Pihak Hosting tau Password Client ??


Status
Not open for further replies.

Khaer

Beginner 2.0
Permisi Tuan-Tuan semua. Saya client nubi dari sebuah Hosting Company. Ada hal penting yang ingin Saya tanyakan, berhubung di sini tempat nongkrongnya orang-orang perHostingan.
Pertanyaan Saya sederhana saja : "Normalkah pihak Hosting Company mengetahui Password FTP Clientnya ?"
Itulah yang Saya alami sebagai seorang Client, dimana pihak Hosting dapat dengan mudahnya mengetahui Password FTP Saya. Dan bisa jadi Password lainnya. Mohon pencerahannya.
Terimakasih
 

mustafaramadhan

Hosting Guru
Biasanya password disimpan dalam bentuk encrypt. Jadi, admin tidak tahu persis passwordnya.

Sebagai admin tidak perlu password user untuk bisa akses ke 'wilayah' user. Namanya juga admin!.

Oleh karena itu, jawaban saya adalah YA dan TIDAK.
 

Khaer

Beginner 2.0
Dalam Kasus Saya ... "Sang Admin" (staf teknis yg menjawab ticket Saya) mengetahui persis character password saya.
Apakah Admin juga menangani urusan ticket ?
 

mustafaramadhan

Hosting Guru
Yang saya maksud admin adalah orang yang bisa akses ke server sebagai root melalui ssh.

Pada Kloxo-MR yang saya kembangkan, saya tidak tahu persis password setiap account (ftp, email, dir protect, dll) karena semua password sudah ter-encrypt. Jika ada user yang bermasalah dengan ftp di websitenya, saya akan buat account ftp yang baru untuk ujicoba atau me-reset password ftp dari user tersebut. Begitu yang biasa saya lakukan.

Saya tidak mau komentar soal 'cara' suatu provider untuk kasus seperti anda.
 

Khaer

Beginner 2.0
Yang saya maksud admin adalah orang yang bisa akses ke server sebagai root melalui ssh.

Pada Kloxo-MR yang saya kembangkan, saya tidak tahu persis password setiap account (ftp, email, dir protect, dll) karena semua password sudah ter-encrypt. Jika ada user yang bermasalah dengan ftp di websitenya, saya akan buat account ftp yang baru untuk ujicoba atau me-reset password ftp dari user tersebut. Begitu yang biasa saya lakukan.

Saya tidak mau komentar soal 'cara' suatu provider untuk kasus seperti anda.
Terimakasih atas penjelasannya.
Saya maklum intervensi Admin kadang kala diperlukan pada saat emergency.
Tapi tidak semestinya Role Administrator dimiliki oleh semua staf.
Saya asumsikan setiap Hosting Company sebagai Enterprise, di mana setiap bagian mempunyai staf-nya masing-masing, dengan kewenangan yang berjenjang, agar jelas pertanggung-jawabannya.
Mungkin yang menjawab ticket Saya tempo hari (yg tau persis password Saya) adalah seseorang dengan Role Administrator (mudah-mudahan).
 

funkyasa

Expert 1.0
Dalam Kasus Saya ... "Sang Admin" (staf teknis yg menjawab ticket Saya) mengetahui persis character password saya.
Apakah Admin juga menangani urusan ticket ?
Tergantung billing softwarenya juga sih..
Kalau WHMCS biasanya di client area masing-masing pelanggan ada password dan username tanpa sensor.

Kalau dari cPanel, staff support tidak perlu mengetahui password cpanel anda untuk dapat masuk ke cpanel anda (karena bisa dari WHM tinggal 1 klik, dan masuklah dia ke cpanel pelanggan tanpa perlu tahu password).

Kalau password FTP, saya biasanya tanya sama client jika FTP gagal connect "Bisa diinfokan URL FTP, port, username, dan password yang digunakan? Agar bisa dicek juga dari sini". Atau seperti mas Mustafaramadhan bilang, dibuat akun ftp baru untuk testing.

Nah, karena kadang username password FTP dan cpanel itu sama (dan password cpanel bisa dilihat dari client area WHMCS, sehingga itu juga otomatis jadi pass FTP default anda), mungkin dari sana admin tersebut mengetahui password FTP anda.

Tapi tidak semestinya Role Administrator dimiliki oleh semua staf.
Masing-masing hosting beda kebijakan bagaimana mengatur "orang-orangnya". Kalau di saya, yang pegang ticket dan billing tidak punya akses ke WHM, sehingga suspend, unsuspend, aktivasi, cancellation, dll dari billing software. Sementara kalau butuh problem solving yang mengharuskan login ke WHM atau SSh biasanya saya di sms atau di-telp dengan memberikan nomor id tiket untuk saya lihat sendiri.

Semoga membantu :)
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
pemilik server tidak bisa mengetahui pasti password yang digunakan untuk akun kliennya, namun dia bisa login/melihat isi akun tersebut menggunakan akses root,
untuk permasalahan role administrator yang menanangani ticket dll itu tergantung dari kebijakannya perusahaannya, menyusun struktur organinasi memang tidak mudah... tapi yang terpenting ini adalah bagaimana klien tidak dipersulit jika ada kendala...
buat apa banyak staff/banyak struktur bagian kalau ujung2nya hanya mempersulit klien
 
Status
Not open for further replies.

Top