Seberapa penting backlink untuk search engine

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by ilmukomputer, 21 May 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ilmukomputer

    ilmukomputer New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sekedar wacana tentang seo..

    Backlinks adalah komponen kunci di mesin pencari optimasi (search engine optimization). Konsultan search engine pernah berbicara tentang pentingnya link balik untuk mencapai peringkat lebih tinggi mesin pencari. Itu karena lebih dari satu arah link balik Anda telah mengarah ke situs web Anda, yang lebih penting ialah mesin pencari percaya pada halaman Anda berada.

    [​IMG]

    Ada dua jenis link balik: satu arah link dan hubungan timbal balik.


    One-Way Links backlink yang pada dasarnya hanya menuju ke satu arah. Mungkin link yang berlangsung dari website Anda ke situs web lain. Atau mungkin link dari situs lain menuju situs Anda. Bagaimana pun juga, cara yang baik hanya ada satu.

    Reciprocal Link adalah link balik yang pergi dari satu situs ke yang lain, dan kemudian kembali ke situs web asli.

    Sangat penting untuk membedakan antara satu arah kembali link (one-way back links) versus link timbal balik. Tentang Search engine optimization Banyak ahli percaya bahwa satu-jalan kembali link yang lebih berharga daripada hubungan timbal balik karena mereka lebih sulit untuk mendapatkan. Pemikiran adalah bahwa karena mereka lebih keras untuk mendapatkan, mereka harus menjadi lebih bernilai, yang berarti orang lain pikir sangat tinggi dari situs Anda. Jika orang berpikir sangat dari situs Anda, harus situs yang penting, yang berarti mesin pencari akan memberikan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan situs yang tidak memiliki banyak backlink satu arah.

    Contohnya mesin pencari seperti Google tumbuh dan terus memperbaiki sistemnya, mereka lebih menekankan pada bagaimana sebuah situs web yang populer, bukan apakah mereka menggunakan semua kata kunci yang tepat. Popularitas ini diukur melalui salah satu cara-link balik. Mereka seperti suara ke Google, dan mesin pencari peringkat lebih seperti kontes popularitas: memiliki banyak link ke situs Anda dan situs Anda mencapai peringkat yang tinggi. Cara termudah untuk menemukan jumlah backlink yang mengarah ke situs Anda adalah untuk mengunjungi Google atau Yahoo! dan ketik perintah berikut:

    link:www.yourwebsite.com

    Anda akan ditunjukkan daftar semua situs Web yang memiliki link balik domain Anda sendiri. Jika Anda ingin melihat siapa yang memiliki link kembali ke halaman tertentu di situs Anda, lalu ketik di seluruh URL ke halaman individu.

    Meskipun tidak ada yang dapat memastikan algoritma yang tepat Google dan Yahoo gunakan untuk peringkat situs, itu umumnya percaya bahwa jika sebuah situs web memiliki lebih banyak link balik, ia akan mencapai peringkat mesin pencari yang lebih tinggi. Ada faktor lain yang menuju ke seluruh mesin pencari peringkat, tetapi link balik adalah salah satu yang lebih penting.

    Jadi, Anda perlu memperhatikan kualitas backlinks Anda, sekarang lebih dari sebelumnya. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk memastikan Anda menggunakan teks jangkar (anchor text) tepat di link balik Anda. Sebagai contoh, jangan pernah nulis dgn kata-kata "klik di sini". Search engine spiders beranggapan bahwa website ini tertaut dan berada di sini/web itu sendiri. Sebaliknya, gunakan kata kunci tentang situs bahwa link balik yang mengarah ke. Jika Anda membuat link balik ke situs tentang palu, taruh kata palu pada link. "Klik di sini" bukan tentang palu.

    Singkatnya, jika anda ingin sebagian besar hasil mesin pencarian nya bagus, pastikan untuk menyertakan link balik sebagai bagian dari strategi optimasi mesin pencari. Anda akan melihat hasilnya dengan peningkatan peringkat pada search engine.

    Berapa banyak backlink yang kita butuhkan untuk mendapatkan Pagerank tertentu
    So, gausah panjang-panjang prolognya, akan kita lihat bareng-bareng.
    Perhatiin tabel di bawah ini :

    [​IMG]

    Cara Baca Tabel
    Gini neh cara bacanya:
    Untuk Mendapatkan PR [ tertentu ] ? Butuh Backlink dari PR [ tertentu ] ? sejumlah [ ... ] backlink.
    Contoh : Misal kita pengin mendapatkan PR 5

    * Untuk Mendapatkan PR [ 5 ] ? Butuh Backlink dari PR [ 3 ] ? sejumlah [ 555 ] backlink.
    * Untuk Mendapatkan PR [ 5 ] ? Butuh Backlink dari PR [ 6 ] ? sejumlah [ 3 ] backlink.

    Tabel di atas merupakan gambaran gampang tentang algoritma penghitungan backlink untuk formulasi pagerank update. Kalo kamu jago aljabar, hoby matematika and ga pusing liat angka-angka dan rumus-rumus, kamu bisa ikutan ngitung sendiri algoritma penghitungan backlink ini.

    Tips 6 Cara Ampuh Membangun Quality Backlink

    1. Submit ke Direktori
    2. Article Marketing
    3. Link Baiting
    4. Link Exchange
    5. Blog Commenting
    6. Social Media Marketing

    Semua cara dapat kamu lakukan di web ini http://www.freebacklink.us/
    web Free Backlink dan Backlink Directory yang memberikan backlink secara tak terbatas dan cuma-cuma.

    Semoga bermanfaat.
     
  2. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    mantap, tulisannya bagus dan sangat bermanfaat. mohon ijin re-publish di blog sy ya heee ..

    salam,
     
  3. JuraganWebHosting

    JuraganWebHosting Apprentice 1.0

    Messages:
    226
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    wah terima kasih atas artikel nya yang berguna sekali.. baru tau sekarang tentang butuh berapa banyak backlink dan hubunganya dengan PR, terima kasih sekali lagi.
     
  4. yanwar.purnama

    yanwar.purnama Beginner 2.0

    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalau menurut saya ide dasar penghitungan PR google adalah dari popularity website. Dulunya mungkin google berpikiran semakin banyak link dari situs lain maka semakin 'pantas' situs tersebut di urutkan di posisi teratas dan di sajikan kepada pencari. Dan apalagi link tersebut ada di website yang menurut google sudah populer (Yang PR nya Tinggi), nilai 'pantas' nya semakin tinggi.

    Ide dasar ini mungkin google mengharapkanya secara alami, artinya jika sebuah situs banyak di bicarakan di situs lain, berarti situs tersebut populer dan 'pantas' di tempatkan urutan tertinggi. Contoh secara alami seperti misal dari situs DWH ini banyal yang mereferensikan ke salah satu blog (Misal : "Untuk artikel mengenai ini silahkan pelajari di website www.blablabla.com"). Namun pengembangannya memang berbeda, banyak orang yang ingin situsnya termasuk populer dan PR tinggi dengan menggunakan yang tidak alami, seperti submit directory, link exchange, blog hunting, dll. Dan google sebagai sebuah mesin tentu sulit membedakannya :).

    Selain backlink hal yang menentukan lainnya adalah dari desain web, Apakah website tersebut sudah valid XHTML dan CSS berdasarkan aturan w3.org, apakah ada broken link, meta tag, keyword weight, dll. Untuk pengecekan valid atau tidaknya html dan css bisa menggunakan http://jigsaw.w3.org/css-validator/ dan http://validator.w3.org/ sedangkan untuk mengecek keyword weight, dll bisa menggunakan tool http://www.rankingtoday.com/.

    Nah seperti contoh diatas, saya memberikan referensi web secara alami :), makanya mungkin PR kedua web tsb Tinggi :p

    Thx
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...