Saya Pemula, Mohon Masukan Dari Master2, Please..

Discussion in 'Reseller Web Hosting' started by yodhaanoraga, 24 Feb 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yodhaanoraga

    yodhaanoraga Beginner 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Salam.
    misi admin & momod, saya mw buka trit. lagi butuh bantuan nih dari master2 hoster..

    saya sekarang masih status mahasiswa teknik informatika dan ingin memulai wirausaha webhosting. saya rasa kuliah yang saya ambil merupakan bidang yang saya sukai dan juga bidang persewaan webhosting juga menarik bagi saya. secara teknikal, saya cukup memahami cara-cara pengoperasian WHM namun masalahnya adalah saya belum merasa matang dengan konsep bisnis webhosting. dan masalah yang paling mendasarnya adalah penentuan harga sewa hostingnya..
    nah maka dari itu saya ingin bertanya pada master2 hoster yg udah pro di sini agar usaha ini bisa berjalan dengan baik.. perlu diketahui, untuk permodalan saya juga menggandeng investor dan saya tidak ingin mengecewakan investor saya..
    baik, mohon jawab pertanyaan saya :
    untuk penentuan harga sewa hosting, master2 cara itung2annya gmna? kalo mungkin emang rahasia dapur, ya gpp tapi mohon beri saya sedikit gambaran kasarnya untuk konsep bisnis webhosting itu.

    sementara ini saja dulu pertanyaan saya. kallo nanti saya ada ketidaktahuan lagi, pertanyaannya menyusul.. :37:
    sebelumnya trims bwt jawaban dari master2 sekalian..
    salam.
     
  2. yogisparingga

    yogisparingga Beginner 2.0

    Messages:
    81
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    18
    selamat malam, sama seperti mas, sy juga masih pemula, saat ini saya masih memakai reseller hosting dan belum memiliki vps ataaupun dedicated, sepertiny untuk belajar bisnis host ini bisa di mulai dari reseller ? alasan sy menyewa reseller karena tidak di pusingkan dengan instalasi software2 panel kontrol . .

    alternatif untuk memulai mungkin bisa di cb dari reseller hosting mas :) cuma satu pesan dari saya yg penting kejujuran dan layanan bantuan bagi client . . insya allah bisa lancar . amin

    mungkin master2 lain bisa menambahkan dan memberi sedikit saran bagi TS dan buat saya juga hehe :D
     
  3. yodhaanoraga

    yodhaanoraga Beginner 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    terimakasih buat balasan mas yogis, untuk pengetahuan yang mas yogis di atas saya sudah paham. memang saya memulai dari reseller plan. yang saya bingungkan adalah rencana keuangan usaha di mana rencana itu nanti berguna untuk penentuan harga dasar sewa webhostingnya. jika terlalu mahal harga sewanya, saya kwtir calon pelanggan kabur. kalo terlalu murah nanti kwtir dibilang ngerusak pasar dan kebanjiran user dan akhirnya servernya bisa down! saya tidak mau kedua kondisi tadi.
    saya pernah membaca postingan salah satu master hoster sini kalau penentuan harga itu banyak aspek yg harus dipertimbangkan.. nah itu yang ingin saya tanyakan..
    mohon master2 yang lain memberikan tanggapan..
    :)
     
  4. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,260
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    kalo sebagai reseller saja, modal tentunya bukan masalah yah, krn harga reseller kan lbh murah ....

    Kalo masalah harga jgn di buat dulu pak ,tapi tentukan konsepnya dulu bagaimana :

    - Jual produk apa saja,
    - server mana
    - Target marketnya siapa
    - Waktu anda seberapa banyak untuk ngurusin ini

    Setelah itu di jabarkan secara pribadi, cari competitor yg memiliki konsep bisnis yg sama dengan jawaban anda di atas. Baru bisa ktm harganya mirip2 kompetitor boleh.

    Knp harus memiliki harus cari kompetitor yg konsep sama ?

    jawaban logis nya adalah :

    Kalo targetnya adalah mahasiswa, siswa , dan blogger pemula -- kemudian anda pasang harga meniru kompetitor yg bidik kelas high end , akhirnya jadi ga nyambung mode on :)

    itu contoh saja
     
  5. yodhaanoraga

    yodhaanoraga Beginner 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    mohon jangan panggil saya "pak" soalnya saya masih semester 6 :D
    1. kalo bwt produk sih standar ajah. domain registration; beberapa paket hosting server US (50mb, 100mb, 200mb, 500mb, 1gb, 3gb, 5gb); beberapa paket hosting server IIX (100mb, 200mb, 500mb, 1gb, 2gb), dan jasa webdeveloper.
    2. server masih pake US dan IIX dulu.
    3. target market saya sangat spesifik, yaitu anak2 kuliahan terutama kampus saya sendiri karena di semester kemrn ada matkul yg membahas managemen sumber daya komputasi dan dosen sendiri kesusahan untuk mencari space untuk "diobok-obok" dalam perkuliahan. Alhasil solusinya terpakasa pakai space-nya web kampus yang sangat terbatas..
    4. kalo saya sih siap dalam 24/7 tapi ga njamin juga sih hehe soalnya saya juga masih terikat kontrak jadi techer di lembaga bimbel.

    ya sebenarnya dari uraian pak jaapns saya juga sudah dapat gambaran kasarnya. tapi mungkin pak jaapns berkenan memberi saya masukan lagi ditimbang dari 4 point yang saya sampaikan gitu...
    maap, masi nubitol
    :D
     
  6. yogisparingga

    yogisparingga Beginner 2.0

    Messages:
    81
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    18
    iya mas sm2, untuk harga mungkin bisa di bandingkan dengan pelayanan mas berikan, jika pelayanan baik mungkin harga bagi calon client no 2, selanjutnya target marketing anda di tujukan untuk syp terlebih dahulu .

    ini jawaban yg sangat berkesan dan sangat berguna bagi saya . . saya simpan ini y mas
     
  7. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,260
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    Kalo melihat dari jawaban di atas , saya fokus ke ini :
    >>>>>>
    3. target market saya sangat spesifik, yaitu anak2 kuliahan terutama kampus saya sendiri karena di semester kemrn ada matkul yg membahas managemen sumber daya komputasi dan dosen sendiri kesusahan untuk mencari space untuk "diobok-obok" dalam perkuliahan. Alhasil solusinya terpakasa pakai space-nya web kampus yang sangat terbatas..<<<<<<<<

    --> bayangkan anda jadi si target market(anak kuliahan ) --> kira2 menurut anda(ukur dengan kemampuan sendiri ) mampu membeli account hosting tersebut dengan harga brp ?

    Kemudian survey ke rekan anda sesama jurusan di kampus yg memiliki 3 perbedaan ekonomi : kurang mampu, sedang dan mampu banget.

    Dari kesimpulan itulah anda bisa mengentahui harga yg pas , krn sudah anda survey :)



    Target Anak Kampus sebenernya ada triknya lho......

    tinggal deketin dosennya he he he , ada reseller saya yg udah praktekan dan berhasil :)
     
  8. yodhaanoraga

    yodhaanoraga Beginner 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah iya yah.. kalo gt harus terjun ke lapangan ini..
    maaf nih, saya mau nanya lagi. untuk software billlingnya, jika menggunakan WHMCS berlicensi, apa pasti akan otomatis meningkatkan kredibilitas hoster di mata user?
     
  9. balimediahost

    balimediahost Poster 2.0

    Messages:
    104
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    100% aggree ama om japp....mungkin sedikit berbagi juga ya dengan pengalaman saya awal2nya..sebelum saya memulai bisnis hosting saya ga langsung ambil paket hosting, saya kalkulasikan dulu hampir mirip dengan apa yg om japp jabarkan diatas..sampai berapa banyak orek2an kertas hanya untuk membuat sistem, harga, managementnya dan bla bla lainnya, ketika semua dah fix baru saya mulai search2 untuk paketan reseller yg sesuai dgn budget saya, kalau saya pribadi lebih mengandalkan support yang saya jual, namun bukan berarti mengenyampingkan kualitas, krn waktu itu sudah lumayan banyak persaingan, ya saya memang memasang target untuk kalangan yang ekonomienya murah meriah saja, otomatis pricing yg saya buka lumayan murah, terlebih lagi bila mas yodha seorang mahasiswa..bidikan awal mungkin bisa dimulai dari penawaran ke teman dulu...lalu bisa berkembang nantinya secara globalitas secara online, dan lain2.....untuk waktu yang diluangkan...aftersales jangan pernah dilupakan..krn biasanya client juga senang bila diperhatikan..ya mungkin hanya pengalaman kecil itu bisa saya bagi....dan semoga bermamfaat
     
  10. yodhaanoraga

    yodhaanoraga Beginner 1.0

    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    nah jika seumpama saya menawarkan ke sesama teman dulu berarti saya bisa tanpa pake biiling juga ga masalah ya??
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...