(Polling) Seberapa loyalkah klien hosting anda?


(Polling) Seberapa loyalkah klien hosting anda?

  • < 6 bulan

    Votes: 0 0.0%
  • 6 bulan - 1 tahun

    Votes: 1 11.1%
  • 1-2 tahun

    Votes: 4 44.4%
  • 2-4 tahun

    Votes: 0 0.0%
  • > 4 tahun

    Votes: 3 33.3%
  • Belum tahu, karena saya hoster baru

    Votes: 1 11.1%

  • Total voters
    9
Status
Not open for further replies.
sebenarnya tidak bisa dipukul rata, jika clientnya perusahaan, organisasi, pemerintahan atau untuk usaha rata2 loyal
namun jika client blogger rata2 tidak loyal, selalu pindah2
Setuju.. gak bisa vote seperti ini.
Sebagian besar client blogger / AGC di tempat saya gak bisa bertahan lebih dari 3 bulan
sebagian client blogger lainnya (pengguna vps) bertahan lebih dari 3 tahun
dan client corporate lebih dari 5 tahun..
 
Kalau client yang corporate/lembaga perkantoran kan biasanya berduit dan memiliki uang kas yang besar, jadi mereka langsung bayar dimuka untuk jangka waktu yang lama, agar kedepannya tidak mikir lagi biaya website nya.

Kalau mau di polling, ya rata rata lebih banyak yang mana antara client dari corporate/lembaga/perkantoran dengan client user individual (pelajar/blogger/toko online). Jika rata rata yang paling banyak client dari non-corporate, kan bisa dibikin rata rata berapa lama user non-corporate ini sewa hosting. Kalau yang sekedar coba mencoba mungkin nggak masuk hitungan, Mungkin begitu maksud TS ya....
 
Last edited:
Memang untuk Mendapatkan Client adalah rejeki bagi provider hosting. Adapun Kriteria dan kategori client yang di dapat dan Lama waktu client sewa hosting, juga dipengaruhi beberapa faktor :
1. Finansial, sesuai kebutuhan dan kekuatan dananya client.
2. Kualitas layanan dan server dari provider.
3. TOS yang ketat, Pelanggaran yang sering dilakukan client, seperti phising, spam, abuse, dll. Kadang faktor ini sering membuat client kecewa dan lari. Tapi apa boleh buat, memang semua ada aturannya.
4. Other....
 
Last edited:
Kalau client yang corporate/lembaga perkantoran kan biasanya berduit dan memiliki uang kas yang besar, jadi mereka langsung bayar dimuka untuk jangka waktu yang lama, agar kedepannya tidak mikir lagi biaya website nya.

Kalau mau di polling, ya rata rata lebih banyak yang mana antara client dari corporate/lembaga/perkantoran dengan client user individual (pelajar/blogger/toko online). Jika rata rata yang paling banyak client dari non-corporate, kan bisa dibikin rata rata berapa lama user non-corporate ini sewa hosting. Kalau yang sekedar coba mencoba mungkin nggak masuk hitungan, Mungkin begitu maksud TS ya....
ya seperti itulah kira2 tuan, tinggal dirata2 aja yang lebih banyak yang mana...simpel dan ga ribet :)

Sebenarnya statistik seperti itu penting bagi hoster untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan klien terhadap layanan mereka. Klien korporat juga macem2 jenisnya, ada yang produknya butuh banget layanan online dan yang enggak. Untuk korporat yang kerjanya bergantung pada online seperti fintech, marketplace, onlineshop, advertising, dsb, biasanya mereka ga sembarangan milih hoster atau mereka justru pakai DS, Colo, atau malah DC sendiri. Sedangkan yang ga terlalu bergantung pada online, biasanya hanya buat web company profile yang ga terlalu banyak makan resource, ga perlu banyak yang diutak-atik. Jika mereka puas, mereka akan perpanjang.

Tapi...

Ada klien yang bayar tahunan, padahal baru dipakai 2 bulan langsung pindah dan membiarkan akunnya di hoster itu sampai disuspend karena sudah kadaluwarsa melewati siklus pembayaran. Hoster kan ga tahu klien sudah pindah apa belum dalam setahun itu, baru tahu ketika mereka ga perpanjang lagi. Untuk pindah ke hoster lain klien tinggal mindah data ke server di hoster baru, ganti IP, selesai.. dalam kasus seperti ini, walaupun setahun, klien tetep dianggap tidak puas. Bayar 5 tahun pun (kalau ada), kalau 2 bulan klien pindah karena ga puas, ini menjadi PR bagi hoster.

IMHO
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top