Tip Memilih Web Hosting

Discussion in 'Web Hosting' started by hendrobc, 2 May 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hendrobc

    hendrobc New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mungkin sebelumnnya perlu kami sampaikan apa yang kami maksud dengan web hosting. Web hosting adalah sebuah server computer yang terhubung dengan jaringan internet yang melayani untuk penempatan file hasil pemrograman untuk web (file web program ) . Dengan demikian file dari hasil pemrograman web tersebut bisa kita akses melalui web browser dimanapun kita berada.

    Web hosting ini biasannya ada yang dikomersialkan untuk konsumsi public dan ada yang dipakai secara pribadi. Bahkan belakangan telah muncul beberapa web hosting reseller program yang melayani secara retail. Artinnya para pemilik hosting reseller tersebut tidak mengelola server sendiri, tetapi hanya melayani para pelanggan untuk menempatkan kepada pemilik server hosting. Dengan munculnnya para reseller web hosting ini ternyata berakibat menguntungkan dari sisi pengguna layanan tersebut. Hal ini dikarenakan pengguna bisa membeli space yang tidak begitu besar sesuai dengan kebutuhannya atau eceran(retail). Selain itu dari sisi pemilik server juga tidak perlu repot untuk melayani para pengguna web hosting yang mungkin berjumlah ribuan. Apalagi diantaranya banyak sekali para pemula yang belum mengerti cara menempatkan file pada server (upload) dan untuk mensettingnya. Sehingga semua gangguan pertanyaan ini tentu saja tidak datang langsung kepada pemilik server, tetapi akan langsung menuju ke pemilik web hosting resseler tersebut. Sehingga dari sisi pemilik server akan mengurangi biaya untuk karyawan support.


    Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tip untuk pemilihan web hosting yang baik:

    1) Posisi Server Komputer Web Hosting.

    Sebelum anda membeli space web hosting, anda harus tahu posisi dari penempatan computer server tersebut. Yang kami maksud posisi disisni bukan berarti alamat secara lengkap, tetapi yang kami maksud cukup cakupan dari Negara, misalnnya : di Indonesia , di Australia dsb. Untuk mengecek keberadaan dari lokasi server, anda bisa menggunakan fasilitas “Whois” yang tersedia di portal website yang melayani pengecekan tersebut.

    Banyak diantara para calon pengguna web hosting terkecoh dengan posisi penjual web resseler hosting yang ada di Indonesia.Diantara mereka beranggapan bahwa jika mereka membeli space web hosting dari orang Indonesia tentu saja server computer mereka juga ada di Indonesia.

    Pemilihan posisi server computer ini harus sama dengan posisi calon pengunjung web site!. Misalnnya bila anda menargetkan para pengunjung dari Negara Indonesia, maka anda harus memilih penempatan server computer yang berlokasi di Indonesia pula. Dengan cara ini maka jarak antara posisi pengunjung dan server computer makin dekat, sehingga akan mempercepat akses dari pengunjung ke web site anda.

    Selain itu tidak kalah pentingnya adalah hal ini juga berarti IP address dari web site anda akan berada sama dengan posisi server computer tersebut dan para calon pengunjung. Hal ini akan sangat menguntungkan dalam tujuan SEO (search engine optimation). Misalnnya bila ada seseorang membuka search engine raksasa Google dari Indonesia, maka secara otomatis akan menuju google Indonesia (Google.co.id). Dan kemudian apabila ada yang memasukan kata pencarian sebuah keyword pada portal Google tersebut, maka akan mendahulukan pencarian IP address yang ada di Indonesia terlebih dahulu.


    Saya pernah menemukan sebuah website yang saya bilang konyol. Yaitu sebuah website yang ditulis dalam bahasa Indonesia, tetapi mempunyai IP address yang berada di USA.Sehingga saya berkeyakinan bahwa website tersebut minim pengunjung, atau extremnnya sama artinnya dengan tidak mempunyai website.

    2) Jaringan Internet yang dipergunakan.

    Anda harus memilih computer server yang tersambung langsung dengan jaringan Backbone(jaringan utama berupa kabel optic) . Jaringan ini bisa dibilang jalan Tol dari sebuah jaringan internet dari sebuah kawasan.

    Anda wajib mempertanyakan hal ini, bila ternyata ada perusahaan hosting kecil yang mengaku mengelola hosting mereka sendiri. Karena kemungkinan besar mereka tidak tersambung langsung ke jaringan backbone.


    3) Operating System yang dipergunakan.

    Sebaiknnya pilihlah Server yang mempergunakan operating system LINUK. Karena operating system ini ternyata lebih handal untuk melawan serangan virus. Selain itu beberapa fasilitas yang dipunyai Operating system LINUK ini tidak dimiliki pesaingnnya yaitu Window. Misalnnya pada operating system LINUK kita bisa mempergunakan fasilitas “cronjob” yang tidak dimiliki oleh operating system lainnya.Dengan fasilitas “cronjob” ini kita bisa membuat autorunning sebuah program secara terjadwal. Misalnnya kita ingin mengirim sebuah email yang berisi sebuah artikel kepada seluruh pelanggan pada jam 03.00 pagi secara otomatis tiap hari.Maka hal ini berarti website kita masih bekerja, sementara kita masih tidur.

    4) Fasilitas penunjang server.

    Pilihlah server yang memiliki downtime paling rendah. Tetu saja anda akan tidak tahu data dari reputasi server penyedia public hosting yang anda maksud sebelum anda sendiri mempunyai pengalaman dengan penyedia web hosting tersebut. Untuk itu anda bisa minta rekomendasi dari teman anda yang anda percaya.

    Namun jika anda tidak mau repot, anda bisa menanyakan fasilitas penunjang server kepada penyedia jasa web hosting tersebut. Misalnnya apakah server yang dimiliki ditunjang oleh fasilitas battery dan genset, ataukah ruangan server bebas banjir, ataukah server mempunyai back up, dsb.

    5) Kualitas layanan support yang baik.

    Anda kami sarankan tidak harus membeli space web hosting langsung kepada pemilik server. Karena bila anda harus membeli langsung ke penyedia server terkadang pelayanan dari pemilik server yang mempunyai customer sangat banyak, akan menurunkan kualitas layanan support mereka. Dan bahkan jenis layanan support mereka terkadang tidak gratis atau berbayar. Misalannya mereka menawarkan untuk ongkos setting dsb.

    Dengan memilih penyedia jasa hosting resseller , terkadang mereka mengerti kita secara pribadi. Dan bahkan menawarkan bantuan secara gratis. Dan yang saya tahu, harga mereka terkadang sama saja dan bahkan bisa lebih murah. Dan tak kalah pentingnnya adalah kejujuran mereka dalam melakukan bisnis. Misalnnya mereka bahkan masih mau membantu kita waktu kita akan memindahkan hosting kita, dsb.

    6) Pilihlah program application yang sesuai kebutuhan anda.

    Anda harus melakukan pengecekan apakah program application yang tersedia dalam computer server sesuai dengan kebutuhan anda.Misalnnya bila anda memakai pemrograman PHP, ASP, Delphi, SQL dsb, anda harus pastikan bahwa server hosting yang anda maksud telah terinstall program tsb.

    Selain itu tidak kalah pentingnnya anda juga harus periksa bahwa program application tersebut mempunyai versi yang terakhir (up to date).

    7) Pilihlah space sesuai dengan kebutuhan anda.

    Yang kami maksud space disini adalah Storage capacity (disk space) dan Transfer capacity (bandwidth). Untuk pemula , anda kami sarankan mempergunakan sekurang-kurangya storage capacity 25MB dan bandwith 1GB. Dan jika ternyata di kemudian hari pengunjung web anda ternyata banyak sekali, sehingga pemakaian untuk data base dan jumlah bandwith yang terpakai meningkat. Maka anda masih bisa mengupgrade space tersebut ditengah jalan di kemudian hari dengan menambahkan beberapa biaya.


    8) Pilihlah harga yang murah.

    Sengaja urusan uang ini saya tempatkan pada urutan paling bawah. Hal ini kami maksudkan bahwa anda harus memilih item diatas secara benar, baru melihat harga. Karena bila masalah teknis tidak terpenuhi apa gunannya kita harus mengeluarkan biaya.

    Anda harus membandingkan aple to aple. Artinnya bila semua item di atas sama-sama semua terpenuhi, anda tinggal memilih harga yang paling murah.

    Harga space hosting sekarang makin murah, bahkan lebih murah dari harga registrasi domainnya sendiri. Hal ini akibat dari makin tersediannya dan murahnnya hardware yang berkapasitas besar pula.

    Semoga artikel ini membantu seseorang di cyberland ini. Good luck..!

    (Bila anda membutuhkan iklan space gratis silahkan kunjungi www.katalogin.com)

    author by hendrobc at www.palapastudio.com
     
  2. am3n

    am3n Apprentice 1.0

    Messages:
    384
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    artikel yang bagus..
    bikin sendirikah ??
    Boleh di copy/paste?
    barusan ketemu juga artikel tentang webhosting dalam bahasa inggris.. tapi lupa dimana,
    klo ketemu nanti saya upload deh
     
  3. localhost

    localhost Apprentice 2.0

    Messages:
    576
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    IMHO Untuk informasi @TS seperti itu tidak masalah untuk copy/paste (kemudian di translate) atau membuat sendiri.. yang penting bisa membantu menyebarkan informasi yang pastinya akan sangat berguna bagi orang awam.
     
  4. Michael Nicky

    Michael Nicky Hosting Guru

    Messages:
    1,281
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    38
    Re:tip memilih web-hosting

    Barangkali TIP berikut akan dapat membantu Anda untuk menentukan Hosting yang akan menjadi pilihan Anda, yaitu :

    • Domisili yang jelas (Alamat work-shop, Telp., Mobile-phone harus ada)
    • Contact Person/ Penanggung Jawab harus jelas (Biasa-nya terlihat di BANK Account)
    • Ketika Anda tertarik pada salah satu penyedia Jasa & Layanan WEB-Hosting tertentu alangkah baik-nya untuk melakukan perbandingan dengan yang lain-nya
    • Pilih-lah nilai beaya yang paling terendah dengan kelengkapan fasilitas fiture yang baik
    • Dukungan Tehnis yg fleksible / luwes dan familier
    • Lakukan kontak ke Sales Representatif mereka, tanyakan informasi tambahan yang Anda perlukan seperti Kepemilikan dan Pengaturan Domain atau yang lainnya
    • Alangkah baik-nya Anda coba lebih teliti dan lebih mencermati isi/ content WEB-Site Hosting yang bersangkutan, biasanya WEB-site yang mempunyai kredibilitas baik adalah ‘isi/ content Web-site nya tidak menjelekkan atau memprovokasi WEB-site lain. Tapi, jika Anda menemukan ‘isi/ content’ yang sebaliknya perlu untuk revisi-pilihan.
    • Check apakah ada fasilitas Chatting/ YM ( hal ini untuk memudahkan komunikasi anda secara real-time)

    Semoga Bermanfa'at.
    Bravo!

    Best Regard,
     
  5. Balaiweb

    Balaiweb Poster 1.0

    Messages:
    76
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah, hebat-hebat. Seep tuh masukannya. Saya coba perbaiki website kami agar lebih jelas :D. Semoga aja semua webhosting begitu ;)
     
  6. whatthahell

    whatthahell Poster 2.0

    Messages:
    109
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    he he he, atas dasar apa nih kalimat ini dibuat?

    Justru SEO di server IIX bisa "Nangis darah". Ga percaya, buktikan saja sendiri. Google crawler posisinya di luar semua, jadi mereka bakal kesulitan crawling website yang posisinya di IIX. Bandwidth internet yang cuma 64 kbps, 128 kbps, 512 kbps. dibagi2 penghuni selemari, :D

    Domain aja ga resolved. Sadarkah? kalau server posisi di IIX yang tidak memiliki secondary DNS server diluar IIX, maka kemungkinan besar DNS server lain diinternet tidak akan menemukan domain anda. Bahkan OpenDNS.com :D
    Jangan harap anda dapat menerima email dari Yahoo, gmail, hotmail dll.

    Ada yang berani pasang tag Host-tracker.com di server IIX ??

    Jadi menurut gw pernyataan yang gw quote diatas Terbalik!!

    Sebenarnya cuma uneg2. yang jelas kelemahan bukan pada jaringan IIX atau openixp gw sangat menghargai adanya jaringan lokal, tapi masalahnya harga bandwidth internet yang menyebabkan server lokal jadi cuman jago kandang. apa kata dunia??
     
    Last edited: 22 Sep 2008
  7. pemula_web

    pemula_web Apprentice 1.0

    Messages:
    288
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    gak banyak koment deh saya yg penting ada niat utk share si TS

    makasih infonya
     
  8. gresshost

    gresshost Poster 2.0

    Messages:
    125
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Bandwidth Lokal

    Hmm...kapan ya harga Bandwidth lokal bisa murah kaya di luar ? :rolleyes:
     
  9. pilihosting

    pilihosting New Member

    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Artikel yang bagus, tapi kalau boleh sedikit komentar

    1. Setuju sama yang dibiliang whatthehell. Pemilihan lokasi server ini serba salah untuk konteks Indonesia, di tengah harga bandwidth internasional yang masih mahal. Pemilihan kata 'konyol' di paragraf akhir point 1 ini kayanya lebay dech :)

    3. Pemilihan OS kayaknya juga gak valid dgn argumentasi yg diberikan, Windows hosting juga ada yg memberikan fitur semacam cronjob. Apalagi point ini ditempatkan di atas 'pemilihan program aplikasi' di point 6
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...