WHMCS vs AWBS

Discussion in 'Software Hosting dan Control Panel' started by devianti, 22 Jan 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. devianti

    devianti New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hai temans, saya lagi research niy antara WHMCS dan AWBS...enakanya pake yang mana ya? Soal harga tentu aja AWBS jauh lebih rendah dibandingkan dengan WHMCS....

    Dan mau konfirmasi aja lagi, software tersebut diatas itu kalo seadainya kita beli sekali hanya bisa dipakai untuk 1 server atau bisa beberapa? Kalau ternyata emang 1 software untuk 1 server, kita tinggal beli license aja untuk server lainnya? Bener nggak?

    Makasih ya buat inputnya!
     
  2. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Lebih tepatnya 1 lisensi untuk 1 domain. Dua-duanya sama.
    Kalo butuh install di lebih dari satu domain, ya beli lisensi lagi.

    AWBS udh cukup lama dibuat, tapi updatenya agak lama, sekarang baru versi 2.8.1 sementara WHMCS udah versi 3.8.1. Kebutuhannya (resource) relatif lebih tinggi dibanding WHMCS, dan memang sepertinya lebih berat dibanding WHMCS. Butuh waktu belajar (learning curve) yg lebih lama dibanding WHMCS yg relatif lebih mudah.

    Sebagai billing system (fitur utama kedua software ini), dua-duanya bagus, dalam arti memang bekerja sesuai yg diharapkan. AWBS mendukung multicurrency, WHMCS nggak. Kalo pake 2checkout, AWBS rada panjang konfigurasinya, harus bikin paket satu-satu (per periode billing) di 2checkout.

    Fitur support ticket, WHMCS lebih bagus, walaupun katanya di versi terbaru AWBS ada peningkatan, tapi saya gak ngeliat peningkatan yg berarti. Fitur ini di AWBS kayaknya cuman seadanya.

    Antarmuka admin, WHMCS jauh lebih sederhana dan mudah digunakan.

    Secara fitur, AWBS punya lebih banyak fitur yang ditawarkan. Dulu sempat dikembangin in-house ID protect, sayangnya gak bekerja dengan baik dan sekarang udah gak dikembangin lagi. Padahal kayaknya fitur ini bisa jadi solusi buat reseller domain yang harus bayar mahal utk dapetin private whois (whois privacy). Sebagai info, walaupun gak pake AWBS, dulu Bluehost pernah menerapkan fitur ini sebelum resmi menjadi registrar dengan nama fastdomain.

    Secara umum, WHMCS lebih enak digunakan, enteng dan gampang. Kustomisasinya juga lebih gampang. Sistem template AWBS versi terbaru memang lebih bagus dari sebelumnya, juga udah XHTML compliant, tapi WHMCS masih lebih enak.

    AWBS awalnya dikembangkan utk meniru fitur dan memfasilitasi API dari enom. Gak heran kalo fitur enom di-support banget, dan ini keunggulannya. Di AWBS udah lama bisa bikin childnameserver dan Managed DNS yg disediakan enom secara gratis.
     
  3. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    nambahin lagi

    awbs sekarang udah xhtml, cuma memang memerlukan resource yang amat besar,

    sialnya lagi di awbs transaksi maksimum 10.000.000, diatas itu akan error
    beda dengan whmcs
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...