seperti apakah parameter pelayanan webhosting & karakter client yang mendingan?

Discussion in 'Reseller Web Hosting' started by cuma.elp, 5 Nov 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cuma.elp

    cuma.elp Beginner 2.0

    Messages:
    95
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    suda duwa kali saya pinda hosting. masih coba menggunakan pola yang sama, memilih webhosting pada single fighter (non-lembaga, jaga gawang sendirian). masih dengan asumsi yang sama, kualitas webhosting yang bagus tidak mutlak ditentuken ole banyaknya penjaga gawang, melayinken gimana kemampuannya memberikan respon pada buyer.

    posisi saya sebagai buyer gaptek sambil belajar juwalan jasa web design ke teman2. karena memang hosting termasup al baru bagi saya, setiap ada masalah terkait di web client saya, saya lakukan dua hal.

    1. ask google
    2. buwat tiket ke webhosting (karena aturan webhosting yang saya gunakan, harus membuat tiket jika ada masalah yang ditemui). jika lewat ym, sering kali diabaikan.

    untuk yang error umum punya PHP, selama saya masih bisa tangani, saya coba sendiri. nyatanya memang tidak semua hal dapat saya selesaikan sendiri, misalnya, tiba2 space hosting client saya yang tadinya 500MB jadi 200MB. atau tiba2 terjadi internal server error 500.

    lalu ada porsi pertanyaan gaptek yang saya bingung untuk dialokasikan. misalnya, saat saya tanya ke dek google mengenai redirect blogspot ke domain sendiri, alhamdulillah, saya bisa lakukan sendiri. tapi saat ada masalah dan tanya ke dek google nda nemu solusinya, kemana kemana kemana ku harus mencari kemana... solusinya (halah, jadi i you think2 :p)

    well, dengan harapan terakhir (kya didunya ni nda ada orang lagi :p), saya bikin tiket. isinya berupa menyalahkan webhosting kah? ya ndalah, tapi karena saya hosting disana, saya butuh informasi dimana letak kesalahannya. apakah saya yang salah setting, atau memang ada gangguan di webhostingnya. asumsi saya, hanya pihak webhoster yang tau detail masalahnya dimana. karena bisa membandingkan setting yang saya buat dan keadaan server.

    bagaimana dengan pertanyaan gaptek lainnya? apakah boleh saya bikin tiketnya? atau silahkan tanya ke google aja. "ya" atau "tidak"-nya, saya tidak dapatkan dari pihak webhoster. artinya, mungkin diperboleken, mungkin juga tida. kerana, terkadang tiket pertanyaan gaptek saya dijawab, tapi terkadang dibiarkan saja sampai "ditutup otomatis" setelah tiga hari tanpa jawaban.

    lalu, saya jadi bertanya2. dalam pandangan saya, saya menemui kesulitan untuk komunikasi dengan pihak webhosting. ke-kurang paham-an saya soal hosting dkk, masih mendudukan saya dalam posisi "binun mo tanya lebi lamjut". harapan saya dapat informasi lebi detail dari pihak webhosting jadi lunglay.

    jadi inget waktu sekola, guru nanyain, "uda ngerti ato belun?" anak2 nda ada yang jawab. bukan karena ngerti dan nda perlu nanya lagi, tapi binun mo nanya apaan :D

    pun saya memahami tidak ada keterangan bahua pihak webhosting akan menyediyaken jasa konsultasi gratis soal hosting dkk. tapi cukup herannya, entah kenaon, saat baru2 mo jadi client-nya, layanan pihak webhosting kok cepet dan fast respon ya? tapi setelah jadi client dan rajin tanya ini-itu (baik untuk pertanyaan gaptek & produk yang dimiliki pihak webhosting), kok jadi jarang di-respon?

    adakah pihak webhosting yang bisa memberikan saya saran gimana komunikasi dengan pihak webhosting dengan mendingan mengenai kendala komunikasi yang saya alami? ato mungkin temen2 sesama pengguna jasa webhosting bisa sharing solusi mengenai al ini?

    satu hal lainnya, seberapa besar hak client untuk tau masalah yang terjadi di sisi webhosting? misalnya, saat saya tanyakan space hosting client saya yang tiba turun dari 500MB ke 200MB. ternyata tida dijelaskan sebapnya. hanya informasi bahua space hosting suda kembali sperti smula. saya pribadi merasa berhak tawu, karena masalah tersebut membuat web client saya error dan saya tida bisa memberikan alasannya dengan mendingan. apakah dari sisi saya sebagai web hamster eh master ato dari sisi webhosting-na.

    mohon maaf kepada admin/moderator, kalo ternyata thread saya sala kamar, silakan dipindah.
     
  2. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,333
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Masih pindah 2 kali ya, dulu saya sudah pindah berkali-kali sampai menemukan jasa dan support yang pas
    Pernah tertipu, pernah down 7 hari, pernah dimaki client, pernah kena jebol password dan banyak macemnya.

    Kemampuan memberikan respon yang seperti apa?
    1. Cepat ? = lebih dari sekedar single fight
    2. Problem solving? = biasanya hoster tua yang udah banyak pengalaman

    dari 2 item diatas langsung cari disini http://www.diskusiwebhosting.com/direktori/

    dan memang seringkali permasalahan hosting dan masalah website hampir mirip2 tapi bukan tidak bisa dibedakan.

    1. Biasanya masalah redirect blogspot memang diluar support provider hosting
    2. 500mb tiba2 jadi 200mb bisa jadi salah setting paket - supoort hosting
    3. internal server error 500 - biasanya salah di .htaccess atau permission - bisa masuk support hosting/tidak

    Tidak dapat jawaban? cari jawaban dari satu tempat ke tempat lainnya dan jawaban belum tentu bisa ditemukan hanya dalam 1 hari bisa berhari-hari "riset di google".
     
  3. cuma.elp

    cuma.elp Beginner 2.0

    Messages:
    95
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    hehehehe... ngeri juga kalo sampe berkali2 pindah kelayin ati yak :D (uda berapa webhosting yang ke black list tuh? :p)

    apakah pak PusatHosting keberatan untuk jadi tempat konsultasi gratis bagi client-nya kah? :D

    sepertinya pertanyaan saya satu lagi belun terjawab :

    seberapa besar hak client untuk tau masalah yang terjadi di sisi webhosting?
     
  4. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,181
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Hal seperti ini memang biasanya ya tergantung dari kebijakan masing2 penyedia hostingnya itu sendiri.
    Namun kalo secara umum, hal ini biasanya client juga bisa tau tentang kondisi server/hosting pada suatu waktu tertentu.
    Namun ada juga hal lainnya yang bersifat sangat privacy (rahasia dapur) dan tidak bisa selalu dishare ke client2nya.
    Jadi semuanya itu tetap dikembalikan kepada masing2 penyedia hosting tersebut.
     
  5. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,333
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    cukup berat pak melayani konsultasi diluar permasalah jasa yang dijual karena pasti akan banyak macam ragamnya dan belum tentu mempunyai spesialisasi pada setiap kasusnya.

    cara yang mudah ya share di forum & cari di mesin pencari

    setuju seperti apa yang disampaikan sigmabisnis.
     
  6. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    wah mas cuman.elp, nulisnya panjang..

    susah juga ya ngejawab pertanyaan mas..
    kalau saya, pas sebelum milih hostingnya, saya background check ama mereka.. apa kesan dan pesan pengguna..
    justru karena hal2 yang aneh dan trus memaksa saya mencari jawaban di google yang membuat saya lebih cepat belajar dan mengerti masalah2 hosting...

    cuman, saya akui juga pemilik hosting juga perlu pengetahuan yang bagus di soal hosting dan bersedia memberikan pengajaran ke client2 yang nanya...


    menyimak juga..
     
  7. hostingceria

    hostingceria Expert 1.0 Web Hosting

    Messages:
    673
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Hak tersebut selalu ada, namun perlu anda ketahui tidak semua orang punya level pemahaman yang sama, belum lagi cukup menguras waktu mengetikkan penyebab detilnya (kalau tidak bisa di-copy/paste). Masalah waktu ini menjadi semakin vital jika down 1 server berisi ratusan klien dan ada tiketnya 25 lebih menanyakan hal yang sama dan menutut hal yang sama yaitu: cepat membalas tiket

    jadi terkadang dari sisi staff support (single fighter/bukan) seringkali fokus ke jawaban standar bahwa "Masalah sudah teratasi/selesai", kenapa? Karena jawaban tersebut mudah+enak dibaca dan jarang ada klien yang bertanya balik karena mayoritas klien di indo juga maunya "masalah beres" tapi ga mau tahu detilnya gimana.

    dalam special case untuk klien yang bertanya penyebab biasanya saya masih jelaskan penyebabnya, tetapi tidak rinci sekali karena belum tentu kliennya paham, kadang saya baru ngomongnya "server" tapi ternyata di pikiran sang klien udah ngebayanginnya kemana2 sampe datacenter model kayak google (red: terlalu imaginatif)
     
  8. voezie

    voezie Hosting Guru

    Messages:
    1,771
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    barometer nya yang jelas tidak bisa di standarisasi, walaupun hoster nomor satu di dunia sekalipun (aka. GoDaddy) pastilah ada sedikit atau banyak client yang pernah merasa kecewa dengan pelayanannya.

    Mengenai nanya-nanya seputar produk knowledge, disinilah gunanya fasilitas Halaman FAQ atau Knowledge Based, sebanyak apapun pertanyaan client, jika isi dari halaman FAQ dan Knowledge Based sudah lengkap, maka pihak hoster tidak perlu ketik panjang-panjang, cukup kasih linknya saja ke halaman FAQ dan Knowledge Based

    Client memiliki hak untuk mengetahui beberapa hal tentang account nya. Tetapi harap pihak client memahami juga mengenai kompetensi masing-masing hoster, gak mesti single fighter maupun tim, yang single fighter jika dia sebagai root, maka akan mengetahu secara detail tentang akun Anda, tetapi jika hanya reseller mau gak mau informasi yang diterima ya hanya penyampaian dari root saja. Tetapi yang bekerja sebagai tim juga belum tentu akan menyampaikan informasi detail, dikarenakan dalam tim tersebut masing-masing tim / cs memiliki level kompetensi yang berbeda.
     
  9. budiono

    budiono Expert 1.0

    Messages:
    697
    Likes Received:
    65
    Trophy Points:
    28
    betul kawan, masalah custom domain ke blogspot ini kadang juga dilematis, sering ada pembeli domain yang maunya sekali beli domain tiba-tiba sudah nyambung ke blogspot. okelah pertama dibantu, begitu beli domain lagi yang kedua, diberitahu caranya, malah komplain katanya ribet banget mau nyambungin ke blogspot aja..

    saya lihat ada beberapa kawan hoster yang mengenakan tarif untuk 'bantuan' jenis ini, dan saya rasa itu adalah solusi yang paling bijak dan klien harus faham itu ;)
     
  10. Bforce

    Bforce _ DWH Admin Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,420
    Likes Received:
    305
    Trophy Points:
    83
    Thread dipindahkan, karena intinya membahas hal hubungan antar reseller pemula dan vendor/provider. Harap maklum.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...