[Review] Tablet Android Cina - ePad Android 2.0

Discussion in 'Komputer dan Peralatannya' started by amartagadget, 22 Mar 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. amartagadget

    amartagadget New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sejak Apple mengeluarkan tablet PC andalannya -iPad- seluruh dunia mulai dijangkiti oleh demam tablet potabel ini. Mulai dari Samsung sang sangat gencar mempromosikan tablet PC Galaxy Tabnya, Dell dengan tablet Streaknya sampai dengan produsen tablet PC asal China yang kita sedang bahas sekarang ini. ePad Android 2.0 adalah salah satu gadget dengan harga yang sangat terjangkau bagi kita yang ingin menikmati sebuah tablet android. Bandingkan dengan tablet keluaran Samsung yang berharga 7jutaan, bahkan produsen tablet android lokal dengan harga 4jutaan (dan tentu saja Apple iPad dengan harga 6jutaan).

    Tentu saja ada alasan mengapa tablet android ini cuma berharga 1.399jt Rupiah, ya betul tablet ini tidak memiliki fitur telepon yang terintegrasi didalamnya. Tapi sejak kapan laptop digunakan untuk melakukan panggilan telepon? ukurannya yang seukuran dengan sebuah buku tulis membuatnya amat susah digunakan untuk melakukan panggilan.
    [​IMG]
    ePad Android 2.0 memiliki ukuran layar sebesar 7 inchi dengan resolusi 800x480 pixel. Ukuran fisik yang dimiliki perangkat ini sama persis dengan tablet android keluaran Samsung, bahkan memiliki OS yang sama - Android. Sekujur tubuh perangkat ini didominasi oleh plastik, warna silver dibagian belakang dan warna hitam dibagian depan. Pada bagian depan, hanya ada 1 buah tombol kecil berbentuk bulat yang berfungsi sebagai fungsi escape pada keyboard biasa. Untuk menghidupkan perangkat ini terdapat tombol power yang ada dibagian atas perangkat, tekan selama 2-3 detik, tunggu perangkat bergetar dan sistem pun akan melakukan booting OS Androidnya. Pada bagian bawah perangkat terdapat 2 buah speaker, 1 slot micro SD, 1 slot untuk charger, 1 slot untuk headset serta 1 slot untuk USB adapter.
    [​IMG]
    Ketika tablet ini mulai hidup, kita harus menunggu sekitar 30 detik sampai dengan ia siap untuk digunakan. Dibekali dengan OS Android dengan versi 2.0 maka terdapat 3 buah halaman untuk meletakkan shortcut dan widget yang akan sering anda akses. ePad Android 2.0 ini juga dibekali dengan fitur accelerometer sehingga layar akan secara otomatis menyesuaikan orientasinya sesuai dengan posisi perangkat.
    [​IMG]
    Banyak pertanyaan mengenai produk ini apakah mampu menggantikan fungsi sebuah laptop? Jawabannya adalah tergantung. Jika anda menggunakan laptop sebagai alat untuk browsing, mengetik dokumen word/excel, membaca email, mendengar mp3 atau sesekali menonton video jawabannya adalah YA. Tapi jika anda menggunakan laptop anda untuk melakukan editing foto dari kamera SLR anda dengan resolusi 12MP, menonton DVD via DVD-ROM, bermain The Need for Speed semalaman tentu saja perangkat ini bukanlah sebuah opsi. Aplikasi dasar yang ada pada tablet android ini dasarnya adalah sangat minim, tetapi unit test yang kami beli dari www.amartagadgdet ini telah mendapat beberapa aplikasi tambahan seperti Document to Go yang mampu untuk membaca file file MS Office dan melakukan editing, PDF reader untuk membaca file file PDF, Facebook for Android, Twitter for android, Google maps, Google Docs, eBuddy dan IM+ untuk chatting via Yahoo messanger dan MSN, Android AppBrain untuk download aplikasi aplikasi yang ada di Android Market serta 2 buah game kecil yaitu Ball Dropping dan Midnight Bowling untuk mengusir waktu disaat sendirian.
    [​IMG]
    Salah satu aplikasi lain yang sangat menarik adalah YouTube. Sebetulnya kami sangat pesimis dengan aplikasi ini, pertama: aplikasi ini membutuhkan bandwidth yang sangat besar untuk beroperasi dan kedua sekaligus yang terakhir : video membutuhkan prosesor yang kuat agar video yang dihasilkan tidak putus putus. Tetapi setelah mencoba aplikasi ini menggunakan akses internet via wifi dengan provider speedy, kami merasa takjub bahwa aplikasi ini mampu memainkan video tanpa harus menunggu lama bagi perangkat untuk memenuhi buffernya, video yang dihasilkanpun tidak patah patah karena prosesor yang kurang mumpuni.
    [​IMG]
    Hanya ada 3 cara untuk terhubung melalui internet dengan tablet android ini; menggunakan wifi, kabel data ataupun menggunakan modem USB 3G. Untuk menggakses jaringan wifi caranya sangat mudah, anda tinggal meng-klik icon "wifi setup" kemudian sistem akan secara otomatis melakukan scanning terhadap jaringan wifi yang ada disekitar kita, masukkan pre-shared key dan kemudian perangkat ini siap untuk melakukan browsing. Yang menarik adalah penggunaan modem USB 3G untuk mengakses internet, pada tablet android ini tidak terdapat slot USB, jadi anda harus menggunakan adapter USB untuk menancapkan modem. Adapter USB ini sudah termasuk dalam paket pembelian, didalamnya terdapat 2 buah slot USB dan 1 buah slot kabel data RJ45. Setelah menancapkan modem beserta adapter kedalam perangkat, maka anda harus melakukan setup akses 3G. Pertama tama klik icon "3G setting", kemudian "add new connection". Dan berikutnya anda harus memasukkan beberapa parameter yang berkaitan dengan provider yang anda gunakan, seperti dialled number (*99# untuk semua operator), APN, username dan password. Setelah semua parameter masuk Anda siap untuk berselancar di internet.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...