pihak hosting minta password email, wajarkah?

Discussion in 'Web Hosting' started by Typing..., 22 Jan 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Typing...

    Typing... Beginner 2.0

    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya hosting email disebuah email hosting. Pada satu hari, ada email saya tidak bisa terkirim dengan alasan domainnya tidak ketemu (Sorry, I couldn't find any host named ...)

    Padahal emailnya valid dan posisi saya adalah ingin mereply email dari teman saya itu. Lalu saya lapor ke hosting saya, dan beritahu error message-nya. Kemudian pihak hosting meminta password untuk akun email saya untuk pengecekan.

    Saya belum berikan, karena saya pikir bukankah tidak boleh memberikan password sembarang orang?
    Atau hal ini memang lumrah dikalangan hosting?

    Saya tidak mau men-judge dulu, makanya saya tanya sama ahli2 disini.

    Terima kasih.
     
  2. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,649
    Likes Received:
    754
    Trophy Points:
    113
    apakah mksdnya seperti ini :
    0. Tuan punya account email contoh@123abc.com
    1. lalu Tuan kirim email ke abc@contoh.com
    2. Kemudian ga bs terkirim dgn email bounce Sorry, I couldn't find any host named ?
    jika iya coba perhatikan error lengkapnya termasuk hostname yg dimaksd yg tdk dikenali (jika berkenan mungkin bisa di paste error lengkapnya palingan disamarkan akun emailnya)
    saya pernah kena tiga kali dan setelah dicek masalahnya (pertama di MX si penerima, kedua saya typo ngetik akun sipenerima, ketiga dns saya ga resolv ke akun sipenerima)
    jadi intinya coba perhatikan baik2 errornya atau kasih error lengkapnya ke hosternya untuk dibantu analisa

    maaf saya ga bahas masalah wajar atau tdknya,


    CMIIW
     
  3. Typing...

    Typing... Beginner 2.0

    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ya seperti itu kejadiannya. Errornya ini :

    Hi. This is the qmail-send program at smtp.xxxxxxx.com.
    I'm afraid I wasn't able to deliver your message to the following addresses.
    This is a permanent error; I've given up. Sorry it didn't work out.

    <abc@contoh.com>:
    Sorry, I couldn't find any host named xxxxxx.com. (#5.1.2)

    --- Below this line is a copy of the message.

    Return-Path: <contoh@123abc.com>
    Received: (qmail 3672 invoked by uid 89); 22 Jan 2015 07:24:00 -0000
    Received: from unknown (HELO ?192.168.1.26?) (dHJhZGVtYXJrQGFjZW1hcmstaXAuY29tQDM2Ljc4LjE2Ny4xMTU=) (POLARISLOCAL)
    by smtp.xxxxxx.com with SMTP; 22 Jan 2015 07:23:55 -0000
    Message-ID: <54C0A57W.4040206@123abc.com>
    Date: Thu, 22 Jan 2015 14:23:41 +0700
    From: contoh <contoh@123abc.com>
    User-Agent: Mozilla/5.0 (Windows NT 6.1; rv:31.0) Gecko/20100101 Thunderbird/31.3.0
    MIME-Version: 1.0
    To: abc@contoh.com
    Subject: Re: Test

    Kalo typo kayaknya ga mungkin, karena saya ingin mereply jadi tidak ketik lagi akun teman saya.
     
  4. ceo.ahlul

    ceo.ahlul Expert 1.0 Web Hosting (Company)

    Messages:
    622
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    63
    Sebenarnya wajar saja mas, jika yang minta masih pihak teknis yang terkait.
    Karena terkadang bisa jadi CS nya harus masuk ke sumber masalah untuk melakukan pengetesan.

    Kalau di kita pun demikian, terkadang pada kasus yang mengharuskan memang kita meminta password user yang terlebih dahulu kita infokan agar passwordnya dirubah ke password sementara.
    Setelah pengecekan selesai dirubah kembali menjadi password yang diinginkan.

    BTW untuk error yang disampaikan coba dipastikan kembali domainnya yang dituju aktif. Atau coba dengan layanan mail yang lain apakah sampai atau tidak. Jika sampai, bisa jadi ada masalah internal pada layanan mail yang mas pakai.
     
  5. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,649
    Likes Received:
    754
    Trophy Points:
    113
    coba ditest ping/cek domain xxxxxx.com reply/aktif ga ?
    atau mungkin coba Tuan test kirim ke akun email @gmail.com bisa ga ?

    jika blh saran coba diikutin saja saran hosternya, kl agak ragu rubah ke password sementara saja dlu,
    karena biasanya jika seperti ini, pihak hoster akan coba test kirim terima email dgn melihat langsung lognya diserver saat proses kirim/terima berlangsung makanya mereka mnt akses
     
  6. Babah

    Babah Poster 2.0

    Messages:
    191
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    kalau memang tidak percaya, coba buat 1 account lain di domain yang sama lalu tes emailnya lagi.
     
  7. rudydevianto

    rudydevianto Expert 2.0

    Messages:
    852
    Likes Received:
    55
    Trophy Points:
    28
    Sebenarnya gak masalah juga< jangankan email, password root pun gak masalah asalkan ini nanti berkaitan dengan alasan teknis untuk perbaikan, asalkan nanti password dirubah kembali
     
  8. idnix

    idnix Hosting Guru

    Messages:
    1,003
    Likes Received:
    189
    Trophy Points:
    63
    ingin cepat selesai, ya berikan akses om.
    gimana mau troubleshoot klo akses terbatas :rolleyes:
     
  9. pangeran1995

    pangeran1995 Hosting Guru

    Messages:
    1,352
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    63
    wajar mas. meski saya masuk via root tapi kadang minta user dan password client aja :D
     
  10. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,922
    Likes Received:
    612
    Trophy Points:
    113
    setuju, kalau ngga di kasih akses ya bagaimana mau dicek permasalahannya...
    dan di sarankan infokannya bisa via email atau ticket biar lebih aman,
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...