Malu Bertanya Sesat di Jalan.. Web Hosting itu Maksudnya apa..??

Discussion in 'Web Hosting' started by caca, 6 Nov 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. caca

    caca New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    berkelut didunia internet tidak semudah yang kita bayangkan.. taunya facebookan.. ini dia akhirnya ketinggalan zaman.. mohon bimbingannya ya.. thanks..
     
  2. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Nih saya copas aja penjelasan singkat dari salah satu sumber informasi di internet ;)

    Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :

    Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.


    Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :


    Seperti telah dijelaskan diatas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log) akibat ditinggal kekasih.

    Mengapa Perlu Web Hosting :


    Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan,

    Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.

    Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site.

    Singkatnya, bila anda telah membuat prototip disain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh disain itu di internet dengan mengupload disain anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting.

    Kapan anda membutuhkan Situs Web :

    Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membutuhkan layanan web hosting.

    Situs web adalah sebuah channel above the line yang termurah yang ada di pasar saat ini, kemampuan broadcast 24jam seminggu, tak terbatas pada aspek demografis, geografis, menjadikannya positif dalam rasio cost to benefit. Bila anda ingin ditemukan, dikenal, diapresiasi, mengiklankan diri/produk anda, berarti anda wajib memiliki situs web.

    Dimana menyewa Web Hosting :


    Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia.

    Jangan ragu untuk bertanya, bandingkan fitur kunci seperti kapasitas ruang dan kapasitas bandwidth, jangan tergiur oleh promosi penyelenggara jasa web hosting yang bombastis.

    Teknologi apa yang digunakan :


    Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan

    Bagaimana cara Mengelola Web Hosting :

    Setelah anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan tantangan yang tidak murah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui. Sebuah Tips sederhana yaitu, lakukan persiapan pada posisi Off Line untuk menghemat. Selamat mencoba.
     
    Afiv likes this.
  3. pasarhosting.com

    pasarhosting.com Beginner 1.0

    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ilmu umumnya sudah cukup tuh dari Tuan sigmabisnis, bisnis didunia internet terutama hoster itu menariiiikkk.

    mudah2an lancar boz...
     
  4. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,342
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    jangan lupa TS kasih thanks ke sigmabisnis yahhhh, caranya tekan tombol Thanks sebelah kiri
     
  5. Arkanium

    Arkanium Beginner 1.0

    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Just info

    Sekedar melengkapi Tuan.. Semoga bermanfaat..
    Ini Copas dari KB tempat saya..

    Bagaimana Memulai Aktivitas Online di Internet.
    Beraktivas secara online di dunia internet dapat berarti banyak hal, mulai dari aktivitas personal, edukasi, e-trading, forum komunitas, atau pun platform bisnis suatu perusahaan. Beraktivitas secara online di internet lebih dipahami orang dengan memiliki suatu website atau blog.

    Namun perlu diperhatikan suatu aktivitas online atau suatu website dapat berjalan dan diakses oleh public, diperlukan tiga elemen dasar dalam beraktivitas secara online, yaitu :
    1. Memiliki web hosting
    2. Memiliki nama domain
    3. Memiliki platform website (secara umum)

    Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Web Hosting
    Web hosting adalah jenis layanan internet yang memungkinkan individu, organisasi atau perusahaan untuk membuat situs web sebagai media aktivitas online mereka, yang dapat diakses dan dipublikasikan melalui World Wide Web (WWW).

    Web Host atau provider web hosting merupakan perusahaan yang menyediakan ruang atau space dalam server mereka, sebagai tempat penyimpanan file-file website pelanggan mereka dan mengkoneksikannya dengan jaringan internet sehingga situs-situs pelanggan mereka dapat dipublikasikan dan diakses oleh pengguna internet.

    Apa Keuntungan Memiliki Web Hosting
    Memiliki Web Hosting tak ubah nya memiliki suatu bangunan, yang dapat digunakan oleh Anda untuk pusat aktivitas. Web hosting merupakan pusat aktivitas online Anda, tidak hanya sebagai media penyimpanan file – file website Anda saja.
    Namun, Web hosting juga memungkinkan Anda untuk mengelola dan menjalankan aktivitas e-mail dengan domain Anda sebagai basis, misalnya email.saya@domainsaya.com.
    Web Hosting merupakan elemen utama Anda dalam beraktivitas secara online

    Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Nama Domain
    Dalam dunia hosting juga dikenal dengan istilah Nama Domain, sebagai contoh misalnya, domainsaya.com. Nama Domain adalah suatu identitas bagi suatu akun hosting.
    Bila hosting kita analogikan kembali sebagai suatu bangunan, maka nama domain adalah nama jalan atau pemberi tanda atau identitas unik untuk akun hosting Anda, yang memungkinkan orang lain mengunjungi situs Anda.

    Secara umum, orang sering memahami nama domain sebagai nama situs. Anggapan yang dapat kita benarkan, karena suatu situs tidak akan dapat diakses atau dikenal dengan baik tanpa memiliki suatu Nama Domain. Namun secara teknis, fungsi domain adalah menjadi pengenal atau identitas suatu akun hosting.

    Apakah Saya Bisa Menggunakan Web Hosting Tanpa Nama Domain?
    Anda dapat saja memiliki suatu web hosting saja, atau suatu domain saja. Namun untuk menggunakannya, tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya, dalam beraktivitas secara online Nama Domain dan Web Hosting merupakan suatu kesatuan yang secara fungsi saling terkait.

    Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Platform Website
    Pada fungsi yang paling dasar, dengan memiliki nama domain dan web hosting, maka Anda sudah dapat melakukan pengelolaan atau penggunaan aktivitas email dengan basis domain Anda. Sekalipun secara visualisasi Anda tidak memunculkan suatu platform website.

    Yang dimaksud dengan platform website adalah, media visualisasi situs atau website atau Blog Anda. Platform Website dapat menggunakan beragam bentuk visualisasi, yang secara umum digunakan, yaitu:
    • Platform website dengan bahasa pemrograman seperti html, php, dan lain sebagainya.
    • Platform website dengan menggunakan aplikasi, seperti Joomla, Wordpress, Drupal, phpBB, vBuletin, dan lain sebagainya.
    • Anda pun dapat menggunakan platform website dengan meng-sinkronisasi-kan nya dengan blogspot Anda.

    Bagaimana Menentukan Layanan Produk Hosting Yang Terbaik?
    Dalam menentukan layanan produk hosting terbaik ada beberapa parameter yang digunakan secara umum.
    1. Dukungan layanan technical support. Provider hosting yang baik adalah yang memiliki dukungan layanan technical support yang handal dan dapat dihubungi kapan pun bilamana dibutuhkan.
    2. Spesifikasi fitur teknis. Hal ini meliputi kapasitas disk space, bandwidth, email account, database dan lain sebagainya.
    3. Fasilitas fitur pendukung. Memberikan Anda kemudahan dalam melakukan optimalisasi website atau aktivitas online Anda.
    4. Pertimbangan harga. Kualitas yang baik, tidak berarti memiliki harga yang mahal. Begitupun sebaliknya, harga yang murah bukan berarti kualitas yang rendah.

    Semoga bermanfaat Tuan.. :65:
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...