Nasehat IT Freelancer

Discussion in 'Berbisnis di Internet' started by exabytes-id, 20 Oct 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Ketemu lagi Tuan. Hehe...
    Kali ini saya mau berbagi tips menjadi freelancer IT. Bagi yang punya pendapat lebih, silahkan ditambahkan ya. Agar bisa saling membangun.
    Berikut ini tipsnya :

    1. Jangan buru-buru mengajukan proposal proyek
    Maksudnya yaitu, akan lebih baik anda sekarang fokus ke profil anda (personal branding), yaitu bagaimana membuat sebuah profil yang bagus, profil yang "menjual". Misalkan membuat personal web/portofolio seperti yg beberapa waktu lalu saya share.

    2. Pelajari aturan, kebijakan dan fasilitas pendukung yang ada
    Broker jasa freelancer berfungsi sebagai penengah antara anda dan klien anda nanti, jadi sangat penting Anda memahami semua aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh mereka. Lengkapi semua data yang dibutuhkan.

    Ini lebih baik, dibanding jika anda buru-buru mengajukan proposal, lalu taruh kata anda langsung mendapatkan job, tapi kemudian di tengah jalan anda menemukan kendala dan masalah-masalah dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan anda terhadap tool dan fasilitas yang ada, yang pada akhirnya anda tidak mampu melakukan tugas dengan baik. Ini sebuah awal yang buruk, karena anda akan mendapat rating yang kurang bagus.

    Ingat! Menjadi freelancer adalah karir jangka panjang. Rating adalah sesuatu yang penting, dengan memiliki rating yang bagus, anda berkesempatan untuk dipilih oleh klien, jadi bukan anda yang memilihi klien, tapi klien yang mencari anda.

    3. Pasang foto di profil anda
    Ini adalah wajib, karena profile kita ada "wajah" kita yang nanti akan dilihat oleh calon klien. Maka upload-lah foto anda (pilih salah satu yang paling bagus menurut anda, hehehe...). Profil yang tidak memiliki foto, biasanya tidak akan dianggap oleh calon klien.

    4. Isi bidang keahlian anda
    Ini salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih. Saran terbaik saya adalah: jangan tuliskan semua keahlian yang tidak saling berhubungan, meski pun anda merasa "mampu" melakukannya. Seperti misalnya Anda menulis: designer, data entry, SEO expert, programmer, marketing, dan seabrek bidang lainnya. Ini sama sekali tidak efektif, karena klien justru akan mengganggap anda tidak "expert" di semua bidang itu.

    Jauh lebih baik anda fokus ke salah satu bidang saja. Apa bidang yang terbaik anda kuasai? Itulah yang perlu anda tuliskan di sini. Janganlah menjadi "dokter umum", jadilah "dokter spesialis" maka anda akan dibayar lebih mahal!

    5. Ikuti tes keahlian
    Luangkan waktu untuk mengikuti tes keahlian, pilih tes yang sesuai dengan bidang jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda adalah desainer, maka anda bisa mengambil tes aplikasi yang banyak digunakan untuk desain, seperti photoshop, illustrator, coreldraw, InDesign, dan lain-lain.

    Ini juga tak kalah penting, sebagai bukti bahwa kita benar-benar kompeten di bidang yang kita 'mengaku' ahli di bidang itu. Klien cukup memberi perhatian untuk hal yang satu ini, karena dengan itu klien mengetahui apakah kita 'capable' di bidang itu atau tidak. Ditambah lagi, dengan mengikuti tes ini, anda akan mendapat tambahan kuota dalam pengajuan aplikasi.

    6. Pasang portfolio anda
    Portfolio adalah hasil karya anda di masa lalu. Jika ada punya, pasang di profil anda. Ini juga penting. Hampir setiap job posting mensyaratkan Anda memiliki portfolio sebagai bukti bahwa anda memang memiliki karya. Tidak perlu semua anda upload, pilih saja beberapa yang anda anggap paling bagus dan mewakili keahlian anda.

    7. Ajukan lamaran
    Kalian bisa mencari proyek secara konvensional dilingkungan sekitar atau beraviliasi di situs/forum freelancer IT yang sudah banyak bertebaran di internet.

    Gimana Tuan? Mulai tertarik ber-freelancer? Bagus, manfaatkan sebaik mungkin peluang yang ada agar lebih produktif dan bernilai.


    Salam Kreatif
    Exabytes Indonesia
     
    Last edited by a moderator: 21 Oct 2013
    BOCindonesia and galuh82 like this.
  2. medanserv

    medanserv Poster 2.0

    Messages:
    109
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    artikel bagus, terima kasih share nya om
    dibaca secara teliti dahulu :)
     
  3. arifptm

    arifptm Poster 2.0

    Messages:
    188
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Mantap dan butuh kesabaran...
    Bila gagal...kembal ke point nomor 1
     
  4. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,662
    Likes Received:
    755
    Trophy Points:
    113
    Thanks infonya bos dicoba pahami dlu....
     
  5. BolaNaga

    BolaNaga Apprentice 1.0

    Messages:
    448
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    heheheh.... kena semprot make fake sign ;)
     
  6. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Semoga bermanfaat Tuan.

    Mencoba tetap tegar walaupun kena semprot. :cool:
     
  7. localhost

    localhost Apprentice 2.0

    Messages:
    576
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    mantap, thanks for share :)
     
  8. BOCindonesia

    BOCindonesia Expert 1.0

    Messages:
    649
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    43
    Mungkin bisa saya tambahkan, buatlah nama perusahaan. Kenapa ?
    - Meningkatkan nilai si freelancer itu di mata calon pelanggan dan masyarakat. Kadangkala orang lebih sreg berhubungan dengan perusahaan drpd dengan perorangan.
    - Kadangkala nama perusahaan bakal lebih populer dan lebih mudah dikenali daripada nama si freelancer itu. Nama seseorang itu banyak yang mirip. Apalagi di Bali ataupun di tempat lain. Pak Wayan, Pak Kadek, Pak Putu, Pak Budi, Pak Agus. Tapi kalau perusahaan web development Bali Orange, hanya satu dan mudah diingat hehehe.
    - Mudah untuk dijadikan 'kambing hitam' untuk negosiasi harga. "Waduh pak, perusahaan saya blum terima harga segitu". Kalau atas nama freelance maka calon klien akan beranggapan dana proyek itu ya untuk pribadi. Semua orang dah tahu jika bersentuhan dengan perusahaan maka banyak operasional yang harus ditanggung.
    - Think big! Jika ingin besar, jangan sendiri. Siapkanlah dari awal.

    Itu pengalaman pribadi saya, dari 2002 pake nama perusahaan Bali Orange Internet Consultant hihihihi. Abal-abal sih (who cares) namun 2005 dah buat akta notaris berbentuk CV. :)

    Good luck!
     
    pluto01 likes this.
  9. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Tambahan yang cukup bagus Tuan. Memang ada kalanya status formal (TDP) juga akan dipertanyakan. Mereka (pemberi project) akan lebih memilih orang yang sudah punya TDP / Surat ijin usaha daripada yang belum. Namun hal ini jangan dijadikan alasan untuk fakum. Tetap berkarya. Riski ada dimana-mana. :41:
     
  10. duniadata

    duniadata Beginner 2.0

    Messages:
    73
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    mantap, very nice thread nih ... dan sangat bermanfaat
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...