Ngurus Balik Nama Kendaraan

Discussion in 'The Cafe' started by dpnux, 31 Jul 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dpnux

    dpnux Expert 1.0

    Messages:
    455
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Ada yang baru balik nama kendaraan nggak? gue nunggu udah 1 bulan lebih kagak ada kabar berita dari biro jasa, di tanya katanya sedang proses. Katanya pindah wilayah dari bekasi ke jakarta. Ada yang punya pengalaman?
     
  2. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    maret ntah april kemaren saya pernah mutasi+balik nama waktunya memang lama. namun yang bikin lama ternyata ada oknum pegawai samsat yang iseng nyekolahin bpkbnya ke pegadaian .. alasan awalnya ya itu segala macem masih proses .. dan masih dalam proses .. saran saya mending ditelurusi saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan :)

    maaf, hanya bisa curhat saja heee
     
  3. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    mungkin saja persyaratanya kurang, motor saya dulu bekas oprasional perusahaan tertentu jadi untuk balik nama harus minta surat kuasa dari perusahaan tsb. kalau ngurusnya sendiri 1 hari beres kliatannya nant 1 minggu lagi ambil hasil printing bpkbnya.
     
  4. dpnux

    dpnux Expert 1.0

    Messages:
    455
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Makasih infonya, sangat berharga. Iya saya sudah dari Juli awal, kata biro jasanya 10 harian lagi. Kalau lewat, datengin birojasanya.

    Wuih cepet, sekarang saya sengaja pakai birojasa karena harus berkutat dengan kerjaan yang masih menumpuk, saya heran bener.

    Katanya si biro jasa, ada perubahan kebijakan, balik nama saat ini merubah BPKB lama menjadi BPKB baru dengan nama kita tanpa merubah plat, katanya warna sampulnya cokelat.
     
  5. dewa

    dewa Poster 2.0

    Messages:
    193
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Emang ribet kalau pakai biro jasa... Selain jasanya bayarnya mahal.. Proses mungkin bisa cepat atau lambat...
    saya bagi pengalaman menarik... pada tanggal 1 agustus saya baru BBN mobil krn selama ini masih pakai nembak KTP pemilik tangan pertama... Kalau Nembak KTP mereka pasang tarif Rp.800ribuan gitu... itu baru nembak KTP aja... belum pajaknya sekitar 700ribuan... saya pertimbangkan dari pada tahun depan No pol sdh harus wajib ganti plat baru... Makanya saya ambil inisiatif Balik nama aja dech... Setelah saya tanya di informasi... berapa biaya BBN ?? mereka berikan informasi... kurang lebih Rp.350ribu belum termasuk pajak broo.. gitu kata informannya.. kalau lewat Biro jasa... mahal sekali katanya...
    Akhirnya saya ambil keputusan... Nyoba BBN sendiri... karena saya domisili di Kabupaten Deliserdang...ternyata BBN harus dilakukan di KotaMedan... Krn masalah KTP tersebut... maka mereka sarankan BBN harus di samsat daerah saya... Emang ribet juga harus melalui proses cabut berkas dulu dari samsat tempat mobil saya berada... baru BBN lokal disamsat tempat saya berdomisili..
    Tanpa berpikir panjang saya tanya berapa biayanya Pak Polisi.. Kalau mutasi kurang lebih 1,5juta proses 3 hari bisa keluar STNK dan BPKB biasanya 3 minggu s/d 3 bln.. Krn buku BPKB diganti baru dgn model lebih kecil warna abu2x... karena skrg setiap BBN mengharuskan ganti Buku baru...
    Setelah saya pertimbangkan ternyata BBN dan Mutasi Kendaraan lebih mahal Mutasi... Beda Rp.500ribuan gitu,,, hitungan kasar saya... Wah mending saya BBN di kota Medan aja... Gimana caranya ??? KTP saya luar medan... Pikiran saya mulai berputar nyari solusi... akhirnya saya dapat ide... ada ponakan saya yang punya KTP Medan.. Wah ... lebih baik saya pakai KTP ponakan saya.. Biar urusan bayar pajak kaga pakai nembak2x lagi... kayak org mau perang dunia aja...
    Berikut langkah-langkah yang saya tempuh pada saat saya urus sendiri BBN mobil saya :
    1. Akhirnya saya minta surat kuasa pemakaian KTP ponakan saya dgn cara beli map warna kuning dan surat kuasa 2 lembar dari koperasi di samsat tersebut... dan materai 2 lembar... untuk surat kuasa tersebut...
    2. Foto copy seluruh berkas saya dari BPKP asli 2 lembar...
    3. STNK asli muka belakang dua-dua lembar dipotocopy smua...
    4. KTP asli saya dan KTP ponakan smua di potocopy per dua lembar...
    5. Surat kwitansi pembelian dan KTP pemilik kendaraan pertama dicopy 2 lembar smuanya
    6. Ingat... penting banget... Faktur pembelian yg asli disimpan baik2x jangan diikut sertakan pada saat BBN
    7. surat kuasa di copy 2 lembar juga...

    Setelah smua siap hasil copian berkas saya... Langsung ke bagian Loket informasi... Minta petunjuk dari mereka... Biasanya di setiap samsat banyak calo-calo yang berkeliaran... dgn cara halus dan rapi mereka menggandeng anda nantinya.. mata anda harus hati-hati... biasanya mereka nawarin pengisian data dan lain2x.. mendingan ditolak aja... kalau sdh sempat mereka bantu isi data anda... pasti anda akan tergeret dgn aksi selanjutnya... Ujung-ujungnya duit anda akan terkuras abis.. Mendingan katakan dgn tegas... Maaf pak.. saya bisa urus sendiri... Jangan takut nolak hal demikian... karena petugas-petugas samsat yg ada di informasi dgn senang hati membantu anda memberikan petunjuk dari nol... jangan malu bertanya... hanya hati2x jangan bertanya ke calo-calo yang sok tahu... tanya pada bagian petugas informasi...
    Minta berkas BBN diloket 2 dan seterusnya... isi data-data anda dgn lengkap sesuai anjuran mereka...
    Menurut saya untuk ngurus BBN ginian... waktu pasti cepat berlalu.. jam 12 smua pd istirahat...
    kalau begini mendingan anda lakukan hal yg cepat... yakni gesek no rangka dan mesin anda di bagian khusus untuk gesek nomor rangka anda... masukan data anda ke loket 4 di bagian Ranmor biasa tempat mereka berada jauh dr pengurusan berkas... isi data-data dgn lengkap.. dan nantinya anda mendapatkan 2 lembar kertas kuning untuk menggesek nomor mesin dan no rangka anda.. Biasanya urusan gesek nomor rada ribet... saya gunakan jasa tukang parkir untuk gesek nomor mesin dan rangka saya... cukup dgn kasi tips 10ribu diterik matahari mereka bisa kerjakan dgn cepat..
    Setelah itu saya langsung ke bagian petugas BBN letak kantor mereka berbeda... kalau data berkas anda sudah lengkap silahkan langsung ke bagian BBN ini.. Anda pasti diarahkan ke bagian Bank pembayaran pembuatan permohonan pembuatan BPKB... setoran biasanya Rp.100.000,-.. setelah itu pindah kebagian petugas BBN.. nanti anda akan diberikan kertas berkas yang harus disi..
    Yaitu sesuai data BPKB lama dan STNK lama..
    Bila sdh selesai.. anda akan diberikan Kwitansi tanda bukti BBN BPKB anda... jangan lupa anda harus poto copy selebaran tanda terima ini... krn copiannya nanti diserahkan kebagian loket terakhir bersama berkas-beras anda..
    langkah selanjutnya... anda pindah tempat sesuai petunjuk dr kantor bagian BPKB ke bagian pengurusan STNK... masukan data berkas anda kebagian ruangan sidik khusus... tunggu beberapa menit atau jam... nama anda pasti dipanggil... bila berkas masuk banyak.. berarti anda masuk dalam antrian...
    Setelah itu.. anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran kembali untuk pengurusan STNK Rp.100ribu juga.....
    Bila sdh selesai... anda harus xtra cepat... krn samsat tutupnya s/d jam 2 siang saja...
    Masukan data/berkas anda dibagian akhir biasanya anda balik kembali kebagian informasi yang pertama anda buat berkas..
    Loket ini biasanya dekat dgn informasi... masukan berkas anda... dan nantinya anda akan diberikan selebaran kwitansi tanda terima... dan mereka akan mengarahkan anda kebagian pengeckan data-data untuk terakhir kalinya... Bila data anda sdh lengkap... maka anda mendapatkan stempel no. loket pembayaran di Bank Lokal anda..
    Bila waktu anda cukup.. silahkan langsung ke bagian kasir bank dgn no loket yg ada dikwitansi tersebut... dgn membawa kembali berkas-berkas anda.. untuk dicek kebenaran nama / alamat dll...
    Biasanya petugas bank meminta anda untuk mengecek kembali data-data STNK anda... anda periksa kembali dgn teliti... nama dan alamat sesuai KTP BBN... jangan sampai ada selisih salah satunya...
    Kalau saya kemarin setelah diteliti... ada bagian nama KTP berbeda dgn data-data yg masuk dikomputerisasi...
    Setelah saya koreksi kesalahan tersebut... petugas bank mengarahkan ke bagian petugas Komputerisasi untuk meminta merubah data yg salah...
    Setelah smua clear... Balik lagi ke kasir tersebut....
    bayar pajak anda di kasir.... sesuai biaya yg diberikan oleh mereka..
    saya kaget... kok pajak dinaikin pak ???
    Ternyata saya bertanya ke bagian informasi pd tgl 1 agustus pajak seharga segini....
    Dan saya datang dan urus pajak saya pada tanggal 2 agustus ... dimana pemerintah telah menaikan pajak kendaraan sekian persen pak.... Wah... kenak dech saya.... Ikutan bayar pajak dgn mahal... jadi bila anda bayar pajak lebih mahal dr tahun lalu... jangan heran dech... krn per tgl 2 agustus smua pajak naik drastis :)
    langkah selanjutnya...
    selesai dah tugas saya BBN...
    Kata mereka tunggu 2 hari lagi untuk ambil STNK dan BPKB anda..
    Ingat... Kwitansi Bukti pengambilan BPKB dan STNK yang asli dipegang...
    berguna untuk pengambilan BPKB dan STNK anda..
    Lumayan rumit dan gampang bukan ???
    ini langkah-langkah yg sdh saya jalankan dgn mencoba sendiri...
    karena selama ini bayar pajak nyuruh biro jasa... lumayan mahal... jadi saya ambil alternatif urus sendirian
    dan ternyata kaga susah...
    selamat mencoba...
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...