labkreasi
Beginner 1.0
Beberapa situs memerlukan konten duplikat pada beberapa halaman. Konten duplikat secara umum bukanlah merupakan suatu masalah, kecuali kalau Google bereaksi melalui filter mereka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, diperlukan strategi tertentu untuk menanganinya.
Saya akan menjelaskan bagaimana konten duplikat bisa dimanfaatkan, tanpa perlu khawatir dengan filter duplikat. Teknik ini bisa bermanfaat bagi situs web semacam situs berita. Saat ini, kadang kecepatan penayangan berita menjadi lebih penting dari keakuratannya. Oleh karena itu, kita sering menemui breaking news sudah tayang, bahkan sebelum wartawannya kelar meliput di lapangan. Situs semacam ini bisa menampilkan berita dengan konten hampir mirip, tapi hanya ada satu halaman utama, dimana laporan lengkapnya ditulis.
Canonical
Kita bisa memberitahukan Google atau mesin pencari lain agar memilih laporan utama, bukan breaking news untuk berita yang sama. Caranya adalah dengan meletakkan kode berikut ini di bagian <head> halaman web:
Kode diatas adalah petunjuk bagi mesin pencari, mana yang lebih kita pilih diantara halaman dengan konten duplikat. Elemen yang sama turut didukung oleh Microsoft Bing dan Yahoo. Itu artinya penerbit akan mendapatkan keuntungan tambahan, meskipun di Indonesia yang paling dominan adalah Google. Jangan khawatir, ini adalah kode yang aman, karena Matt Cutts (Kepala Tim Webspam Google) sendiri yang menyuruhnya di video yang baru diterbitkan kemarin di Youtube.
Kalau suka artikel ini, jangan lupa subscribe di blog saya melalui RSS feed untuk tulisan lainnya mengenai SEO.
[Sumber]
Saya akan menjelaskan bagaimana konten duplikat bisa dimanfaatkan, tanpa perlu khawatir dengan filter duplikat. Teknik ini bisa bermanfaat bagi situs web semacam situs berita. Saat ini, kadang kecepatan penayangan berita menjadi lebih penting dari keakuratannya. Oleh karena itu, kita sering menemui breaking news sudah tayang, bahkan sebelum wartawannya kelar meliput di lapangan. Situs semacam ini bisa menampilkan berita dengan konten hampir mirip, tapi hanya ada satu halaman utama, dimana laporan lengkapnya ditulis.
Canonical
Kita bisa memberitahukan Google atau mesin pencari lain agar memilih laporan utama, bukan breaking news untuk berita yang sama. Caranya adalah dengan meletakkan kode berikut ini di bagian <head> halaman web:
HTML:
<link rel="canonical" href="url-ke-halaman-utama">
Kode diatas adalah petunjuk bagi mesin pencari, mana yang lebih kita pilih diantara halaman dengan konten duplikat. Elemen yang sama turut didukung oleh Microsoft Bing dan Yahoo. Itu artinya penerbit akan mendapatkan keuntungan tambahan, meskipun di Indonesia yang paling dominan adalah Google. Jangan khawatir, ini adalah kode yang aman, karena Matt Cutts (Kepala Tim Webspam Google) sendiri yang menyuruhnya di video yang baru diterbitkan kemarin di Youtube.
Kalau suka artikel ini, jangan lupa subscribe di blog saya melalui RSS feed untuk tulisan lainnya mengenai SEO.
[Sumber]