hey hey..take it easy bro..gpp
bukan berusaha bro, tapi lakukan yang terbaik kepada pelanggan..kalo ada keluhan or keinginan pelanggan, tolonglah di tanggepin..saya paling sebel kalo lagi online tapi gak ada tanggapan..bukankah penjual itu semestinya melayani pelanggannya..liat costumer service, di manapun itu..di bank, di instansi pemerintah, counter hape, liat bagaimana mereka melayani pelanggan..dengan ramah bukan? tidak dengan menyalahkan pelanggannya..contoh misalkan: ada salah seorang penjual yang menyalahkan pembelinya..koneksi kamu pake apa sih? pake x..lha iya, pantes pake x..bla bla bla..itu kata yang kurang pantas, menyalahkan pelanggan
liat bagaimana kalau kita mengeluh ke customer service, apa kata2 pertamanya "mohon maaf atas ketidaknyamanan ini"..it's cool, isn't it?
saya liat di sini apa, banyak web hosting service yang lari dari tanggungjawab..saya miris dengernya..saya sedih karena saya juga penjual..malah menyalahkan pembeli
yang saya harapkan adalah terjadinya kerjasama yang baik antara pembeli dan penjual, itu saja
tapi saya salut atas pekerjaan web hosting ini, menjaga ratusan orang pelanggan dalam satu waktu
Sebenarnya menyalahkan pelanggan itu ga selamanya salah, tergantung cara penyampaiannya saja, misalkan kasus diatas pakai provider X, anda bisa bilang: "itu umum terjadi di pengguna X pak, bapak bisa tanyakan ke customer service X untuk penjelasan lebih lanjutnya".
Kalo saya pribadi engga suka dengan prinsip bahwa sebagai penjual harus merendah meskipun salah, kadang kala anda boleh tetap sama tinggi dengan pembeli kalau memang benar, karena kadang ada pembeli juga yang benar2 sudah tidak punya etika bagaimana melakukan komplain dan langsung "tembak" saja yang keluar pertama kali di ingatannya.
misalkan kasus yang pernah saya alami:
P: Pak, koq web saya ga bisa diakses sih??? servernya down lagi ya?? baru sebentar udah mati, jelek bener sih!! (saya yakin sebagian besar cs pasti ga comfort dengan orang yang chat dengan tanda baca berlebihan begini)
CS: Saya sudah cek dan website berfungsi normal & server juga normal, mungkin koneksi internet bapak terganggu?
P: Engga koq pak, saya buka detik, kompas, facebook bisa, masa buka web saya sendiri ga bisa???
CS: Bagaimana kalau bapak buka cnn.com atau newyorktimes.com? (saya tanyakan begini karena curiga saluran internasional koneksi dia putus dan hostingnya dia ambil di usa)
P: Ga bisa pak, koq begitu ya???
CS: Itu berarti ada gangguan di sambungan internasional koneksi internet bapak, karena semua website yang diluar negeri tidak bisa dibuka, begitu juga memang hosting bapak kebetulan ambil yang usa, silakan ditanyakan ke customer service provider internet bapak.
P: Oh begitu, ya sudah saya coba kontak dulu deh
Setelah itu masalahnya selesai, tapi disini anda bisa lihat, customer service engga selalu dihargai, malah setelah dibantu diatas seringkali hal sederhana seperti ucapan makasih atau maaf karena "salah marah" pun sering diabaikan.
-Time will always tell which one is right-