Warning...! Hati2 dgn Iming2 Biaya Murah...

Discussion in 'Bisnis Web Hosting' started by jones, 25 Feb 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jones

    jones Poster 2.0

    Messages:
    199
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Hallo DWH'ers..

    Saya rasa thread ini perlu ditempatkan di sub forum ini, setidaknya sebagai bahan pertimbangan bagi para pengunjung yang ingin memakai/membeli sebuah produk... berbasis web/programming

    Kita seringkali begitu terpesona dengan tawaran yg katakanlah kelihatannya sangat murah.. tapi sebaiknya jangan terpesona dulu, ada baiknya dipikirkan matang-matang dan jauh kedepan... sejauh mana dan apa sebenarnya yg anda harapkan...

    baru-baru ini seorang teman (katakanlah si badut) membeli sebuah produck katakanlah e-commerse atau shopping chart.. yg ditawari sekitar 300RB-an / thn dan feature nya lumayan.. memadai sesuai dgn kebutuhan umumnya.

    tapi si badut.. nih langsung terpesona... krn maklum ia hanya seorang awam.. yg tergiur dgn harga yg mungkin setelah compare sana/i bahwa yg 300RB-an itu teramat sangatt murah... Tapi... malapetaka itupun datangg.. (wiiih OSRAMMM)

    setelah satu tahun ia memakai product tsb kemudian ia oleh krn alasan lain tidak memperpanjang lg.. seperti yg dia harapkan semestinya begitu ia tidak pakai lg tuh web 300RB-an otomatis matilah... yah memang sih mati tuh WEB... tapi... tetap aja ada tapi nya... (nga enak kan kalo masih pake tapi-tapi..)
    tuh web (konten dan isinya nga bisa di hapus) nah loh..
    Penyebab nya tak lain ialah karena ternyata tuh WEB 300RB-an tidak punya akses ke C-Panel.. dan ternyata hanya boleh dishosting di server nya si penyedia WEB 300RB-an tsb...

    Apa sebab si penyedia WEB 300RB-an melakukan itu? ini sih bisa kita reka2 kenapa... karena ia mungkin tidak mau source nya kelihatan ke orang lain.
    tapi masalahnya siapa yg jamin kalau kemudian isi dan konten yg ditempatkan disana bisa dihapus? karena product2 si Badut ini ternyata terlihat disitus lainnya tentu saja dgn nama domain yg berbeda... nah loh... Rugi sendiri lah... dah cape2 merintis malah dinikmati oleh orang lain...
    (saya jadi prihatin dgn si Badut ini, krn sesuai dgn namanya ternyata ia telah menjadi semacam Badut-nya orang lain) ahahahahhaa,, ;)

    lain lagi pengalaman si B (katakanlah namanya si Culun) si Culung ini juga membeli product persis sama dgn si Badut, tapi beda penyelenggara.. tapi sama2 nga bisa di hosting diluar dan akses ke CPanel nga ada.. (hahahaha.. dasar CULUN , dah tau gitu masih aja kesemsem..), al hasil setelah beberapa kemudian datang lah teguran telah terjadi pelanggaran hak cipta/ copyright UCLA. nah looohh.. ternyata tuh product cuma prodcut modifikasi...
    pantas aja nga boleh... di hosting diluar yg semestinya adalah hak pembeli... dan gw jg penasaran, jgn2 product yg dipakai oleh si badut tuh rekayasa dari sotfware orang lain, yg minimal GPL/GNU gitu deh...

    marilah jgn jadi Sibadut n Si Culun kalau membeli sesuatu.. lebih baik periksa tuh barang baik2, jos n makyus nga tuh barang? jgn sampe2 menyesal loh dimalam pengantin... hahahhaa...
     
  2. SerayaHost

    SerayaHost Apprentice 1.0

    Messages:
    261
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Nice info nih... bagi2 pengalaman..
    Btw, untuk jasa pembuatan website dynamic ataupun static biasa berapa ya? Jadi bisa digunakan untuk bahan pertimbangan..
    Thanks..
     
  3. ceo.ahlul

    ceo.ahlul Expert 1.0 Web Hosting (Company)

    Messages:
    622
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    63
    He2 nice info,
    Bener.. sebaiknya cpanel domain and hosting tetap bisa dipegang oleh yang bersangkutan (yang beli) karena itu hak mereka.

    He2 mungkin yang jual takut skripnya diambil, nah makanya mungkin yang jual2 skrip juga harus mulai berani.. paling ga encode codenya klo emang ingin diproteksi..

    Untuk mas serayahost, saya rasa tergantung untuk masalah harga karena berhubung jasa virtual.. but klo saya pribadi biasanya static di range 300ribu - 500ribu, dinamic > 700ribu...
     
  4. ramadoni

    ramadoni Apprentice 1.0

    Messages:
    314
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    wah nais inpoh nih.... perlu banyak orang tau kayaknya... bahaya euy...

    @Seraya : masalah harga pembuatan web itu bener2 susah sih nyari standar, semakin terkenal yang punya usaha ajsa bikin web, biasanya makin mahal... dan yang penting adalah protofolionya, kalo mahal tapi jelek2 ya jangan mau...

    tapi kalo rata2 sih untuk company profile itu paling murah 2 jutaan deh, dan itu dynamic (emang masih ada yang berminat dengan web statis ya?, hehehe)

    edit: oh iya, tret ini langsung saya kampanyekan via twitter saya lho, semoga bermanfaat buat para follower saya, dan makin banyak yg maen kemari... =)
     
    Last edited: 26 Feb 2010
  5. hostnic.id

    hostnic.id Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,099
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    48
    Info yang bagus [​IMG]

    Wah kampanye dalam hal apa nih [​IMG]
     
  6. jones

    jones Poster 2.0

    Messages:
    199
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Sebenarnya sangat susah untuk bikin standarnya....
    seorang developer yg dah PRO akan menjadikan bahan pertimbangannya adalah "WAKTU" artinya berapa lama ia akan mendevelope sebuah product.. maka ia akan menghitung biayanya dari sisi menit, jam, atau hari yg dia berikan..

    Tapi hal itu tidak mutlak, karena para Developer pasti akan melihat pasar dari product yg dibuatnya..
    kalau marketnya massal, maka bisa dipastikan harganya pasti akan lebih murah sekalipun waktu untuk membuatnya mungkin lama, misalkan WHMCS (yg marketnya para domain-hosting) dgn badrol max. 3 jt-an.

    tapi lain lagi kalau anda misalkan request web-untuk bank, atau katakanlah employer management untuk perusahaan anda, saya pastikan anda bahkan tidak bisa mendapatkannya dibawah 5 jt, yg meskipun belum tentu lama waktunya lebih dari pembuatan WHMCS.

    bahan pertimbangan lain adalah full owner, copyright limited, dll

    saat sekarang saya masih mengerjakan web seharga 12 jt, waktu untuk membuatnya kira2 45 hari, dan sebenarnya harusnya harganya min. 20 jt krn lunas dibayar dalam jangka 11x angsuran, dalam 11 bln..
    tapi saya agak flexxible, bayangkan dari 20 jt menjadi hanya 12 jt, dan saya paling2 dapat 1 jt sebulan, tapi scriptnya clear n unlimited copyright... artinya full owner..
     
  7. jones

    jones Poster 2.0

    Messages:
    199
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    takut script di ambil orang sebenarnya.. tidak mesti jadi alasan untuk menyembunyikan, apalagi sampai tidak memberikan akses CPanel, kebanyakan memang di encode.. tapi sebagai bahan pemikiran...
    bagi yg develope dibawah PHP code harusnya nga usah takut yg gitu2 krn PHP code itu sendiri datang dgn motto open source n friendly.. semua permasalahan scripting dapat kita dapatkan dan diskusikan secara gratis, kenapa harus egois n private gitu?
    kalau niatnya agar script tidak di intip orang, yah.. orng mana dulu? kalau yg awam meskipun dia bisa intip n liat tuh code anda, toh juga dia nga ngerti or mudeng... tapi kalau hanya ingin mencegah kaum PRO, maka itu akan sia2, karena kaum PRO (advance) pasti ngerti bikin atau bahkan meng-decode nya... jadi buat apa?

    kenapa malah marak situs2 Nulled? nga lain karena penasaran dgn yg batasan2 gini, n krena mereka jual product mahal2 padahal itu sifatnya massal (public) jadilah para scripting mafia ngumpul ngobrak-abrik code anda, dan memasarkannya secara free, krn mereka menganggap ini dah keluar dari jalur open source yg dipegang oleh PHP code.

    tapi kalau product itu toleran dalam harga, dah gitu friendly pasti para scripter mafia akan menghormatinya..

    jadi kalau mau jual product kalau apalagi massal usahakan murah n bersahabat... jgn kayak microsoft yg dibenci para open source, nah kalau product anda masih di bongkar yah brarti dah tugas anda untuk meng-update/upgrade n meningkatkan pertahanan..
     
  8. pemula_web

    pemula_web Apprentice 1.0

    Messages:
    288
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    trims atas infonya @bung jones
    mknya selain itu sebelum menyutujui MOU atau perjanjian awal proyek tersebut ada bagusnya lihat lagi apa2 yg client dapat dan apa2 yg "tidak" client dapatkan...
     
  9. bedebah

    bedebah Apprentice 2.0

    Messages:
    582
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    tret yg bagus, tapi nampaknya bang TS salah kamar deh. Forum ini khusus buat ngiklan :) bukan ngobrol.
     
  10. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    thanks
    sudah saya pindahkan
    silakan dilanjutkan diskusinya
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...