Menkominfo : Semua kabupaten kota tahun 2019 harus terhubung broadband

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 17 Jun 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    130
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Batam – Ditargetkan pada tahun 2019 seluruh kabupaten kota di Indonesia sudah terkoneksi melalui layanan internet broadband dengan kualitas yang baik. Ini sudah merupakan target dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal tersebut disampaikan oleh Menkominfo, pada hari Rabu (15/6/2016), di Batam Kepulauan Riau.

    “Semua kabupaten kota tahun 2019 harus terhubung broadband, dengan kecepatan sama,” ujar Menkominfo Rudiantara seperti dilansir dari KompasTekno.

    Berdasarkan catatan yang ada di Kemenkominfo saat ini baru sekitar 400 dari 514 kabupaten kota yang terkoneksi dengan layanan broadband. Jadi masih ada 114 kabupaten kota yang belum terjangkau layanan broadband.

    Belum meratanya layanan kualitas dan harga akses broadband juga merupakan hal yang perlu diperhatikan disamping masalah belum tersedianya koneksi.

    “Kecepatan akses di Jakarta 20 kali lebih cepat dibanding di timur. Di ruangan ini, jauh di bawah Jakarta. Itu kenikmatan di Jakarta. Harga di Papua, paket internet juga 1,65 kali dibanding Jakarta. Sudah lelet, lebih mahal,” ujar Rudiantara.

    Karena operator tidak dapat melayani secara keseluruhan, maka Menkominfo memastikan dalam hal ini pemerintah akan terlibat dalam pembangunan infrastruktur pita lebar pada proyek palapa ring.

    Menkominfo yakin bahwa akses internet akan bisa menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat dengan adanya percepatan pertumbuhan dan meratanya pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

    Proyek Palapa Ring dibagi tiga yaitu Paket Barat yang terdiri dari Bengkalis dan Kepulauan Meranti di Provinsi Riau, serta Natuna, Lingga dan Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau.

    Palapa Ring Tengah melayani 17 kabupaten kota yaitu Mahakam Ulu di Kalimantan Timur; Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud dan Kepulauan Siau Tagulandang di Sulawesi Utara; Morowali, Banggai Kepulauan, Banggai Laut di Sulawesi Tengah; Muna, Konawe Utara, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Muna Barat dan Butan Tengah di Sulawesi Tenggara; Pulau Morotai, Pulau Taliabu dan Tidore Kepulauan di Maluku Utara.

    Palapa Ring Timur melayani 35 kabupaten kota yaitu Rote Ndao dan Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur; Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya di Maluku.

    Kemudian 22 kabupaten kota di Papua yaitu Jayawijaya, Nabire, Kepulauan Yapen, Puncak Jaya, Painai, Keerom, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Waropen, Boven Digoel, Mappi, Asmat, Supiori, Mamberamo Raya Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya, Nduga, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dam Deiyai.

    Serta enam kabupaten Papua Barat yaitu Sorong Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Tambraw, Maybrat, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak.

    Ketiga paket itu direncanakan sudah bisa diselesaikan pada 2018.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...