Saran dan Masukkan Untuk Penyedia Web Hosting Indonesia

Discussion in 'Web Hosting' started by mediainspirat, 30 Oct 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mediainspirat

    mediainspirat Poster 2.0

    Messages:
    147
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Salam Hoster, saya tidak bermaksud untuk menggurui karena saya bukan Hoster yang berpengalaman dan status saya sendiri bukan hoster yang telah memiliki server sendiri, status juga masih Reseller, berikut ini saya akan mencoba memberikan tambahan-tambahan untuk rekan-rekan Hoster dalam memberikan pelayanan, bisa anda terapkan jika anda anggap layak.

    1. Tampilan Website, jika anda "tidak" begitu ahli dalam mendesign website, usahakan buatlah halaman website yang simple dan jangan terlalu mewah, dalam hal ini penggunaaan widged (Wordpress) dan usahakan sinkron satu sama lain. Termasuk menu, jangan terlalu banyak memasang menu-menu meskipun anda menyediakan banyak layanan misal share hosting IIX, USA, SG, dll di usahakan tetap dalam satu page dan manfaatkan Javascript (Tab) untuk menampilkan setiap menu layanan anda dalam satu halaman.

    2. Jangan banyak menggunakan kata-kata yang tidak terlalu penting, atau mengumbar hal-hal yang tidak bisa anda jalankan jika ada pelanggan komplain, misal > jaminan Uptime 99%, Layanan Online 24 jam dalam 7 hari, karena sejauh ini saya melihat banyak penyedia web hosting di forum ini kerap menerapkan sistem itu, alhasil dalam kenyataannya akhirnya ia di komplain secara gila-gila an oleh klien nya di forum ini juga sehingga akan berdampak buruk pada usahanya.

    3. Testimonial, ini adalah sebuah menu tambahan untuk menunjukkan kelebihan-kelebihan hostingnya kepada calon pelanggan baru agar "percaya" begini lhoe jika anda hosting dengan kami, tak ada salahnya jika layanan hosting anda memang anda "klaim" berkualitas, namun kenyataannya banyak testimonial itu di buat oleh pemilih hoster sendiri, tak ada salahnya sebagai langkah promosi, usahakan testimonial ini tidak anda pasang di halaman depan, buat halaman khusus sendiri dan ajukan testimonial ini kepada pelanggan yang memang berkenan mengisinya, kemudian bisa anda update ke web anda.

    4. Penggunaan Bahasa, buatlah bahasa yang konsisten, jika pada menu anda menggunakan bahasa Inggris maka isinya juga harus anda isi bahasa inggris beda dengan kata "Hosting" dan "Domain" karena dua kata itu lazim digunakan , kemudian "Payment" ini tidak mudah dipahami oleh pelanggan, meskipun sebenarnya ini bisa di buka oleh calon pelanggan, apa sih isinya, tapi pada kenyataannya pelanggan butuh waktu singkat dan simple untuk mengenali, ketertarikan, dan pada akhirnya membeli layanan itu maka simpel saja tulis "Pembayaran" bukan Payment, keren memang jika anda menggunakan bahasa inggris tapi mohon maaf, pelanggan dalam negeri masih rumit memahami hal ini, terlebih orang awam (Newbie) , intinya gunakan bahasa Indonesia yang baik.Hidup Indonesia.

    5. Layanan Online, ini dia, Sebagian Besar dan mungkin beberapa saja, Layanan Online di Indonesia, baik yang menggunakan Yahoo, Filezilla dll sejauh ini saya survei masih pasif, dalam arti mereka hanya menjawab apa yang di tanyakan pelanggan, tidak berusaha basa-basi atau SKSD dengan yang bertanya, nama anda, dari mana anda, apa pekerjaan anda, anda mau membuat website untuk apa? atau hal hal lain, misal :

    Calon Klien : Siang Penyedia Hosting xxxxx.... saya mau tanya
    CS : Siang, ada yang bisa di bantu
    Calon Klien : Hosting 50 Mb berapa pertahun? (sebenarnya ada kan di web, tapi klien tidak melihat) jadi jangan salahkan klien, jawablah sebaik mungkin, bimbing dia baik-baik, jangan di kasih link yang tertuju ke halaman Hosting paket 50 Mb. misal namadomain.com/hosting. Klien tanya anda bos, jangan di kasih link itu, ini tidak sepenuhnya benar, kecuali jika klien tanya, mas halaman hosting dimana ya? ini baru anda kasih tautan link. Jangan malas mengetik untuk menjelaskan dengan menggantinya anda Copy di addressbar kemudian dikirim ke klien. Kasihan dia , klien butuh jawaban aktif dari anda.
    CS : anda menjawab, 50 Mb Rp.80.000/tahun mas..

    Selesai... biasanya CS akan berhenti jika tidak ada pertanyaan lain, sudah , mungkin CS lagi sibuk Facebookan.. atau lain sebagainya, perhatian jika anda punya pegawai untuk CS harap di kontrol terus ya.

    6. CDN Cloudflare, saat ini sedang trend layanan dari Cloudflare, dan sudah ada beberapa hosting di Indonesia telah bekerjasama dengan Cloudflare dan terbukti ada di halaman website mereka, apapun kelebihan Cloudflare, jangan memasang DNS anda dengan CDN Cloudflare , agar apa anda memasang DNS Cloudflare jika anda adalah penyedia hosting? apakah agar website anda terus uptime? atau agar website anda aman dari serangan? pasang website anda dengan DNS anda sendiri, jika anda tidak percaya dengan layanan sendiri bagaimana klien akan mempercayakan website kepada anda? *ini relatif, karena tidak semua orang tau, anda menggunakan Cloudflare / dns sendiri jika tidak di trace*

    7. Optimis dengan apa yang anda tawarkan, jika kemampuan anda sekian, buatlah apa adanya, jangan mencoba meniru Provider Hosting luar negeri yang menjanjikan banyak jaminan, mereka (Hosting Luar) memang memiliki SDM baik, karena rata-rata sudah perusahaan legal dengan banyak karyawan, sehingga ada kapasitas untuk memantau setiap website.

    Mari bersama membudayakan memberikan pelayanan yang benar-benar baik, jangan mengumbar banyak kata-kata di website yang pada akhirnya anda tidak mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang anda tulis sendiri di website, Komputer / Server pada dasarnya terbatas,buatlah sewajarnya, kecuali bagi anda yang sudah memiliki banyak server, sehingga ketika satu down yang lain akan membackup. dan siap menyala tanpa adanya Downtime.

    Masalah atau tidak masalah, sejauh ini Penyedia Hosting Indonesia masih menggunakan Sistem Server USA, SG, BELANDA, JERMAN dll,banyak yang menyediakan multi pilihan, dimana ada dua pilihan server , pilih datacenter USA atau yang lain, saya berharap kita kedepan lebih percaya diri menggunakan Server Indonesia sehingga yang kita tawarkan adalah Server INDONESIA, saatnya Indonesia (Kita) bangkit, apapun keadaannya kita harus membijaki penggunaan datacenter Indonesia, meskipun realitanya memang server Indonesia lebih mahal , kita tidak akan bisa menikmati server Indonesia murah jika sebagian besar pengguna website Indonesia memilih menggunakan Server USA / lainnya karena memang ada beberapa pilihan di jasa yang kita tawarkan server USA/ IIX, rata-rata pelanggan lebih memilih USA kan? karena memang di janjikan dengan harga relatif murah..


    GO Konten Lokal, mulai sekarang dan seterusnya, bagaimana kita dilirik GOOGLE, RIM , YAHOO kalo pengguna dalam negeri saja masih PEDE menggunakan Server Amerika.

    :cool:
    Mungkin ini saja, jika ada tambahan silahkan di tambahkan, jika ada salah mohon di benarkan, jika ada yang mau menyediakan server murah (Indonesia) bisa PM saya ;), sukses terus untuk seluruh Hoster Indonesia...

    .
     
  2. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    175
    Trophy Points:
    63
    semua kita menghendaki perubahan kearah kesempurnaan .... tulisan dan saran yang menarik boz. very appreciated .... thanks
     
  3. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,345
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    ya ini si TS kan jurnalis jadi tulisannya manteb. trims atas saran2nya.
     
  4. perdhanahost

    perdhanahost Expert 1.0

    Messages:
    986
    Likes Received:
    147
    Trophy Points:
    43
    Semangat dan usaha yang luar biasa. Thanks mediainspirat! :)
     
  5. derrimaulana

    derrimaulana Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    pantesan, rapi benerrr dah. jadi terhenyak saya baca nya :)

    makasih om mediainspirat atas masukan2nya :)
     
  6. vkios01

    vkios01 Expert 1.0

    Messages:
    749
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    saya kurang setuju ini sama contohnya :D well kalau yg tanya 1/2 org saja gpp..
    kalau puluhan orang??? detilnya sudah kita pasang di web. kenapa itu orang tidak cari info di web kita langsung???
    itu nantinya akan jadi pribadi klien yang "manja"
    kalau kita jawab, nanti semuanya ditanyakan ke kita semua. berawal dr hosting 50Mb, nanti tanya 100Mb, tanya lagi 200Mb, tanya lagi 500Mb s/d 2Tb :D siapa yang ga ribet kalau begitu??? dan orang itu tdk beli.. cuma numpang nanya doank..

    kalau jawaban saya begini, "bapak/ibu bisa melihat ke link berikut untuk harga kami, jika ada yang kurang jelas dari page tsb silakan ditanyakan ke kami" bagaimana menurut om2 sanggahan dr saya?
     
  7. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    175
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya biasa ... pertanyaan pertama kedua ....saya jawab sesuai pertanyaannya... dan langsung kita kasih LINK-nya juga
     
  8. vishualhost

    vishualhost Expert 2.0

    Messages:
    813
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    Klo infrastruktur / kualitas serta harga dinegara ini sudah sedikit lebih baik saya rasa yg diatas ngga ngelirik2 lagi melainkan caplok langsung :D
     
  9. vishualhost

    vishualhost Expert 2.0

    Messages:
    813
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    setuju , itulah fungsi adanya page paket di website, klo harus selalu jawab via live support mending di page detail langsung dituliskan untuk paket dan harga langsung tanyaken ke pihak sales /support.

    karena salah satu typical umum ini adalah malas salah satunya
     
  10. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,794
    Likes Received:
    241
    Trophy Points:
    63
    problemnya bukan infrastruktur, lebih kearah investment policy & political issue
    jadi orang yang bisnisnya berjalan di technology tidak mau invest terlalu banyak
    lebih baik invest bikin gedung

    tuh di jakarta lagi banyak bikin gedung
    kayak main tiny tower saja :p
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...