Pengalaman kecewa dengan PANDI

Discussion in 'Nama-Domain.ID' started by adhitstar, 24 Oct 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. adhitstar

    adhitstar New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Sebenarnya berat hati dan kurang pantas menulis keluhan ini di forum dwh mengingat hubungan kami masih terpelihara dengan baik tapi rasanya mengganjal jika memendam sendiri ,lagian di kuatirkan bisa menambah jerawat saya :4:

    Ok langsung saja saya reseller atriumhosting.com dan awal kejadian saya mendapat email dari garuda yang isinya penawaran menjadi reseller domain id nah setelah komunikasi dengan mas jaap atriumhosting.com ternyata atrium jg mengambil pendaftaran domain id dengan iming2 transfer biaya Rp, 0

    Setelah daftar saya coba melakukan transfer via menu bulk transfer tp karena ini pertama jd saya putuskan transfer 1 client dulu saja alu setelah memasukan epp code proses tidak langsung berhasil karena menunggu persetujuan dari pandi dan selang 1 hari domain sukses dan tanpa ada potongan sama sekali :113:

    Setelah mengetahui sukses dan free saya coba lagi tp sayangnya menu bulk transfer tidak ada lalu saya mencoba menu transfer dan 2 domain client aku coba transfer nah karena ragu langkah salah aku konsultasi ma mas jaap dan beliu menginfokan stop dulu transfer di kuatirkan rubah kebijkan . Oke dech dah terlanjur dan selang satu hari belum di approve dan benar ada yang aneh dengan kedua domain client yang sudah saya transfer karena masa aktivnya bertambah tapi saldo tidak terpotong lalu karena takut nanti di itung perpanjangan dan memotong saldo akhirnya saya menghubungi mas jaap untuk menanyakan kejanggalan penambahan masa aktif kedua domain client saya tersebut dan jawaban dari mas jaap gak papa kemungkinan ada kesalahan penulisan karena ada pengalaman dengan domain dari client atrium lainya jg sama mengalami hal yang sama yaitu penambahan masa aktif namun masalah fix karena di rename kembali oleh pandi , memperoleh penjelasan seperti itu lumayan lega setidaknya itu hanya sedikit kesalahan dari registran atau pandi yang sudah pernah terjadi sebelumnya dan tidak berdampak apa apa pada saldo reseller.

    Setelah 3 hari kedua domain yang telah saya transfer belum ada perubahan yaitu belum di aprove dan masa aktif tetap sama belum di rename serta saldo belum terpotong dan membuat kekhawatiran lagi lalu kepikiran menghubungi cs pandi namun sayangnya tidak ada respon karena sepertinya masalah pendaftaran domain id sudah di serahkan ke registran.

    Berbekal penjelasan dari mas jaap atrium sebelumnya saya tak hiraukan kekhawatiran td Nah masalah kembali pada hari ke lima pada hari senin tgl 15 ketika mau mendaftarkan domain co.id client pada proses dokumen ehhh ada yang janggal karena saldo saya berkurang lalu saya cek histori saya benar benar kaget karena saya lihat ada transaksi perpanjangan pada dua domain yang saya tranfer tersebut nah karena merasa di rugikan saya hubungi mas jaap atrium mengenai pemotongan saldo tersebut Dan mas jaap sepertinya kaget jg karena mengetahui kebijakan yang berubah Lalu mas jaap menjelaskan akan menghubungi yang terkait entah registran atau pandi namun paling enggak saya jadi lega dengan harapan ada tindak lanjut seperti pengembalian saldo atau pembatalan perpanjangan

    Walau tidak memperoleh Kepastian saat itu ( senin )aku berusaha sabar dan besoknya (Selasa )saya coba hubungi kembali mas jaap namun gak ada tanggapan pikirku mungkin belum selesai masalah , hari rabu belum ada replay juga nah pada hari kamis aku beranikan menanyakan kembali dan dapat respon walau mengejutkan
    Karena hanya sekedar menjelaskan bahwa kebijakan berubah dengan memberi link url mekanisme transfer www,digitalregistra.co.id/mekanisme-transfer-domain sedang harapanku seperti pembatalan perpanjangan atau penggantian saldo tidak terpenuhi :20:

    Dan saya sayangkan info tersebut ada setelah di potong saldo saya , jika saja penjelasan tersebut di berikan saat awal saya kompline dan saldo belum terpotong pasti ada tindakan penyelamat seperti mengosongkan saldo tau memindahkan ke account baru lagi. Jujur saya bingung harus bagaimana dan apa solusinya , kepada siapa saya minta pertanggung jawaban terhadap pemotongan saldo ke dua domain client saya tersebut sedang client tidak memperpanjangnya

    Oke dech Jika saya yang harus menanggung kerugian pertanyaanya apa kesalahan saya bukankan sudah saya informasikan sebelumnya tentang kejanggalan penambahan masa aktif tersebut ke mas jaap atrium dengan harapan di tindak lanjuti ke registran atau ke pandi agar tidak terjadi pemotongan saldo seperti ini? Hal ini berbeda jika saya diam saja tidak melapor saat ada kejanggalan tersebut tentu saya akan legowo menerima kerugian tersebut karena memang saya yang salah tapi jika menanggung akibat yang bukan dari kesalahan ssaya tentu sangat berat terlebih seperti kita semua ketahui seberapa sih keuntungan jual domain co.id Dengan harga jual 100ribu? Tentu butuh meregister banyak domain untuk mengganti kerugian tersebut :frusty:

    Ok sekian mudah mudahan pengalaman seperti ini tidak terjadi pada anda dan saya minta maap kepada pihak yang merasa di rugikan dengan tulisan saya dan harapan saya atrium semakin memperhatikan masalah seperti ini yang mungkin saja di anggap masalah sepele tp merugikan client . Khussus bagi yang sudah membaca dan berkenan memberi saran kepada saya atu atrium saya ucapkan terima kasih :help:
     
  2. xphones

    xphones Expert 1.0

    Messages:
    747
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    wewww.... inilah akibat dari sistem pandi dan registrar2 resminya yang belum 100% ready :D
     
  3. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,259
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    he he he akhirnya mampir sini juga ....

    @xphones : bener ini korban kebijakan yg berubah ubah , akhirnya malah kena sendiri .....

    org lain yg salah , kami jadi yg kena getah .......




    -------------------------------------

    DR pada saat launching mengumumkan bahwa akan ada moving free sampai dengan desember 2012...

    dan semua rekan2 disini tentunya tau juga kan .....

    Dalam hal ini saudara suyanto, mengalami hal terpotong saldo, di karenakan ada perubahan kebijakan yang
    tiba2, yang intinya :

    Bahwa transfer domain tidak bisa free lagi, namun akan di kenakan biaya normal, waktu itu seluruh transfer domain tersendat.

    kemudian ternyata domain si @TS ini terpotong 2 saldonya.

    Krn saya bukan pabriknya domain .id , tentunya saya sampaikan unek2 komplain ini ke DIGITAL REGISTRA sbb :

    ----

    Halo,

    Kami ingin menyampaikan komplain sub reseller kami perihal domain sbb :

    optimization.co.id
    prima-py.co.id

    Sebelum fitur bulk transfer di hilangkan dan kebijakan berubah. Sub reseller kami ini memindahkan 2 domain tersebut krn mendapat embel2 gratis transfer domain selama masa transisi sampai desember.

    Nah yg di sayangkan oleh sub reseller kami, 2 domain tersebut bukan tertransfer free , namun terpotong saldo nya + nambah masa aktif. Padahal maksud sub reseller kami tersebut adalah memindahkan saja.

    Mohon untuk di cek 2 domain tersebut.

    Terima kasih atas bantuannya.

    --------------------------------------

    Kemudian di jawab oleh mereka :

    Salam,

    Transfer masal domain oleh PANDI dengan tanpa renewal (0 tahun) hingga saat ini belum bisa dilakukan, karena ternyata sistem dari PANDI belum mendukung. Informasi ini kami update pada tanggal 05/10/2012 di Transfer Massal Masih Menunggu PANDI | Digital Registra - Registrar Domain Indonesia for Reseller .
    Hal inilah yang menyebabkan domain yang dipindahkan ke sponsoring Digital Registra untuk saat ini berlaku sama halnya seperti transfer domain biasa yang disertai perpanjangan masa aktif sehingga memotong deposit reseller atau sub-reseller.

    Dari pertemuan (secara tertutup) dengan PANDI pada 12/10/2012 lalu, mekanisme transfer domain existing ke registrar prosedurnya telah kami update pada Mekanisme Transfer Domain | Digital Registra - Registrar Domain Indonesia for Reseller .

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dan mohon maaf atas gagalnya proses transfer domain (masal) tanpa renewal (0 tahun).

    Jabat Erat,

    Customer Service



    --------------------------------------


    Kesimpulan : oleh DR kasus itu tidak bisa di kembalikan krn perubahan kebijakan tersebut.



    Kami sebagai reseller nya DR, tentunya tidak tinggal diam dengan menyampaikan komplain tersebut
    dan saya sudah jelaskan ke si TS perihal jawaban DR tersebut.


    Senggol : DIGITAL REGISTRA


    si TS silahkan di lanjut ke helpdesk , DWH bukan support ticket :) biar lbh sip pembahasannya
     
  4. mixmaxspace

    mixmaxspace Hosting Guru

    Messages:
    1,235
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    48
    Nah sudah jelaskan problemnya TS? kalau saya pribadi juga masih bingung sama proses transfer dan laennya ke partner pandi yang baru. Karena seperti kejadian ini, awalnya ingin Gratis karena sistem errot dan perubahan kebijakan atau apalah, jadinya ya seperti ini.
    Ini kasus baru tau juga, dan karena saya belum ngalaminnya, jadi gak perlu komplain atau kecewa ke Om Jaap, justru harus berterimakasih karena dibantu untuk penyelesaiannya hingga dapat info dari DR nya langsung tuh.
     
  5. hostguin

    hostguin Expert 1.0

    Messages:
    701
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    @TS : Inilah akibat ketidak jelasan dari Pandi, sebentar begini sebentar begitu ...

    @ Jaap: habis kena getahnya, semoga segera dapat manis nya :)
     
  6. FluidaWeb

    FluidaWeb Expert 1.0

    Messages:
    646
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    28
    wah lagi2 end user yang harus dirugikan oleh keitdakjelas pandi dengan registrarnya..
     
  7. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Karena Jaaps sudah disini artinya tidak perlu lagi verifikasi TS,
    Sepertinya komplainnya salah yang dituju, harusnya komplain ditujukan ke Garuda - Registrar Pandi dan bukan ke Atrium karena yang potong dananya adalah Garuda.

    Untuk kebijakan, TS coba rajin2 ikutin forum ini karena kebijakan transfer tersebut sempat dibahas disini
     
  8. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    diawal transfer yang dimaksud mitra adalah move service atau ganti sponsor dari pandi ke mitra. tapi memang yang saya alami transfer ke mitra awalnya free tapi domain direnewal 1 tahun dalam artian logikanya akan ada fee meski belum diproses disisi billing mitra.

    saya tidak akan anggap itu kerugian, karena toh domain juga direnewal 1 tahun.

    buat TS, selama masa transisi pandi ke mitra amannya lakukan transfer domain yang memang akan direnewal oleh client dan ikuti terus perkembangan pandi dan mitra yang dipilih.

    salam,
     
  9. BikinDesainSitus

    BikinDesainSitus Hosting Guru

    Messages:
    1,427
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    syukur dah kelar, kemarin saya sempat mau dapet limpahan tetangga yang mau memperpanjang domain .id, karena mekanisme yang masih "abu2" akhirnya saya stop dulu dan saya saranin ambil aman, yaitu trasnfer ketika akan expired saja.
     
  10. thebudiman

    thebudiman Poster 2.0

    Messages:
    193
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    kelihatannya kebijakan dari PANDI masih belum fix ya? saya coba kontak beberapa registrar, jawabannya masih belum fix juga. ada satu malah saya disuruh baca kebijakan yang di web dia tapi kalo ada perubahan ya berubah lagi..

    Jadi khawatir juga akan mengalami hal yang sama, sampai saat ini sy pun belum "berani" memilih satu dari 12 registrar nih..

    kalo klien kita memang sudah pasti akan memperpanjang domain ga masalah tapi kalo kita transfer dan sudah diperpanjang dengan potongan deposit lalu klien enggan untuk memperpanjang ini yang agak repot.

    cmiiw..
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...