Ternyata domain .ID di registrar tidak FULL Control bagi registran

Discussion in 'Nama-Domain.ID' started by Fuji Ahmad, 21 Nov 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Fuji Ahmad

    Fuji Ahmad Apprentice 2.0

    Messages:
    460
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Sebelumnya saya minta maaf jika postingan pertama saya berupa keluhan terhadap salah satu registrar di Indonesia, saya hanya sekedar sharing apakah nasib saya hanya dialami oleh saya atau ada yg mengelami hal yang sama.

    Saya bukanlah orang yg jualan domain .ID (saya hanya pengguna domain .ID), Walaupun saya hanya pengguna domain .ID tapi saya selalu up to date dalam perkembangan domain Indonesia terutama saat PANDI baru dibentuk dan sampai mengeluarkan kebijakan baru salah satunya sistem SRS.

    Saya juga sebelumnya sering registrasi domain .ID langsung dari PANDI. dan saya tahu bahwa domain .ID tidak ada feature Private ID/Whois layaknya domain generic. Tapi di domain control, saya punya hak penuh terhadap domain saya seperti managemen contact, dan beberapa domain saya di PANDI kl di whois akan muncul informasi asal2an (karena saya menganggap privacy itu penting), tapi data customer saya asli, dan tentunya PANDI mempunyai ID saya (KTP, dll), jadi jika domain saya disalah gunakan dan melanggar UU ITE, tentu dgn mudah dapat diketahui siapa pemiliknya walaupun saya memakai profile palsu untuk domain saya.

    Nah, karena PANDI sudah tidak menerima pendaftaran domain, maka saya register domain di reistrar dgn Inisial RW, setelah domain aktif, saya mencoba untuk management kontak, kebetulan waktu saya register akun, saya memakai alamat email pribadi. Saya udah kontak tehnikal support nya, dan disuruh kirim email kalo mau update data domain saya. (Berarti ini masih cara manual, dan kita tidak punya control penuh terhadap domain kita kecuali cuma manage NS). Akhirnya saya pikir 2 kali kl domain saya yg masih di PANDI untuk di transfer ke registrar RW.

    Bagaimana dengan nasib domain Anda di registrar yg lain?
    Sebelumnya mohon maaf jika ada salah2 kata.

    NB: saat ini saya masih memperkirakan apakah WHMCS yg dipakai registrar ada yg error untuk manage contact (karena sbelum2nya pernah error), atau memang aturanya bahwa registran tidak control penuuh terhadap domainnya sendiri.

    Salam,
    Fuji Ahmad
    ITSec-ID
     
  2. FluidaWeb

    FluidaWeb Expert 1.0

    Messages:
    645
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    28
    Memang belum bisa Tuan,saya gabung dengan salah satu registrar dan katanya mereka juga belum bisa membuatkan kontrol untuk client saya nanti,,
    tp katanya kalau saya daftar dr dia bisa mendapatkan kontrolnya
     
  3. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    tiap registrar memiliki fitur yang mungkin masih belum merata dan kebijakan yang pasti berbeda-beda, logikanya memang domain adalah hak kita sepenuhnya dalam tandakutif itupun pasti ada aturan mainnya.

    yang dimaksud itu additional contact untuk domain tertentu kan? kemungkinan memang harus manual dengan alasan fiturnya belum tersedia di whmcs heheh karena defaultnya kontak yang digunakan oleh domain adalah yang terdaftar di whmcs.

    ada baiknya konsultasikan dengan providernya supaya tidak nebak2 dan tidak usah pake istilah untuk nama registrarnya, kali aja ada di DWH dan bisa kasih klarifikasi.

    salam,
     
  4. bintang

    bintang Apprentice 2.0

    Messages:
    434
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Ntah kenapa sejak awal ( jaman"nya .id masih gratis ) saya tetep masih sedikit kurang suka, mungkin karna dalam pikiran saya masih tetep dibayang"in kata "rumit" kali ya :(
     
  5. GriyaHosting

    GriyaHosting Expert 1.0

    Messages:
    966
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    ditempat kami udah ada kontrol sendiri kok mas ;)
    coba cek Front Order :D
     
  6. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,258
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    saya rasa definisi full control bagi TS berbeda dengan yg di pahami semua.

    Kalo yg dirasa bahwa mengganti data contact melalui WHMCS, domain .id tentu saja tidak bisa, bahka domain TLD juga ga bisa. TLD dan .ID mengganti harus melalui panel.

    ga tau di tempat lain bagaimana , di tempat kami, client yg order melalui whmcs akan mendapatkan 2 jenis url :

    1. url whmcs client area
    2. url panel domain .id itu sendiri

    Privacy protection itu sendiri namanya FITUR , dan mmg blm ada ... ( blm di buat dan suatu saat bisa di buat), bukan namanya full control.

    Jadi arti full control sendiri adalah :

    Kita mendapat url domain panel kita, kita bisa ambil epp code dan kita bisa ganti ns + bisa pindahkan domain itu sewaktu2.

    Mengenai mengganti email ? Di kami bisa lho....... menggunakan url panel nya

    Note :
    Kalo emailnya sudah fix, tentunya problem ini tidak muncul lg bukan :)
     
  7. GriyaHosting

    GriyaHosting Expert 1.0

    Messages:
    966
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    Fuji Ahmad likes this.
  8. Fuji Ahmad

    Fuji Ahmad Apprentice 2.0

    Messages:
    460
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih atas jawaban semuanya.
    Saya sudah kontak CS lewat email dan dijawab kurang memuaskan, tanya lewat live chat malah gak dibales.
    Kalaupun ada peraturan mengenai kebijakan khusus seharusnya memberitahu, ataupun jika di whmcs belum support juga ngasih tahu, biar saya tidak memperkiraan problem yang saya hadapi.
     
  9. rumahweb

    rumahweb Beginner 1.0

    Messages:
    21
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Apa yang dikatakan pak Fuji Ahmad memang benar,
    Bahwa fasilitas domain manager di Rumahweb memang tidak fleksibel untuk mengatur kontak nama domain. Hal ini karena secara default system billing yang kami gunakan (WHMCS) memang demikian.
    Untuk bisa dengan fleksibel mengelola kontak gTLD pun kami harus membeli addon dari pihak ketiga.

    Namun demikian kami (PT. Digital Registra) memang berencana mengembangkan addon hingga semua aspek pengelolaan domain dapat dilakukan dari WHMCS.

    Milestone kami cukup panjang dan tentunya tidak dapat diselesaikan semuanya dalam satu waktu. Namun untuk pengelolaan kontak ini memang sudah kami jadwalkan pada awal Desember untuk bisa dilakukan dari WHMCS.

    Sebenarnya bisa saja Bapak mengakses langsung ke domain manager asli (srs-x.com) dimana Bapak saat ini bisa dengan leluasa mengelola kontak. Namun kami memang tidak memberikan akses kesitu karena kami ingin mensentralisasi semuanya di WHMCS untuk menghindari kompleksitas yang tidak perlu.

    Perlu dipahami juga bahwa segmen end-user kami tidak semuanya memiliki pengetahuan yang cukup baik soal pengelolaan domain seperti pak Fuji. Oleh karena itu memberikan akses langsung ke domain manager yang asli hanya akan menambah kompleksitas business process yang tidak diperlukan oleh user kebanyakan.
    Dengan terpaksa kami mengorbankan (untuk sementara) fasilitas - fasilitas advance.

    Jika hal ini dirasa kurang nyaman, sekali lagi kami sampaikan bahwa keterbatasan ini hanya untuk sementara waktu saja sambil menunggu release addon WHMCS versi terbaru.
    Untuk itu kami mohon maaf apabila hal ini menjadi kendala di sisi Bapak Fuji.

    Nah, tapi kami kurang sepakat jika dikatakan bahwa domain .ID tidak full control. Sebenarnya tetap full control. Hanya saja memang milestone pengembangannya belum sampai ke point tersebut khususnya untuk akses domain management dari WHMCS.
     
    Fuji Ahmad likes this.
  10. Fuji Ahmad

    Fuji Ahmad Apprentice 2.0

    Messages:
    460
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih buat RW atas penjelasanya, seharusnya Anda menjelaskan ini saat saya kirim email, Saya juga tanya lewat Live Support juga gak ditanggapi (gak dibales). sehingga saya tidak perlu posting di forum DWH.

    Saya anggap masalah saya clear, silahkan bagi momod untuk me-lock.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...