Recurring Invoice


Status
Not open for further replies.

mitrahosting.com

Apprentice 2.0
Rekan-rekan DWH yth,

tidak bisa kita pungkiri bersama bahwa salah komponen penentu harga dari layanan yang kita berikan adalah nilai kurs pertukaran mata uang asing, dalam hal ini Rupiah terhadap Dollar Amerika (USD).

Saya mengamati tidak jarang pihak penyedia jasa hosting yang menawarkan paket layanannya dengan sistem invoice recurring (nominal tagihan selalu sama di setiap periode)

Bagi rekan-rekan yang menawarkan recurring invoice, mohon bisa disharingkan sedikit bagaimana dan apa strategi yang diambil dalam menyikapi semakin lemahnya nilai tukar Rupiah kita terhadap Dollar Amerika (USD) ?

Atas masukkan dari rekan-rekan sekalian, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
 

ryraNetworks

Apprentice 2.0
kalo untuk saya karena Paket Hosting / VPS yg kita dptkan juga sistem reccuring, maka kami juga memberikan Harga Reccuring ke customer kita.
Lain cerita untuk Domain, kita akan lakukan penyesuaian harga sesuai Kurs Dollar jika memang ada kenaikan/penurunan yang sudah melebihi batas margin.
 

mitrahosting.com

Apprentice 2.0
kalo untuk saya karena Paket Hosting / VPS yg kita dptkan juga sistem reccuring, maka kami juga memberikan Harga Reccuring ke customer kita.
Lain cerita untuk Domain, kita akan lakukan penyesuaian harga sesuai Kurs Dollar jika memang ada kenaikan/penurunan yang sudah melebihi batas margin.

Terima kasih atas tanggapannya tuan.

Nah, yang namanya perjalanan hidup, eh perjalanan bisnis hosting maksud saya hehehe... terkadang provider yang dulunya bagus sekarang menjadi kurang bagus. Dalam situasi seperti itu, sebagai hoster yang bertanggung jawab tentu kita akan pindah dan mencari provider yang lain bukan ? Bagaimana jika di provider yang baru harga yang diberikan kepada kita lebih mahal tuan ?

Yang kedua, berarti untuk harga domain tidak berlaku recurring ya tuan ?
 

zens

Hosting Guru
Verified Provider
kalau kita sudah menentukan harga itu sudah menjadi tanggungjawab kita, kalau kita pindah ganti server berarti harus pintar-pintar nyari kualitas dan harga yang tidak jauh dari harga sebelumnya, kalaupun lebih mahal menurut saya tidak apalah tidak perlu merubah harga ke customer kita, begitu mungkin .. :D
 

SuperSiteHost

Beginner 2.0
Terima kasih atas tanggapannya tuan.

Nah, yang namanya perjalanan hidup, eh perjalanan bisnis hosting maksud saya hehehe... terkadang provider yang dulunya bagus sekarang menjadi kurang bagus. Dalam situasi seperti itu, sebagai hoster yang bertanggung jawab tentu kita akan pindah dan mencari provider yang lain bukan ? Bagaimana jika di provider yang baru harga yang diberikan kepada kita lebih mahal tuan ?

Yang kedua, berarti untuk harga domain tidak berlaku recurring ya tuan ?

umumnya melakukan penyesuaian harga sesuai kurs dollar tuan bila memang ada kenaikan/penurunan harga.
mungkin ada jawaban dibawah saya :)
 

mitrahosting.com

Apprentice 2.0
2 pendapat telah diberikan oleh tuan @SuperSiteHost dan tuan @zens. Melakukan penyesuaian harga.
Pertanyaan saya berkaitan dengan ini, bagaimana caranya tuan ? Supaya customer tidak kaget dan bahkan komplain "katanya recurring"
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
2 pendapat telah diberikan oleh tuan @SuperSiteHost dan tuan @zens. Melakukan penyesuaian harga.
Pertanyaan saya berkaitan dengan ini, bagaimana caranya tuan ? Supaya customer tidak kaget dan bahkan komplain "katanya recurring"
menurut saya, pengertian recurring adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan bahwa tagihan berikutnya akan sekian Rp, tetapi bukan berarti tagihan akan selamanya segitu ... kecuali dinyatakan dengan jelas bahwa 'harga akan tetap selamanya'. Saya kira ini bukan janji yg baik, karena tujuan utama menjalankan bisnis adalah untuk mencari keuntungan.

Jadi kalau sudah waktunya, boleh saja kok harga dinaikkan dengan penjelasan yang masuk akal ke kustomer. Kalau misalnya kita colocation harganya juga boleh naik, maka harga hosting maupun domain kita juga halal untuk dinaikkan. tentu saja dengan pertimbangan bisnis lainnya. Mungkin waktu yg tepat untuk menaikkan harga adalah pada saat kulitas layanan juga sudah dinaikkan
 

BMC

Apprentice 1.0
umumnya provider yg saya ketahui jarang menaikkan harga hosting yg sudah di create untuk client, jika ada yg menaikkan itu untuk order baru saja, beda dengan domain yg mengikuti naik turunnya dollar.

istilah recurring biasa di pakai untuk hosting, vps, dll, karna tidak ada min kotrak.
dan istilah untuk domain biasanya per tahun, karna domain tidak bisa order min 1 bulan. :)
 
Status
Not open for further replies.

Top