Tiga Fitur Windows 10 Yang Sangat Sesuai Untuk Industri Kreatif

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 22 Aug 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    130
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Jakarta – Dalam rangka memperingati hari jadinya, Windows 10 ingin memberikan kontribusi guna mengembangkan industry kreatif dengan menggunakan fitur “Windows Ink Workspace”. Linda Dwiyanti selaku Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, melihat bahwa fitur terbaru dari Windows 10 tersebut sangat cocok untuk market di Indonesia. Seperti yang dilansir dari Tekno Kompas.

    Karena pada tahun 2014 lalu peningkatan yang terjadi pada ekonomi kreatif di tanah air mencapai 5,76 persen. Nilai tersebut tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasioanal yang berada pada nilai 5,74 persen.

    “Apalagi banyak anak muda yang mengambil peran dalam industri ini untuk mempercepat pertumbuhannya,” ujar Linda ketika ditemui pada event “Windows 10 Anniversary” di Koi, Kemang, Jakarta, seperti yang dikutip dari Tekno Kompas, Jumat (19/8/2016).

    Pelaku industri kreatif disini adalah illustrator, desainer, komikus, perancang busana dan artis visual lainnya.

    Jadi apa sebenarnya manfaat dari Windows Ink Workspace? Fitur ini adalah untuk memindahkan kegiatan yang dilakukan pada sebuah kertas ke layar digital. Tersedia tiga fitur, yaitu Sticky Notes, Sketchpad serta Screen Sketch.

    Memang ketiga fitur yang disediakan itu kedengarannya bukan hal yang baru, hanya saja kinerjanya sudah diperbaiki dan dikembangkan sehingga menjadi lebih baik. Untuk fitur yang pertama, Sticky Notes di versi Windows 10 terbaru dapat dikoneksikan ke search engine Bing dengan menggunakan peramban Edge. Ketika membuat catatan peting, pengguna secara bersamaan bisa melakukan pencarian informasi yang berhubungan dengan apa yang ada di Sticky Notes.

    Faza Ibnu Ubaidilah seorang seniman visual, menyampaikan bahwa dengan menggunakan versi terbaru Sticky Notes memberikan kemudahan dalam menemukan inspirasi saat bekerja.

    “Inspirasi bisa datang kapan saja. Saya bisa langsung tulis di Sticky Notes, lalu akan muncul informasi lanjutan yang bisa memperkarya riset,” jelasnya.

    Fitur yang kedua, Sketchpad di desain khusus untuk illustrator dan desainer ketika sedang bekerja dalam perjalanan atau mobile serta bisa digunakan dimana dan kapan saja. Sketchpad adalah sebuah kertas digital yang dilengkapi dengan sejumlah palet warna dan kuas yang perlukan untuk menggambar.

    Faza sendiri telah merasakan kemudahan yang disediakan oleh fitur ini. Jadi ketika ingin bekerja mendadak tidak perlu repot mencari kuas dan cat air.

    Fitur terakhir adalah Screen Sketch yang dapat dimanfaatkan untuk memindai halaman-halaman tertentu, kemudian menambahkan keterangan serta dapat langsung membaginya dengan orang lain melalui e-mail, Facebook atau aplikasi lain. Cara kerja fitur ini hampir sama dengan pemindaian yang ada di aplikasi Line dan aplikasi mobile lainnya.

    “Fungsi Screen Sketch memang terbilang simpel. Tapi dalam keadaan sehari-hari akan sangat membantu karena proses pemindaian, mencoret gambar, sampai membagi ke orang lain dilakukan pada satu layar antarmuka,” jelas Linda.
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,104
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    Masih lebih asik pakai Sticky Notes yang asli, tinggal tempel
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...