persiapan sebelum memulai vps

Discussion in 'VPS (Virtual Private Server)' started by Riolz, 6 Oct 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Riolz

    Riolz Poster 1.0

    Messages:
    99
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    satu atau dua bulan mendatang saya akan membeli vps, tapi mengingat tampaknya tidak mudah untuk melakukan setup pada vps tersebut, apa yang harus disiapkan? apakah rekan2 ada yang tahu layanan trial vps atau panduan vps untuk pemula?

    dari membaca referensi2 di internet, saya mendapatkan kesan pertama bahwa saat membeli vps, kita mendapatkan sebuah environment untuk diinstal sebuah OS (biasanya linux) lalu kita akan mendapatkan kontrol untuk menginstall program2 apa saja dalam space kita. tapi apakah itu berarti saya harus membeli program macam cpanel dan whm sendiri?
     
    Last edited: 6 Oct 2009
  2. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    OS (entah itu linux atau windows) biasanya sudah terinstal saat VPS diaktivasi. Bergantung pada provider dan panel yang digunakan, mungkin akan disediakan fasilitas untuk menginstal ulang OS.

    Apa yg harus dipelajari?
    Pelajari OS yg digunakan VPS tsb.

    Apa yg harus disediakan tergantung pada tujuan pemesanan VPS tsb. Kalo poin yg di atas sudah tau (gak harus menguasai, minimal tau aja) dan tujuan pemesanan VPS sudah tau, pertanyaan yg ini gak akan muncul.
     
  3. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,333
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Bergantung paketnya bos... biasanya sih cpanel + WHM / Directadmin tidak include pada package VPS jadi anda harus beli terpisah tapi ada juga yang paketan dengan hosting panel sehingga waktu VPS anda aktif sudah komplit dengan Panel.
     
  4. Riolz

    Riolz Poster 1.0

    Messages:
    99
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    tujuan saya sih untuk menghost beberapa domain saya dalam satu vps (apakah dimungkinkan?)
    berikut2 ini pertanyaan2 saya:
    1. sebelum membeli vps, apakah saya juga harus membeli domain dulu agar domain saya terarah ke vps saya?
    2. apakah saya bisa melakukan "simulasi vps" dengan menggunakan vbox atau virtualization software serupa?
    3. jika saya tidak menggunakan cpanel, apakah ada cara untuk mengatur add-on domains, sub-domains dan semacamnya? (maklum, selama ini cuma tahu cpanel)
    4. apakah lxadmin cukup untuk mengatur seluruh konfigurasi vps?
     
  5. jr-webhost

    jr-webhost Apprentice 2.0

    Messages:
    448
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Create VPS kalau untuk WHM/cpanel kayaknya perlu hostname yang berkaitan dengan suatu domain, kalau lxadmin domain belakangan gak masalah. Menurut saya lxadmin sudah cukup sebagai VPS yang mandiri, sebab udah lengkap untuk menage clients, reseller dan domain dll :)
     
  6. Guns

    Guns Beginner 2.0

    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    y itu dimungkinkan, trus sebaiknya memang memiliki domain terlebih dahulu...
    y salh satunya karena faktor nama domain bisa terlebih dahulu diambil org.
    y siapa cepet dia dapat, lo vps kn bnyak yg nyediain... :D
     
  7. tajidyakub

    tajidyakub Apprentice 1.0

    Messages:
    379
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Kalau anda berniat memakai domain ya otomatis harus beli dulu domainnya :), kalau nggak ya pakai IP Address saja juga bisa, tapi udah gak ada website yang pakai IP Address, soalnya sulit ngapalinnya.

    Kurang lebih bisa, dengan dedicated server / pc di rumah anda pun bisa, namun jadi susah belajarnya apabila anda tidak terkoneksi dengan internet karena biasanya instalan-instalannya dari internet semua. Kalau provider anda menyediakan fasilitas rebuild / format ulang vps anda berarti tidak usah simulasi, diacak-acak aja vpsnya ntar kalau error gak ketulungan silahkan direbuild :D

    Kalau anda berniat menggunakan cpanel dan WHM di vps anda, otomatis anda mendapatkan interface cpanel yang sama untuk konfigurasi per account, baik email, subdomain, parking, addon, dll. Bahkan anda akan memiliki akses WHM root yang bisa melakukan hal-hal yang sifatnya lebih server administratif, misalnya menghapus zone DNS, melakukan suspensi acc, dll. Namun, berdasarkan pengalaman, cpanel / WHM baru bisa berjalan agak normal di VPS dengan RAM 512 MB (Dedicated) ke atas.

    cpanel / WHM dan lxadmin adalah produl dalam satu kelas yaitu kelas Hosting Control Panel, contoh produk lainnya adalah ISP-CP Omega (Open Source), ISP Config (Open Source), DirectAdmin, etc. Dengan demikian semuanya kurang lebih memilki tujuan yang sama yaitu memudahkan pengelola server dalam melakukan pengelolaan domain atau sub accountnya misalnya dalam keperluan melakukan hosting multiple domain. Namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat anda pelajari lebih lanjut melalui referensi di internet.

    Good Luck
     
  8. Riolz

    Riolz Poster 1.0

    Messages:
    99
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    terima kasih atas jawabannya. saya rasa saya akan beli dulu saja vpsnya, nanti saya akan tanya2 lagi pada rekan2 disini. terima kasih sebelumnya atas ilmu yang telah dibagi :)
     
  9. sentabi

    sentabi Expert 1.0

    Messages:
    681
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28

    setuju nih, beli dulu vpsnya baru nanya2 ;)
     
  10. sinclair66

    sinclair66 Beginner 2.0

    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    harga vps yg bisa dibilang lumayan mahal sih ntar sia2 kalo butuh berminggu2 baru bisa jalanin web site yg dipindah dari share hosting
    maklum selain lom pernah pake VPS juga lom ngerti soal linux
    rata2 penyedia VPS saranin pake CentOS yach
    apa ntar itu shell-based (text-only) ato kayak linux di kompie local tampilan GUI
    saya cuma baru nemu 1 yang lumayan murah sih tapi luar https://clients.x10hosting.com/cart.php tapi anehnya paket yang murah itu ga dimunculin di web buat jualannya tapi di bagian order ada
    sayank bayar rada susah kalo luar cari yang indo lom ada yang harga segitu kalo buat coba2 n latihan sembari ntar pindah dari share harga segitu dah lumayan
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...