take over!

Discussion in 'Reseller Web Hosting' started by slacky, 2 Oct 2007.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. slacky

    slacky New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bisnis reseller saya.

    Memilih Paket Reseller untuk memulai bisnis hosting tak saya lakukan beberapa tahun yang lalu karena tidak begitu mengerti apa, bagaimana dan dimana bisa temukan Web Hosting yang menyediakan paket reseller, dengan spesifikasi; berbahasa indonesia dan bisa dibayar dengan rupiah.

    akhirnya atas rekomendasi seorang teman, saya memilih perusahaan Gemblung (misal) untuk ambil paket reseller yang akan dijual nantinya.

    Tahun pertama lancar, bisnis berkembang.. kapasitas ditingkatkan karena kebutuhan. Peningkatan kapasitas ini dilakukan beberapa kali, tentunya untuk memenuhi kebutuhan.

    Tahun selanjutnya masalah mulai timbul, uptime nya reseller saya kembang kempis, ditanyakan kepada penyedia hosting, mereka beralasan banyak. mulai dari network sampai pada spamming yang masuk ke share saya. hal yang masih tak bisa dimengerti paket share saya pindah HD beberapa kali dengan berbagai alasan.

    hampir semua client saya protes karena web mereka MOTA MATI, dan lebih parahnya lagi, tak lama kemudian beberapa client besar saya malah pindah ke hosting INDUK (perusahaan Gemblung tempat saya ambil Reseller), jujur saya merasa dicurangi - ok lah persaingan bisnis.. tapi apa begitu cara nya?

    Tetap berpikir positif, saya jalan terus. Mungkin client tadi memang survey dan secara kebetulan dia memilih G untuk pindah. ini terjadi terhadap beberapa client besar saya.

    untuk tetap berpikir positif bagaimana trik, tips dari pengusaha hosting? bagaimana jaminan kita2 sebagai RESELLER? ini survey juga kali ya, tambahan sampai saat ini saya masih menggunakan reseller yang sama, plis saya butuh sarannya.:cool:
     
  2. Optinux

    Optinux (Ret) Community Leader

    Messages:
    44
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sekedar sharing dari pengalaman,

    #1. Jangan putus-asa!
    #2. Jujur! Kalau anda reseller, bersiap2 untuk menjawab, "ya" saya reseller dengan kelebihan "a,b,c...". Selalu bersikap terbuka kepada clients, tunjukkan anda ingin membantu kebutuhan mereka.
    #3. Tidak selamanya anda reselling, kelak terbuka kesempatan memiliki server sendiri. Tapi sebenarnya punya server sendiri juga reseller, sewa dari hosting besar atau data center.

    Masalah merasa "dicurangin" hosting anda, jangan terlalu diperdulikan, lebih baik fokus ke melakukan riset hosting anda saat ini dan hosting lainnya (mungkin saja anda perlu bersiap2 pindah).

    Keputusan pindah harus jadi pilihan terakhir, karena pemindahan semua accounts bisa menimbulkan problem, terutama karena perubahan IP. Sebaiknya anda "list" semua keinginan anda, point2 tersebut dibicarakan dulu ke hosting sekarang. Sekiranya tidak bakal ada solusinya, mulailah menghubungi hosting lain dan juga bicarakan point2 tersebut.

    BTW, bila anda memilih pindah hosting dengan membawa seluruh account clients anda, ada cara yang aman untuk mengurangi masalah perubahan IP, webhost baru anda bisa membantu (bila telah berpengalaman dalam memindahkan accounts massal).

    Pengalaman kita mungkin berbeda, mudah2an bermanfaat. :)
     
  3. twistedshells

    twistedshells Apprentice 1.0

    Messages:
    277
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Saya belum pernah menemukan ada hoster yang "mencurangi" resellernya. Saya sudah lebih kurang menjadi reseller di 3 tempat, dan setahu saya baik-baik saya.

    Tetapi tetap saja memang menjadi reseller banyak keterbatasan ruang gerak, jadi akhirnya saya memutuskan menggunakan server sendiri (colocation) :D
     
  4. markhard

    markhard Poster 2.0

    Messages:
    199
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    ada semacam work ethics yang saya terapkan kalau menyangkut client reseller saya:

    1. tidak pernah kontak langsung dengan client dari reseller
    2. tidak memberi support langsung ke client dari reseller
    3. kalau ada kasus pindah/transfer saya selalu minta client untuk konfirmasi dulu dengan reseller

    jadi tidak ada masalah yg timbul apabila client pindah dan relasi dengan reseller tetap baik, lagi pula reseller juga client, kalau mereka cabut saya yang rugi juga.
     
  5. jessica

    jessica New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nama perusahaannya apa neh? saya juga pakai reseller dari salah satu Perusahaan hosting indonesia, tidak pernah tuh ada dengar istilah client saya di take over ? kalau mau saya bisa referensikan reseller hosting terbaik paket jitu. dan support Ok
     
  6. abeng

    abeng Beginner 2.0

    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Iya lebih baik diumumkan aja.. Toh nanti bisa di cross check-an..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...