Menghidupkan laptop tanpa baterai

Discussion in 'Komputer dan Peralatannya' started by rizalhdi, 10 Dec 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rizalhdi

    rizalhdi New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mau tanya nih, buat kita anak programmer sering banget menggunakan laptop. bisa 5-8 jam, bankan bisa lebih dari 8 jam.
    yg aq mau tanya disini manakah yg kita pilih antara 3 pilihan dibawah ini :

    1. menggunakan laptop tanpa baterai.
    * gmna klo mati lampu(klo sering mati lampu bisa rusak harddisknya)
    * menggunakan ups(salah-satu karyawan toko komputer mengatakan klo ups hanya untuk komputer, laptop gak boleh)
    2. menggunakan laptop sambil di charge.
    * bisa memperpendek umur baterai
    3. menggunakan laptop dengan baterai saat tidak sedang dicharge. contohnya seperti ini : saat kita sedang coding tiba-tiba baterai habis, yg harus dilakukan adalah mematikan laptop lalu di charge terlebih dahulu. setelah baterai penuh, menghidupkan laptop dan melanjutkan coding. begitu seterusnya
    * ada yg mengatakan klo cara ini bisa memperpanjang umur baterai. tapi menurutku ribet klo seperti.

    manakah yg harus kita pilih ?
    atau ngga pendapat masing" aja :):):)
     
  2. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,653
    Likes Received:
    755
    Trophy Points:
    113
    saat ini saya pakai yg nomor 2 Tuan...
     
  3. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    untuk point #2, setahu saya ini ngga terjadi lagi buat batere2 laptop baru yang pakai lithium batere.. umur batere ditentukan oleh life cycle batere... jadi kalau sering charge-discharge batere, cepet memperpendek batere.. kalau laptop dalam posisi di charge dengan batere, dan batere sudah penuh, lanjutkan aja... teknologi batere baru, kalau sudah penuh, dia bakal otomatis stop charging, jadinya ngga overcharge..

    kalau saya ngga salah, bagusnya pakai laptop + batere.. apalagi kalau di tempat yang tegangannya ga stabil.. batere bisa membantu dalam hal ini, jadi tidak cepat merusak komponen komputer...
     
    jagoan likes this.
  4. rizalhdi

    rizalhdi New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ada juga yg bilang waktu laptop hidup sambil di charge trus udah penuh baterainya langsung di lepas waktu itu juga ( kabel powernya masih nyambung ) itu gmna Tuan ???? :confused:
     
  5. vanquizhers

    vanquizhers Poster 2.0

    Messages:
    163
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Saya yang nomor 2.

    Bener kata Om Benny,
    Kalau ngga salah sudah ada beberapa laptop / netbook (ngga semua) kalau baterai penuh, maka dia akan langsung switch otomatis menggunakan arus listrik.
     
  6. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,258
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    saya pake opsi nomor #2

    alasan :

    1. laptop saya pake lenovo dimana ada software battery management, kalo posisi di cas bisa kita set hanya sampai 50% saja setelah itu berhenti. Jadi tidak masalah meskipun saya colok 24 jam.

    2. Baterai laptop lenovo tipe milik saya kalo beli 250rb saja, saya lbh lbh baik colok baterai , meskipun rusak cukup 250rb saja, dari pada cabut baterai lgs ke listrik , malah rusak motherboardnya cost bakal lbh mahal seharga beli laptop baru :)
     
    BikinDesainSitus likes this.
  7. rizalhdi

    rizalhdi New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    berarti ngefek ke MB-nya ya waktu ngelepas baterai tapi colokannya ngga dicabut... ???? :)
     
  8. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,334
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Kalau dirumah Opsi no #2 ditambah Stavolt. Kalau sudah penuh beterenya tinggal matikan stavolt klo habis nyalakan lagi.
     
  9. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,927
    Likes Received:
    613
    Trophy Points:
    113
    saya di rumah laptop advance pakai opsi nomor #2, ada software iPowerXcrss yang fungsinya sudah dijelaskan sama om Ben :D,
    sudah 4 tahun batre baru baru mau modar sekarang, umur batre skrng cuma 5-10 menit udah tewas
     
  10. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,653
    Likes Received:
    755
    Trophy Points:
    113
    hasil survey sementara dari 6 respon warga DWH mengatak jika "menggunakan laptop sambil di charge" lebih menguntungkan dibandingkan pilihan yg lainnya.
    hahahahaha
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...