Ceritanya begini
Salah satu client saya domainnya terblokir karena terjaring filtering dns trust+ kominfo. Soal ini sudah diluruskan sejak lama, sudah ditanggapi oleh team filtering kominfo melalui email, karena memang false alarm. Dari segi content juga memang tidak ada yang masuk kategori dari pornografi, judi, scam, pembajakan hak cipta, dsb. Waktu itu sepertinya terjaring karena salah satu banner ads (obat perkasa) memang dihostingkan di server ini.
Tapi sampai sekarang yang menjadi masalah adalah hanya apabila diakses oleh visitor yang ispnya pakai produknya telkom. Akses dari http diarahkan ke internet positif sedangkan kalau akses dari https maka di 'mitm' sertifikat ssl domainnya, sehingga di browser akan mucul certificate untrusted, krn public cert yang terunduh oleh browser adalah dari domain *uzone.id. Dimana domain ini juga digunakan oleh telkom untuk pushing ads ke browser pelanggan. Di isp lainnya sejauh ini sudah clear sejak berbulan-bulan lalu, jadi sepertinya filtering telkom ini tidak selalu mengikuti rujukan database dari trust+ kominfo.
Kalau ada yang punya pengalaman sejenis, bagaimana caranya mengurus problem ini? Kalau ke 147 atau plasa telkom juga sepertinya tidak memungkinkan, karena customer service di sana hanya mengurusi soal produk end-user (internet, telpon, tv kabel, dll). Kalau laporan langsung ke noc telkom pun entah mesti hubungi kemana
Jadi bingung mesti hubungi kemana. Terima kasih sebelumnya.
Salah satu client saya domainnya terblokir karena terjaring filtering dns trust+ kominfo. Soal ini sudah diluruskan sejak lama, sudah ditanggapi oleh team filtering kominfo melalui email, karena memang false alarm. Dari segi content juga memang tidak ada yang masuk kategori dari pornografi, judi, scam, pembajakan hak cipta, dsb. Waktu itu sepertinya terjaring karena salah satu banner ads (obat perkasa) memang dihostingkan di server ini.
Tapi sampai sekarang yang menjadi masalah adalah hanya apabila diakses oleh visitor yang ispnya pakai produknya telkom. Akses dari http diarahkan ke internet positif sedangkan kalau akses dari https maka di 'mitm' sertifikat ssl domainnya, sehingga di browser akan mucul certificate untrusted, krn public cert yang terunduh oleh browser adalah dari domain *uzone.id. Dimana domain ini juga digunakan oleh telkom untuk pushing ads ke browser pelanggan. Di isp lainnya sejauh ini sudah clear sejak berbulan-bulan lalu, jadi sepertinya filtering telkom ini tidak selalu mengikuti rujukan database dari trust+ kominfo.
Kalau ada yang punya pengalaman sejenis, bagaimana caranya mengurus problem ini? Kalau ke 147 atau plasa telkom juga sepertinya tidak memungkinkan, karena customer service di sana hanya mengurusi soal produk end-user (internet, telpon, tv kabel, dll). Kalau laporan langsung ke noc telkom pun entah mesti hubungi kemana
Jadi bingung mesti hubungi kemana. Terima kasih sebelumnya.