Term of services (tos), siapa yang diuntungkan ?

Discussion in 'Peraturan Layanan Jasa Hosting (ToS)' started by 1stserver, 7 Feb 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sub forum ini sangat penting tetapi sepertinya tidak banyak peminatnya .... saya mau mulai ach ....

    Saya yakin saat ini hampir semua hoster telah mencatumkan Peraturan Layanan Hosting atau Term of Services (TOS) dengan isi yang sangat bervariasi.... ada yg panjang lebar dan detail tetapi banyak yang sangat simple. Dan saya juga yakin sekali hampir semua calon klien tidak membaca TOS tersebut, kaalu pun baca mungkin gak tuntas atau gak paham ... capek juga sih kalau isinya panjang dan pakai bahasa hukum yang membingungkan ... apalagi pakai bahasa Inggris, hehehehehe.

    TOS harusnya berisi peraturan yang berimbang antara kepentingan user sebagai pemakai jasa hosting dan kepentingan hoster sebagai penyedia layanan. Tetapi yang hampir selalu ada adalah pernyataan seperti ini ....

    .... "Kami (hoster) mempunyai hak dan wewenang untuk melakukan perubahan pada TOS ini, kapan saja dan tidak perlu terlebih dahulu memberitahukan kepada klien dan..... klien wajib mematuhi semua peraturan yang ada bila tetap ingin menggunakan layanan kami " .....

    ++ Sepertinya kok tidak FAIR ya buat klien kita?
    ++ Kayaknya kok hoster menangan amat ya ?
    ++ Kalau TOS dianggap seperti kontrak, mestinya kan ada tanggal berlaku dan tandatangan kedua pihak ya ?

    Bagaimana tanggapan kalian semua ... ? Please welcome ..... thanks
     
  2. mangkukmerah

    mangkukmerah Apprentice 1.0

    Messages:
    262
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Kalau menurut sahayo sih wajar jika hoster memberlakukan sarat perubahan tanpa pemberitahuan untuk merevisi Loophole yang terdapat pada TOS

    Bukannya tidak fair sih, soalnya provider segede Burst aja pernah ketiban siyal gara-gara Loophole di TOS nya tentang Chargeback dan Dispute , maka di repisilah TOS nya
     
  3. Michael Nicky

    Michael Nicky Hosting Guru

    Messages:
    1,281
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    38
    @mangkukmerah
    setuju dengan ente Tuan.
     
  4. nilamhost

    nilamhost Poster 2.0

    Messages:
    126
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    sebenernya sih klo menurut saya bukan soal di untungkan atau tidaknya,tetapi lebih kepada peraturan utk di server.
    kita pasang TOS aja banyak yang melanggar dengan alasan " saya tidak tahu kalo itu d larang dsb"
     
  5. nicosoftmedia

    nicosoftmedia (RIP) Community Guide

    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    48
    Yup. Setuju.
    Terkadang banyak yang melanggar juga walaupun sudah membaca TOS atau dengan kata lainnya sama dengan "ISENG".
    Menurut saya TOS tersebut lebih kepada untuk kebaikan bersama antara klien dan hoster. Di sisi klien lebih nyaman karena servernya stabil dan aman dan di sisi hoster juga sama demikian.
    TOS yang ditentukan hoster sendiri sebenarnya mengikuti aturan ditempat mereka menyewa server atau data center tersebut.
    Sebab jika ada terjadi pelanggaran maka Data Center yang akan memberikan peringatan terlebih dahulu. Jika tidak ada respon atau diabaikan maka pihak Data Center akan mensuspend bahkan mematikan servernya. Hal ini akan merugikan bagi kedua belah pihak. Baik itu klien maupun hosternya.

    Jadi TOS sangat perlu sekali untuk menjadi panduan.

    Demikian.
     
    WidigdoNetwork and chiptechost like this.
  6. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    namanya juga term of services, artinya adalah ketentuan penggunaan :)
     
  7. Moefid

    Moefid Beginner 2.0

    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mungkin ada baiknya juga pihak penyedia mengirimkan secara rutin ketentuan TOS tersebut melalui email. Bisa secara regular per bulan atau per ada revisi.
     
  8. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    biasanya ada di halaman itu sendiri klausulnya, apakah harus klien mengecek secara berkala atau memang diumumkan
     
  9. gigiharif

    gigiharif Apprentice 1.0

    Messages:
    275
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Lebih baik menurut saya sih memang diumumkan ketika terjadi perubahan terms or service...

    Jika ada promo atau update server biasanya kan diumumkan, begitu juga semestinya jika ada perubahan tos misalnya...
     
  10. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Setuju, dan mestinya ada catatan bahwa klien harus menyetujui perubahan TOS tersebut kalau ingin tetap menggunakan layanan kita.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...