda juga boleh membuka topik-topik baru.

6. Orang-orang yang berpengaruh
Dalam forum-forum, biasanya ada orang-orang yang berpengaruh. Mereka memegang kendali atas opini publik. Mereka banyak memposting pada berbagai topik dan member komentar pada topik apapun. Anda perlu memantau aktivitas dan komentar-komentar orang-orang ini mengenai produk Anda, bila perlu memengaruhi mereka.

7. Mengamati tren
Diskusi di situs jaringan sosial dapat berfungsi sebagai sistem peringatan dini sebelum sebuah isu menjadi trending topic. Di internet ada fungsi-fungsi khusus yang dapat menemukan kata-kata baru yang sering muncul tentang produk Anda. Pelacakan tren ini dapat Anda gunakan di kemudian hari untuk promosi selanjutnya atau untuk mengukur efektivitas promosi yang telah dilakukan sebelumnya.

8. Menjaga reputasi merek
Saat ini, reputasi merek tidak lagi sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan. Lebih dari itu, di dunia maya, nilai suatu merek ditentukan oleh percakapan orang-orang yang aktif berinternet. Dengan menganalisis isi situs jaringan sosial, Anda dapat menemukan informasi lebih luas tentang konsumen Anda, istilah-istilah baru yang
sering muncul di tengah masyarakat, serta diskusi lain yang berhubungan dengan produk Anda.

(Sumber)
 

localhost

Apprentice 2.0
Saran dari sesepuh saya: "berbisnislah dengan orang - orang yang amanah dan mempunyai kredibilitas". Paling tidak berbisnislah dengan yang mempunyai reputasi bagus, yang dibangun dari pondasi saling mempercayai.

saya setuju sama ini :)
 

Nina Prasetyo

Expert 2.0
Ikut nambahin point :

9. Netral, tidak memihak kubu politik manapun dalam berbisnis, agar target marketnya tidak terkotak-kotak atau mengerucut kecil ;)
 

fiona

New Member
bagusnya c memiliki service yg memuaskan bagi pelanggan nanti mrk otomatis dech cri balik bli brg lagi ato mrk pun bs rekomendasi k tmn" mrk :D
 

iidbae

Expert 1.0
Hampir sama juga sih sama dengan di dunia nyata, cuma bedanya kalau di dunia maya gampang-gampang susah juga melihat reputasi seseorang itu.
 

exabytes-id

Expert 1.0
Ini bisa jadi kitab menbangun dan menjaga reputasi. Mantep banget. Maksih Tuan ilmunya. Bisa buat memperbaiki costumer care. :)
 
Status
Not open for further replies.

Top